PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

Pusat Diseminasi dan Kemitraan sesuai dengan Peraturan Kepala BATAN No.14/KA/XII/2013 tanggal 27 Desember 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja BATAN sebagaimana telah diubah dalam Perka BATAN No. 16 Tahun 2014, merupakan Unit Kerja Tingkat Eselon II dibawah Deputi Kepala BATAN Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir. Pusat Diseminasi dan Kemitraan mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan dan pembinaan dan bimbingan di bidang Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nuklir. Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) merupakan salah satu Unit Kerja di Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang berada dibawah kedeputian Pendayagunaan Teknologi Nuklir. Pusat Diseminasi dan Kemitraan memiliki tugas menghilirkan semua hasil litbangjirap yang telah teruji (proven) untuk masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) merupakan salah satu satuan kerja di lingkungan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang diseminasi dan kemitraan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir. Sejarah pembentukan satuan kerja ini adalah sebagai berikut:

Berdasarkan Peraturan Kepala BATAN Nomor 14 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja BATAN, Pusat Diseminasi dan Kemitraan mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, dan pembinaan dan bimbingan di bidang diseminasi dan kemitraan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir.

Dalam melaksanakan tugasnya, Pusat Diseminasi dan Kemitraan menyelenggarakan fungsi: pelaksanaan urusan perencanaan, persuratan dan kearsipan, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga, dokumentasi ilmiah dan publikasi serta pelaporan; pelaksanaan diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir; pelaksanaan promosi dan produksi media ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir; pelaksanaan manajemen inovasi dan kemitraan pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir; pelaksanaan jaminan mutu; dan pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir.

Para pejabat struktural di lingkungan Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) telah melalui beberapa perkembangan dan pergantian nama, dan terakhir adalah sebagai berikut.

Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) memiliki jumlah pegawai sebanyak 69 orang, yang tersebar ke dalam satu bagian dan 3 bidang. Berikut data statistik pegawai PDK per April 2017.