Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Oktober 2020 : 3,57

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Oktober 2020 : 13,92

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Oktober 2020 : 25

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

STRUKTUR PRSG

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, PRSG memiliki struktur (Bagian, Bidang, dan Unit) yang memiliki tugas pokok dan fungsi masing-masing yang bertujuan untuk menjalankan kegiatan PRSG sesuai dengan Tugas Pokok, Fungsi, Tujuan, serta Sasaran yang telah ada. Berikut ini tugas pokok dan fungsi struktur yang ada di PRSG:

A. Bagian Tata Usaha 

Bagian tata usaha mempunyai tugas melaksanakan urusan perencanaan, persuratan dan kearsipan, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga, dokumentasi ilmiah dan publikasi serta pelaporan.

Fungsi bagian tata usaha antara lain :

  1. pelaksanaan urusan perencanaan, persuratan dan kearsipan, kepegawaian, administrasi kegiatan ilmiah, dokumentasi dan publikasi, dan pelaporan;
  2. pelaksanaan urusan keuangan; dan
  3. pelaksanaan urusan perlengkapan dan rumah tangga.

Bagian tata usaha terdiri atas:

- Subbagian Persuratan, Kepegawaian, dan Dokumentasi Ilmiah;

Tugas dari subbagian ini adalah melakukan urusan perencanaan, persuratan dan kearsipan, kepegawaian, administrasi kegiatan ilmiah, dokumentasi dan publikasi, dan pelaporan.

- Subbagian Keuangan; 

Subbagian Keuangan mempunyai tugas melakukan urusan keuangan.

- Subbagian Perlengkapan.

Subbagian Perlengkapan mempunyai tugas melakukan urusan perlengkapan dan rumah tangga.

B. Bidang Operasi Reaktor

Bidang operasi reaktor merupakan salah satu bidang teknis yang memiliki tugas pokok untuk melakukan pengoperasian reaktor serta melaksanakan layanan iradiasi neutron kepada para stake holder yang ada.

Bidang operasi reaktor terdiri atas:

- Subbidang Akutansi Bahan Nuklir

Tugas dari subbidang ini adalah melakukan pendataan (akutansi) perpindahan elemen bahan bakar / uranium, melakukan perhitungan manajemen teras reaktor RSG-GAS, serta melakukan segala sesuatu yang berkaitan dengan safeguards.

- Subbidang Perencanaan Operasi

Subbidang ini mempunyai tugas untuk melaksanakan layanan iradiasi neutron dari stake holder, serta merencanakan jadwal operasi reaktor RSG-GAS setiap tahunnya.

- Subbidang Pelaksanaan Operasi

Subbidang ini mempunyai tugas untuk mengoperasikan reaktor RSG-GAS serta sistem pendukung lainnya.

C. Bidang Pemeliharaan Reaktor

Bidang pemeliharaan reaktor merupakan salah satu bidang teknis yang memiliki tugas pokok untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan terhadap struktur sistem dan komponen reaktor RSG-GAS dan sistem pendukung reaktor RSG-GAS.

Bidang pemeliharaan reaktor terdiri atas:

- Subbidang Mekanik

Tugas dari subbidang ini adalah melakukan pemeliharaan baik berupa perawatan dan perbaikan terhadap sistem mekanikal yang ada di sistem reaktor dan sistem pendukung reaktor.

- Subbidang Elektrik

Tugas dari subbidang ini adalah melakukan pemeliharaan baik berupa perawatan dan perbaikan terhadap sistem elektikal yang ada di sistem reaktor dan sistem pendukung reaktor.

- Subbidang Instrumentasi dan Kendali

Tugas dari subbidang ini adalah melakukan pemeliharaan baik berupa perawatan dan perbaikan terhadap sistem instrumentasi dan kendali yang ada di sistem reaktor dan sistem pendukung reaktor.

D. Bidang Keselamatan Kerja dan Operasi 

Bidang keselamatan kerja dan operasi merupakan salah satu bidang teknis yang memiliki tugas pokok untuk melakukan pemantauan dan analisa terkait keselamatan kerja dan keandalan sistem pendukung dalam pengoperasian reaktor RSG-GAS

Bidang keselamatan kerja dan operasi terdiri atas:

- Subbidang Keselamatan Kerja dan Proteksi Radiasi

Tugas dari subbidang ini adalah melakukan pendampingan dan analisa kepada para pekerja dalam melakukan tugasnya agar tetap mematuhi SOP yang ada terutama pekerjaan yang menyangkut radiasi.

- Subbidang Keselamatan Operasi

Subbidang ini mempunyai tugas untuk melakukan pemantauan dan analisa dari sistem reaktor dan sistem pendukung reaktor agas dapat meyakinkan operasi reaktor dapat berjalan dengan lancar dan selamat.

D. Unit Jaminan Mutu 

Unit Jaminan Mutu mempunyai tugas melakukan pengembangan, pemantauan pelaksanaan dan audit internal sistem manajemen mutu Pusat Reaktor Serba Guna.

D. Unit Pengamanan Nuklir

Unit Pengamanan Nuklir mempunyai tugas untuk melakukan penjagaan dan pemantauan agar kemanan dari Reaktor dapat aman dan terkendali.


Berdasarkan Keputusan Kepala BATAN Nomor 14 Tahun 2013 Pusat Reaktor Serba Guna mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:

TUGAS POKOK

Melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang pendayagunaan Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy.


FUNGSI

  • Pelaksanaan urusan perencanaan, persuratan dan kearsipan, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga, dokumentasi ilmiah dan publikasi serta pelaporan;
  • Pelaksanaan Operasi Reaktor;
  • Pelaksanaan Pemeliharaan Reaktor;
  • Pelaksanaan Pemantauan Keselamatan Kerja dan Operasi Reaktor;
  • Pelaksanaan Program Jaminan Mutu;
  • Pelaksanaan Pengamanan Nuklir;

TUJUAN

Pelaksanaan misi PRSG di atas adalah untuk mendukung pencapaian tujuan BATAN (lima tahun) kedepan, yaitu:

  1. Terwujudnya BATAN sebagai lembaga unggulan iptek nuklir di tingkat regional,
  2. Peningkatan peran iptek nuklir dalam mendukung pembangunan nasional menuju kemandirian bangsa.

SASARAN STARTEGIS

Beroperasinya reaktor RSG-GAS sesuai spesifikasi teknis untuk memberikan layanan prima iptek nuklir

Untuk mencapai sasaran tersebut, maka arah kebijakan PRSG terfokus kepada:

  • Meningkatkan kemampuan, keandalan, keselamatan, dan utilisasi pengoperasian RSG-GAS,
  • Meningkatkan kemampuan melaksanakan layanan prima kepada para pemangku kepentingan jasa layanan iradiasi.

Strategi dasar (generik) agar arah kebijakan di atas dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien adalah:

  • Melaksanakan peningkatan kompetensi dan pembelajaran secara terus-menerus;
  • Melakukan reduksi biaya dan pemborosan dalam pelaksanaan proses bisnis secara terus menerus;
  • Meningkatkan secara berkelanjutan efektivitas penerapan sistem manajemen dan sistem pengendalian internal untuk mereduksi kegagalan pencapaian tujuan;
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan secara terus menerus.







Visitor Counter

Flag Counter