PERATURAN & TATA TERTIB dan KETENTUAN UNTUK MAHASISWA/SISWA YANG MELAKUKAN PRAKTEK KERJA/PENELITIAN DI PSTA-BATAN

I. Setiap siswa/mahasiswa diwajibkan:

1. Sebelum melakukan tugas di laboratorium menyerahkan :

a. Formulir Surat Pernyataan (ke subbag PKDI)
b. Formulir Biodata (Subbag PKDI, Pembimbing, Unit Pengamanan)
c. Surat Keterangan Pengarahan Proteksi Radiasi dari BK-3 (ke pembimbing)

2. Lapor ke petugas Unit Pengamanan Nuklir dan Penanggungjawab tempat Praktek Kerja/Penelitian pada saat datang dan pulang.
3. Mengenakan Badge yang sudah diberikan oleh Unit Pengamanan Nuklir selama melakukan Praktek Kerja/Penelitian.
4. Berpakaian sopan/rapi (siswa - siswi SLTA berseragam sekolah) dan bersepatu
5. Membawa alat-alat tulis dan peralatan lain (jas lab) yang diperlukan selama Praktek Kerja/Penelitian,
6. Bersikap sopan, jujur, dan disiplin.
7. Melaporkan dengan segera kepada pembimbing/pimpinan di tempat Praktek Kerja/ Penelitian dan di Sekolah (guru/dosen pembimbing) bila terjadi hal-hal yang bersifat merugikan, baik moril maupun materiil.
8. Mengisi blanko Penggantian Judul Praktek Kerja/Penelitian yang sudah disediakan di Subbag. Dokil., apabila terjadi kendala dalam Praktek Kerja/Penelitian, seperti kerusakan peralatan lab. dan atau kendala lainnya.
9. Mengisi Blanko Perpanjangan Praktek Kerja/Penelitian di Subbagian Dok. Ilmiah bilamana Ijin Praktek Kerja/Penelitian telah habis masa berlakunya sedangkan masih memerlukan waktu untuk melanjutkan Praktek Kerja/Penelitian.
10. Menanggung/mengganti biaya perbaikan/pembelian peralatan baru bila terjadi kerusakan/hilang atas peralatan Praktek Kerja/Penelitian, baik yang sengaja/tidak sengaja dilakukan oleh siswa/mahasiswa yang bersangkutan.
11. Selesai melakukan Praktek Kerja/Penelitian menyerahkan :

a. Tanda bukti Bebas Lab. dan Bebas Pinjam buku Perpustakaan.
b. Badge.

13. Membuat 3 (tiga) buku Laporan (pada sampul depannya sudah diberi judul) Praktek Kerja/Penelitian yang telah dilakukan dan berisi Ucapan Terima kasih kepada Pembimbing BATAN dan Ka. PSTA, serta telah disetujui/disahkan oleh Kepala PSTA. Buku Laporan tersebut diserahkan masing-masing 1 (satu) untuk pembimbing, PPIKSN - BATAN, dan Perpustakaan PSTA - BATAN.
14. Apabila pada saat ujian Pendadaran Skripsi/Tugas Akhir Pembimbing dari PSTA-BATAN harus hadir di Institusi Siswa/Mahasiswa pemohon, maka jadwal ujian Pendadaran Skripsi/Tugas Akhir dilaksanakan hari Sabtu, dan biaya Perjalanan Dinas bagi Pembimbing PSTA - BATAN dibebankan pada Anggaran Universitas/Fakultas/Akademi/ Sekolah/Instansi ybs.
15. Waktu pelaksanaan Praktek Kerja/Penelitian jam 08.00 - 15.00 WIB dan atau disesuaikan/ mengikuti jam kerja karyawan PSTA-BATAN,
16. PSTA - BATAN tidak menyediakan fasilitas makan siang, penginapan, dan biaya lainnya secara cuma-cuma bagi mahasiswa/siswa.

II. Setiap siswa/mahasiswa dilarang:

  1. Melakukan Praktek Kerja/Penelitian sebelum melengkapi persyaratan administrasi terlebih dulu (mengisi formulir Konsultasi, Surat Pernyataan, Biodata, dll.)
  2. Berpindah tempat atau mengganti judul Praktek Kerja/Penelitian tanpa seijin dari pembimbing yang diberi wewenang.
  3. Mengambil foto/gambar di laboratorium/lokasi Praktek Kerja/Penelitian dan di lingkungan sekitar PSTA - BATAN tanpa seijin Kepala PSTA - BATAN.
  4. Membawa keluar/masuk peralatan/barang milik PSTA maupun milik pribadi (contoh Laptop, Notebook, Floppy Disk/USB, dll) tanpa seijin dari Pembimbing dan atau Kepala Bidang/Bagian.
  5. Menerima tamu pribadi selama Praktek Kerja/Penelitian tanpa seijin dari Pembimbing dan atau Kepala Bidang/Bagian.
  6. Menggunakan pesawat telepon kantor tanpa seijin dari petugas.
  7. Merokok di laboratorium dan di lain tempat yang bukan tempatnya.
  8. Membuat gaduh, membawa minuman keras, dan barang-barang terlarang lainnya.
  9. Mengenakan pakaian lusuh, kaos/T-shirt, dan memakai sandal
  10. Khusus mahasiswi : merias wajah yang mencolok, mengenakan rok mini, sepatu bertumit tinggi, pakaian ketat 

