POR BATAN
SDM Nuklir
asian games
HUT RI
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
peresmian gedung radiosiotop
korupsi
kedelai
Radiofarmaka

PERATURAN & TATA TERTIB dan KETENTUAN UNTUK MAHASISWA/SISWA YANG MELAKUKAN PRAKTEK KERJA/PENELITIAN DI PSTA-BATAN

I. Setiap siswa/mahasiswa diwajibkan:

1. Sebelum melakukan tugas di laboratorium menyerahkan :

a. Formulir Surat Pernyataan (ke subbag PKDI)
b. Formulir Biodata (Subbag PKDI, Pembimbing, Unit Pengamanan)
c. Surat Keterangan Pengarahan Proteksi Radiasi dari BK-3 (ke pembimbing)

2. Lapor ke petugas Unit Pengamanan Nuklir dan Penanggungjawab tempat Praktek Kerja/Penelitian pada saat datang dan pulang.
3. Mengenakan Badge yang sudah diberikan oleh Unit Pengamanan Nuklir selama melakukan Praktek Kerja/Penelitian.
4. Berpakaian sopan/rapi (siswa - siswi SLTA berseragam sekolah) dan bersepatu
5. Membawa alat-alat tulis dan peralatan lain (jas lab) yang diperlukan selama Praktek Kerja/Penelitian,
6. Bersikap sopan, jujur, dan disiplin.
7. Melaporkan dengan segera kepada pembimbing/pimpinan di tempat Praktek Kerja/ Penelitian dan di Sekolah (guru/dosen pembimbing) bila terjadi hal-hal yang bersifat merugikan, baik moril maupun materiil.
8. Mengisi blanko Penggantian Judul Praktek Kerja/Penelitian yang sudah disediakan di Subbag. Dokil., apabila terjadi kendala dalam Praktek Kerja/Penelitian, seperti kerusakan peralatan lab. dan atau kendala lainnya.
9. Mengisi Blanko Perpanjangan Praktek Kerja/Penelitian di Subbagian Dok. Ilmiah bilamana Ijin Praktek Kerja/Penelitian telah habis masa berlakunya sedangkan masih memerlukan waktu untuk melanjutkan Praktek Kerja/Penelitian.
10. Menanggung/mengganti biaya perbaikan/pembelian peralatan baru bila terjadi kerusakan/hilang atas peralatan Praktek Kerja/Penelitian, baik yang sengaja/tidak sengaja dilakukan oleh siswa/mahasiswa yang bersangkutan.
11. Selesai melakukan Praktek Kerja/Penelitian menyerahkan :

a. Tanda bukti Bebas Lab. dan Bebas Pinjam buku Perpustakaan.
b. Badge.

13. Membuat 3 (tiga) buku Laporan (pada sampul depannya sudah diberi judul) Praktek Kerja/Penelitian yang telah dilakukan dan berisi Ucapan Terima kasih kepada Pembimbing BATAN dan Ka. PSTA, serta telah disetujui/disahkan oleh Kepala PSTA. Buku Laporan tersebut diserahkan masing-masing 1 (satu) untuk pembimbing, PPIKSN - BATAN, dan Perpustakaan PSTA - BATAN.
14. Apabila pada saat ujian Pendadaran Skripsi/Tugas Akhir Pembimbing dari PSTA-BATAN harus hadir di Institusi Siswa/Mahasiswa pemohon, maka jadwal ujian Pendadaran Skripsi/Tugas Akhir dilaksanakan hari Sabtu, dan biaya Perjalanan Dinas bagi Pembimbing PSTA - BATAN dibebankan pada Anggaran Universitas/Fakultas/Akademi/ Sekolah/Instansi ybs.
15. Waktu pelaksanaan Praktek Kerja/Penelitian jam 08.00 - 15.00 WIB dan atau disesuaikan/ mengikuti jam kerja karyawan PSTA-BATAN,
16. PSTA - BATAN tidak menyediakan fasilitas makan siang, penginapan, dan biaya lainnya secara cuma-cuma bagi mahasiswa/siswa.

II. Setiap siswa/mahasiswa dilarang:

  1. Melakukan Praktek Kerja/Penelitian sebelum melengkapi persyaratan administrasi terlebih dulu (mengisi formulir Konsultasi, Surat Pernyataan, Biodata, dll.)
  2. Berpindah tempat atau mengganti judul Praktek Kerja/Penelitian tanpa seijin dari pembimbing yang diberi wewenang.
  3. Mengambil foto/gambar di laboratorium/lokasi Praktek Kerja/Penelitian dan di lingkungan sekitar PSTA - BATAN tanpa seijin Kepala PSTA - BATAN.
  4. Membawa keluar/masuk peralatan/barang milik PSTA maupun milik pribadi (contoh Laptop, Notebook, Floppy Disk/USB, dll) tanpa seijin dari Pembimbing dan atau Kepala Bidang/Bagian.
  5. Menerima tamu pribadi selama Praktek Kerja/Penelitian tanpa seijin dari Pembimbing dan atau Kepala Bidang/Bagian.
  6. Menggunakan pesawat telepon kantor tanpa seijin dari petugas.
  7. Merokok di laboratorium dan di lain tempat yang bukan tempatnya.
  8. Membuat gaduh, membawa minuman keras, dan barang-barang terlarang lainnya.
  9. Mengenakan pakaian lusuh, kaos/T-shirt, dan memakai sandal
  10. Khusus mahasiswi : merias wajah yang mencolok, mengenakan rok mini, sepatu bertumit tinggi, pakaian ketat 

