WBK

Penyimpangan? Awasi, Amati, Laporkan

Jangan tunda, Lapor jika anda mengetahui Korupsi, Gratifikasi, Fraud dan Pelanggaran Kode Etik. Laporkan ke inspektorat@batan.go.id

Portal SIMLIN

Sistem Informasi Manajemen Litbangyasa Iptek Nuklir, Layanan aplikasi Online untuk pegawai BATAN...

Selengkapnya...

Jurnal Atom Indonesia

WINNERS OF "ATOM INDONESIA BEST PAPER AWARD 2014"

ATOM INDONESIA is one of the most highly reputed scientific journals in Indonesia. It is an open access international peer - reviewed journal...

Selengkapnya...
gedung 90

Gedung Manajemen

Selengkapnya...

Serpong(18/09/2018). Dalam rangka memberikan pembekalan pengetahuan tentang cara pengoperasian dan perawatan  TLD Reader 6600 Plus, Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir  ( PPIKSN ) menyelenggarakan Pelatihan Pengoperasian TLD Reader 6600 Plus selama 3 ( tiga ) hari dari tanggal 18 September 2018 sampai dengan 20 September 2018 bertempat di gedung 71 Kawasan Nuklir Serpong. Pelatihan ini diikuti oleh  staf bidang Pemantauan Dosis Personel dan Lingkungan ( PDPL ) PPIKSN selaku pengguna TLD Reader 6600 Plus.

Pelatihan Pengoperasian TLD Reader 6600 Plus dibuka oleh Kepala Bidang Pemantauan Dosis Personel dan Lingkungan ( Chevy Cahyana, M.Si) mewakili Kepala PPIKSN. Dalam sambutan pembukaannya, Chevy Cahyana berharap dengan pengadaan alat TLD Reader 6600 Plus yang baru ini, dapat meningkatkan kualitas layanan pemantauan dosis personel oleh PPIKSN, dalam mengemban tugas dan fungsi sebagai pengelola Kawasan Nuklir Serpong termasuk pemantauan dosis personel dan lingkungan di Kawasan Nuklir Serpong.

Para pengajar pelatihan ini berasal dari PT. Dawiri Irma Abadi selaku penyedia barang dan expert dari Thermo Fisher Scientific ( Mr. Chun Meng LEE dan Arifin Halim). Materi yang disampaikan pada pelatihan ini terdiri dari teori di kelas dan praktek langsung dengan bimbingan expert.

Fungsi dari TLD Reader 6600 Plus ini adalah untuk membaca kartu TLD (thermoluminescent dosimeter), dimana kartu TLD dipakai/digunakan oleh pekerja radiasi atau orang yang bekerja di daerah radiasi untuk mengetahui dosis radiasi eksterna yang diterima oleh tubuh selama waktu tertentu. TLD Reader 6600 Plus yang baru ini diadakan sebagai redundant TLD Reader 6600 yang telah berusia 15 tahun, dimaksudkan untuk menjaga pelayanan evaluasi pemantauan dosis personel dan lingkungan yang bisa diandalkan. Pelatihan ini diselenggarakan atas kerjasama  PT Dawiri Irma Abadi selaku penyedia barang dan PPIKSN selaku pengguna barang(chevy/kangdwi).