1. Rombongan mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta/Negeri, Siswa-siswi SMU/SMK, Pengajar/Dosen/Guru dari Perguruan Tinggi/SLTA/SLTP, Peserta Seminar/Kursus dari Instansi Pemerintah/Swasta.
2. Mengajukan surat Permohonan berkunjung yang diterima di Bagian Tata Usaha PSTA - BATAN minimal 1 (satu) bulan sebelum kunjungan dilaksanakan dan dialamatkan kepada:

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Akselerator
Badan Tenaga Nuklir Nasional (PSTA-BATAN),
Jl.Babarsari Kotak Pos 6101 ykbb Yogyakarta 55281.

3. Hari kunjungan : Senin - Kamis, jam 08.00 WIB - selesai (maks.11.30 WIB),
Sabtu - Minggu, dan hari libur nasional, kantor tutup/libur.
4. Konfirmasi kunjungan sudah harus diterima di Subbagian Persuratan, Kepegawaian, dan Dokumentasi Ilmiah (via telepon/fax) minimal 1 (satu) hari sebelum kunjungan dilaksanakan, bila dalam batas waktu tsb. tidak ada kabar, kunjungan dianggap batal.
5. Jumlah peserta maksimum 55 orang (termasuk Guru/pembimbing/panitia).
6. Berpakaian seragam/rapi/sopan (tidak mengenakan T-Shirt dan celana 3/4), dan bersepatu.
7. Menyerahkan Daftar Nama Peserta di Pos Jaga Unit Pengamanan Nuklir pada saat berkunjung.

PROSEDUR dan KETENTUAN MELAKUKAN
PRAKTEK KERJA/PENELITIAN UNTUK SISWA/MAHASISWA

1. Mengajukan Surat Permohonan secara tertulis dari Universitas/Fakultas/Akademi/Sekolah/ Instansi yang berisi Nama Siswa/Mahasiswa, Nomor Induk, Kelas/Tingkat, Jurusan, dilampiri Daftar Nilai/Akademik Transkrip/Raport (nilai mata kuliah/mata pelajaran yang telah diikuti) minimum 1 (satu) bulan sebelum Praktek Kerja/Penelitian dilaksanakan dan ditujukan kepada :

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Akselerator - BATAN,
Jl. Babarsari Kotak Pos 6101 ykbb Yogyakarta 55281
1. Tidak sedang mengikuti Kuliah Kerja Lapangan.

Jangka waktu:

Praktek minimum 1 (satu) bulan, maksimum 3 (tiga) bulan;
Penelitian minimum 6 (enam) bulan, maksimum 1 (satu) tahun Kerja.


KETENTUAN :

  1. PSTA – BATAN akan menjawab surat Permohonan tersebut diatas secara resmi yang berisi penolakan ataupun penerimaan bagi siswa/mahasiswa
  2. Apabila PSTA - BATAN dapat membantu siswa/mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Kerja/Penelitian, setiap siswa/mahasiswa akan dipanggil dan atau diberikan formulir Konsultasi untuk melakukan konsultasi dengan calon Pembimbing di PSTA mengenai Judul, Waktu, dan lain-lainnya.
  3. Batas waktu konsultasi maksimal 3 (tiga) bulan dari surat panggilan konsultasi diterima mahasiswa/siswa, apabila datang lebih dari yang sudah ditentukan, maka dianggap batal melaksanakan Praktek Kerja/Penelitian di PSTA - BATAN.
  4. Setelah Formulir Konsultasi dari siswa/mahasiswa ditanda-tangani oleh Pembimbing dan Kepala Bidang/Bagian di lingkungan PSTA dimintakan persetujuan ke Ka PSTA - BATAN
  5. Apabila Kepala PSTA - BATAN memberikan persetujuan pada formulir konsultasi yang diajukan, maka PSTA membuat surat resmi yang menyatakan siswa/mahasiswa tersebut sudah diijinkan melakukan Praktek Kerja/Penelitian

  1. Download Form Konsultasi
  2. Download Surat Pernyataan
  3. Download Biodata
  4. Download Proteksi Radiasi
  5. Download  Perpanjangan
  6. Download Bebas Lab