1. Rombongan mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta/Negeri, Siswa-siswi SMU/SMK, Pengajar/Dosen/Guru dari Perguruan Tinggi/SLTA/SLTP, Peserta Seminar/Kursus dari Instansi Pemerintah/Swasta.
2. Mengajukan surat Permohonan berkunjung yang diterima di Bagian Tata Usaha PSTA - BATAN minimal 1 (satu) bulan sebelum kunjungan dilaksanakan dan dialamatkan kepada:

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Akselerator
Badan Tenaga Nuklir Nasional (PSTA-BATAN),
Jl.Babarsari Kotak Pos 6101 ykbb Yogyakarta 55281.

3. Hari kunjungan : Senin - Kamis, jam 08.00 WIB - selesai (maks.11.30 WIB),
Sabtu - Minggu, dan hari libur nasional, kantor tutup/libur.
4. Konfirmasi kunjungan sudah harus diterima di Subbagian Persuratan, Kepegawaian, dan Dokumentasi Ilmiah (via telepon/fax) minimal 1 (satu) hari sebelum kunjungan dilaksanakan, bila dalam batas waktu tsb. tidak ada kabar, kunjungan dianggap batal.
5. Jumlah peserta maksimum 55 orang (termasuk Guru/pembimbing/panitia).
6. Berpakaian seragam/rapi/sopan (tidak mengenakan T-Shirt dan celana 3/4), dan bersepatu.
7. Menyerahkan Daftar Nama Peserta di Pos Jaga Unit Pengamanan Nuklir pada saat berkunjung.

PROSEDUR dan KETENTUAN MELAKUKAN
PRAKTEK KERJA/PENELITIAN UNTUK SISWA/MAHASISWA

1. Mengajukan Surat Permohonan secara tertulis dari Universitas/Fakultas/Akademi/Sekolah/ Instansi yang berisi Nama Siswa/Mahasiswa, Nomor Induk, Kelas/Tingkat, Jurusan, dilampiri Daftar Nilai/Akademik Transkrip/Raport (nilai mata kuliah/mata pelajaran yang telah diikuti) minimum 1 (satu) bulan sebelum Praktek Kerja/Penelitian dilaksanakan dan ditujukan kepada :

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Akselerator - BATAN,
Jl. Babarsari Kotak Pos 6101 ykbb Yogyakarta 55281
1. Tidak sedang mengikuti Kuliah Kerja Lapangan.

Jangka waktu:

Praktek minimum 1 (satu) bulan, maksimum 3 (tiga) bulan;
Penelitian minimum 6 (enam) bulan, maksimum 1 (satu) tahun Kerja.


KETENTUAN :

  1. PSTA – BATAN akan menjawab surat Permohonan tersebut diatas secara resmi yang berisi penolakan ataupun penerimaan bagi siswa/mahasiswa
  2. Apabila PSTA - BATAN dapat membantu siswa/mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Kerja/Penelitian, setiap siswa/mahasiswa akan dipanggil dan atau diberikan formulir Konsultasi untuk melakukan konsultasi dengan calon Pembimbing di PSTA mengenai Judul, Waktu, dan lain-lainnya.
  3. Batas waktu konsultasi maksimal 3 (tiga) bulan dari surat panggilan konsultasi diterima mahasiswa/siswa, apabila datang lebih dari yang sudah ditentukan, maka dianggap batal melaksanakan Praktek Kerja/Penelitian di PSTA - BATAN.
  4. Setelah Formulir Konsultasi dari siswa/mahasiswa ditanda-tangani oleh Pembimbing dan Kepala Bidang/Bagian di lingkungan PSTA dimintakan persetujuan ke Ka PSTA - BATAN
  5. Apabila Kepala PSTA - BATAN memberikan persetujuan pada formulir konsultasi yang diajukan, maka PSTA membuat surat resmi yang menyatakan siswa/mahasiswa tersebut sudah diijinkan melakukan Praktek Kerja/Penelitian

  1. Download Form Konsultasi
  2. Download Surat Pernyataan
  3. Download Biodata
  4. Download Proteksi Radiasi
  5. Download  Perpanjangan
  6. Download Bebas Lab

preview

preview


   

Pengadaan Barang dan Jasa

LINK LEMBAGA TERKAIT