pnbp alur
bimbingan1
pkl1
pnbp1

Pusat Sains dan Teknologi Bahan sesuai dengan Peraturan Kepala BATAN Nomor 14 Tahun 2013 Maju terdiri atas:
a.  Bagian Tata Usaha;
b.  Bidang Sains Bahan Maju;
c.  Bidang Teknologi Berkas Neutron;
d.  Bidang Keselamatan Kerja dan Keteknikan;
e.  Unit Jaminan Mutu; dan
f.  Kelompok Jabatan Fungsional

Puji dan syukur kami panjatkan  ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat yang diberikan-Nya, penyusunan Renstra PSTBM Tahun 2015 – 2019 dapat diselesaikan. Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada anggota tim penyusun Renstra yang yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan bahan hingga selesainya Renstra PSTBM

Rencana Strategis PSTBM ini disusun berdasarkan sumber daya PSTBM dan Renstra Induk yaitu Renstra BATAN 2015-2019, Renstra kedeputian SATN 2015-2019 serta sinkronisasi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Kemudian oleh Tim Renstra PSTBM dijabarkan kedalam bentuk kediatan  yang sesuai dengan Tugas dan Fungsi yang dibebankan kepada PSTBM yaitu pengembangan bahan maju berbasis teknologi nuklir, sains bahan industri nuklir, dan teknologi berkas neutron yang diarahkan untuk memberikan kontribusi yang nyata pada program penelitian, pengembangan, dan penerapan energi nuklir, isotop dan radiasi (ENISORA) dalam rangka pencapaian sasaran strategis  BATAN.

A.  Academic Excellence (capaian akademik) (35 %) 

1 Pembicara dalam konferensi internasional  3
2 Pemakalah internasional  5
3 Kunjungan lembaga internasional ke PSTBM  3
4 Publikasi ilmiah (nasional terakreditasi)  20
5 Publikasi ilmiah internasional.  5
6 Paten terdaftar  1
7 Lulusan S2/S3 pertahun berbasis riset.  2

B. Komersialisasi dan Pemanfaatan Hasil Litbang (65 %) 

8 Produk yang dilisensikan  1
9 Kontrak Kerma riset tingkat nasional  3
10 Kontrak Kerma riset tingkat internasional  1
11 Kontrak non-riset (pelatihan, transfer teknologi, jasa konsultansi, dll)  15
12 Produk berbasis sumber daya lokal  1
13 Kontrak bisnis dalam rangka komersialisasi produk hasil litbang dengan industri  1
14 Unit bisnis yang melayani jasa sesuai dengan kompetensi inti lembaga  1

Telah berhasil dibuat Prototipe pelapisan bahan struktur reaktor dengan proses pelapisan aluminium (Al) pada paduan FeCrNi dengan metode hot dip.  Proses pelapisan dilakukan pada 700°C dengan variasi waktu 10, 20 dan 40 detik.  Karakterisasi  paduan FeCrNi yang telah terlapisi aluminium (Al) meliputi strukturmokro-komposisi unsur, struktur fasa , kekerasan dan uji korosi temperatur tinggi pada 700°C selama 2, 4 dan 6 jam.

Telah berhasil dibuat prototipe sampel untuk kelongsong bahan bakar reaktor nuklir berbentuk silinder dan pelat dengan komposisi kimia Zr-2,5%Nb-0,5%Mo-0,1%Ge yang dilakukan dengan metode peleburan menggunakan  Arc melting furnace yang dilanjutkan dengan proses machining. Telah dilakukan pengujian korosi pada sampel Zr-2,5%Nb-0,5%Mo-0,1%Ge yaitu ketahanan oksidasi dan hidridasi pada temperatur tinggi 500-900ºC. Sebagai bagian dari proses analisis, telah dikarakterisasi strukturmikro sampel tersebut setelah pengujian hidridasi pada temperatur 900ºC dengan menggunakan SEM-EDS (Scanning Electron Microscope – Energy Dispersive X-ray Spectroscope).