Seminar SIEN 2019
Seminar SENTEN 2020
Seminar SENTEN 2020
Seminar SENTEN 2020

Latar Belakang

Ketahanan dan kemandirian energi nasional menjadi salah satu fondasi pertumbuhan ekonomi untuk tercapainya masyarakat adil dan sejahtera di Indonesia. Selain itu keberhasilan peningkatan kualitas hidup manusia, produktivitas dan daya saing, serta kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik yang menjadi bagian dari progam nawa-cita juga tidak terlepas dari dukungan ketersediaan energi yang memadai. Untuk itu diperlukan strategi dan inovasi untuk pemenuhan energi khususnya kelistrikan dengan mengoptimalkan semua potensi energi yang ada termasuk energi nuklir ke dalam program bauran energi nasional.

Sinergi antara sumber energi yang beragam melalui inovasi dan implementasi yang tepat disadari menjadi kunci dalam mengakselerasi kemandirian energi nasional dan menjawab tantangan pemerataan serta keterjangkauan energi listrik pada beberapa daerah. Sehingga konsep dan kebijakan dalam bauran energi nasional yang sudah dicanangkan dan didukung dengan peraturan perundangan perlu diimplementasikan. Penguatan infrastruktur dan teknologi energi nuklir sebagai bagian dari energi baru dan terbarukan (EBT) telah dilakukan untuk persiapan dalam rencana bauran energi.

Tujuan

Seminar SENTEN 2020 yang diselenggarakan pada situasi Pandemi Covid-19 ditujukan sebagai media untuk bertukar informasi terbaru terkait penguatan dalam inovasi teknologi, strategi bauran energi nasional, serta aspek infrastruktur dan keselamatan energi nuklir. Seminar ini akan melibatkan peneliti, akademisi dan praktisi sehingga sekaligus menjadi sarana untuk meningkatkan sinergi dan Kerjasama antara pemangku kepentingan di bidang energi.

Leaflet