Slide item 12
korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

(Surabaya, 06/09/2018) Tim Pusat Unggulan Iptek (PUI) PSTNT mengadakan kunjungan PT. ISPAT INDO dalam rangka menjajaki peluang kerjasama dan hilirisasi produk hasil litbang PSTNT.
Pada kesempatan ini tim PUI PSTNT diwakili oleh Agus Sunarya, M.Basit Febrian dan Setyo Purnomo dan diterima oleh Pihak ISPAT INDO oleh Bapak Barin Barnas selaku Senior Manager Electrical, Bapak Sasmita Aji dari Purchase Departement dan Bapak Ario Wahyunugroho, ST selaku Engineer/PPR. Acara dibuka oleh Bapak Barin Barnas yang menjelaskan tentang sekilas profil perusahaan dilanjutkan dengan presentasi dari Tim PUI PSTNT yang menyampaikan tentang kegiatan penelitian dan produk hasil litbangnya. Presentasi dari tim PUI PSTNT berlangsung secara interaktif.

PT. ISPAT INDO telah memanfaatkan Teknik nuklir dalam proses produksinya yaitu iron mold level gauge. Peralatan tersebut mendeteksi level ketinggian dari bubur besi/baja dalam tangki produksi menggunakan radiasi dari sumber radioaktif Cs-137 yang ditangkap oleh detektor. Detektor selanjutnya mengirimkan untuk mengatur tingkat putaran motor yang mengatur ketinggian bubur besi dalam tangki produksi.

Dari hasil diskusi dengan pihak PT ISPAT INDO diperoleh informasi beberapa permasalahan terkait sumber radioaktif, detektor dan limbah radioaktif dari sumber yang mengalami penggantian. PT ISPAT INDO memiliki harapan bahwa mereka bisa mendapatkan sumber radioaktif yang diproduksi di dalam negeri dengan karakteristik menyerupai Cs-137 (waktu paro lama, 30 tahun). Pihak perusahaan juga menyampaikan permasalahan terkait detektor kristal NaI(Tl) yang cenderung mudah mengalami penurunan performa.

Dalam waktu dekat PT ISPAT INDO akan melakukan pengadaan system mold level gauge baru berupa satu set sumber radioaktif dan detektornya. Adapun permasalahan limbah radioaktif muncul saat PT ISPAT INDO berniat untuk mengirimkan kembali sumber yang mengalami penggantian kepada pabrik pembuatnya sementara pabrik tersebut sudah tutup. Setelah diskusi, tim PUI PSTNT melakukan kunjungan lapangan untuk mengetahui lebih detil terkait proses produksi besi dan baja di PT ISPAT INDO.

Dari hasil kunjungan lapangan diketahui pula bahwa PT ISPAT INDO telah memasang radiation portal monitor untuk memantau tingkat radiasi dari metal scrap sebagai bahan baku pembuatan besi dan baja di PT ISPAT INDO. Pihak perusahaan mengkhawatirkan bahwa radiation portal monitor tersebut memiliki nasib serupa dengan detektor mold gauge yang mudah mengalami penurunan performa.

Tim PUI PSTNT menyampaikan beberapa masukan terkait permasalahan yang disampaikan oleh perusahaan, antara lain terkait system mold level gauge, kemungkinan PSTNT bersama pusat lain yang ada di BATAN dapat melakukan riset terkait peralatan gauging mulai dari pengadaan sumber Cs-137 sampai kepada fabrikasi system detektor dan system informasinya. Sedangkan terkait permasalahan limbah radioaktif, tim PUI PSTNT mengarahkan perusahaan untuk bersinergi dengan PTLR BATAN. Adapun kerjasama dengan PSTNT BATAN yang sudah berlangsung sejak tahun 2004 (terakhir tahun 2017) mengenai perawatan dan perbaikan gamma source akan berlanjut (Agus).