Slide item 9
sien1
sien2
sien3
Slide item 19

Rinjani Mountain

Slide item 20

Semeti Beach (Alien Beach)

Slide item 21

Gedung Universitas Mataram

sien4
sien5

SEMINAR DITUNDA KARENA BENCANA ALAM DI NTB,

WAKTU DAN TEMPAT AKAN DIINFORMASIKAN SEGERA ...

.. PENERIMAAN MAKALAH DIPERPANJANG HINGGA 31 AGUSTUS 2018..

Latar Belakang

Peranan sektor industri dalam penggunaan energi selalu mendominasi dan terus meningkat. Jebakan pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi kelas menengah yang besar harus dihindari, yakni dengan menyiapkan infrastruktur yang memadai, terutama penyediaan energi. Oleh karena itu jaminan ketersediaan energi sangat menentukan keberlanjutan pembangunan ekonomi dan industri.

Sesuai Kebijakan Energi Nasional, PP No. 79 Tahun 2014 bahwa target kapasitas listrik terpasang pada tahun 2025 adalah 115 GWe yang saat ini baru mencapai lebih kurang 50 GWe. Energi nuklir menjadi keniscayaan opsi untuk mengejar pemenuhan kebutuhan energi listrik ini, mengingat kebutuhan kapasitas daya terpasang yang terus meningkat. Dari sisi kesiapan teknologinya, selain akan membantu mengamankan pasokan listrik nasional juga akan memberikan leverage (daya ungkit) ekonomi dan industri nasional. Penyediaan listrik yang masif akan memberikan leverage ekonomi yang dapat langsung dirasakan.

Negara-negara yang baru pertama kali akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) harus mempersiapkan berbagai infrastruktur pendukung sesuai dengan panduan yang diterbitkan oleh IAEA. Oleh karena itu, Seminar Nasional Infrastruktur Energi Nuklir (SIEN) ini sangat dibutuhkan untuk menyerap berbagai masukan dari para pemangku kepentingan agar implementasi PLTN di Indonesia dapat berjalan dengan baik.

 

19 Infrastruktur Pembangunan PLTN