Slide lapor go id
Slide PZI PTLR
Slide Survey Persepsi
Slide Hut RI 76
Slide WBS
Slide item 1

PTLR-BATAN Menerima Pengelolaan Limbah Radioaktif dari Seluruh Indonesia

Di Indonesia zat radioaktif dimanfaatkan khususnya oleh industri dan rumah sakit. .....

Selengkapnya...
Slide item 2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam Pengelolaan Limbah Radioaktif

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam kegiatan fasilitas nuklir di Serpong .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia adalah PTLR-BATAN

Dalam UU No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, bahwa Pengelolaan Limbah Radioaktif dilaksanakan oleh Badan Pelaksana .....

Selengkapnya...

(Tangerang Selatan, 8 Januari 2020) Perayaan malam tahun baru mungkin masih hangat di ingatan sebagian masyarakat yang merayakan, ditambah lagi pada hari pertama di tahun 2020, Jakarta terkepung banjir. Namun hal ini tidak menyurutkan keinginan pemilik limbah untuk melakukan penyerahan limbahnya. Terbukti, tidak berapa lama setelah pergantian tahun, yakni pada Senin, 6 Januari atau merupakan hari kerja ketiga di tahun 2020, layanan pengelolaan limbah radioaktif sudah kedatangan limbah radioaktif dari industri. Layanan pengelolaan limbah radioaktif PTLR langsung "panas" di awal tahun 2020, tidak perlu menunggu waktu hingga tengah tahun.

Layanan pengelolaan limbah radioaktif di PTLR sudah menggunakan aplikasi online (namanya eLIRA) sejak akhir tahun 2017 silam. Pelanggan dapat melakukan permohonan dan pemenuhan persyaratan administrasi pelimbahan dengan mengunggah file di aplikasi tersebut.  Walaupun hari libur, pelanggan tetap bisa mengakses aplikasi tersebut untuk melakukan permohonan pelimbahan dan lainnya.

Kelebihan layanan tersebut yang dimanfaatkan oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) Unit Paiton, sehingga dalam waktu singkat di awal tahun bisa langsung melakukan permohonan pelimbahan.  Setelah verifikasi permohonan oleh admin eLIRA, maka kemudian ditentukan jadwal penerimaan limbah radioaktif, yaitu dilakukan pada Senin, 6 Januari 2020. Artinya hanya butuh 4 hari kalender sejak melakukan permohonan hingga limbah bisa diterima di PTLR.

PT PJB menggunakan zat radioaktif untuk pengukuran beberapa parameter proses pembakaran batu bara dalam furnace. Salah satu parameter yang dipantau adalah laju alir umpan batubara yang dideteksi menggunakan zat radioaktif Cesium-137. Setelah aktivitas zat radioaktif tersebut tidak efektif untuk digunakan maka selanjutnya diserahkan (dilimbahkan) ke PTLR. 

Kali ini, PT PJB menyerahkan zat radioaktif terbungkus (sumber radioaktif) sebanyak 144 buah Cs-137. Saat penerimaan limbah, petugas layanan PTLR diharuskan untuk memeriksa kondisi fisik dan nomor seri satu persatu zat radioaktif yang diserahkan. Kegiatan pemeriksaan ini memerlukan waktu 2 hari kerja. Namun demikian, Petugas Layanan PTLR melakukannya dengan tetap cermat dan semangat. (irsan)







LAPORKAN GRATIFIKASI, SUAP, KORUPSI MELALUI ANDROID





Statistik Pengunjung

Live Visitors Counter

Hubungi Kami

Pusat Teknologi Limbah Radioaktif - Badan Tenaga Nuklir Nasional

Gedung 50 Kawasan PUSPIPTEK Serpong Tangerang Selatan 15310 INDONESIA

Telp. (021) 7563142 , Fax. (021)7560927

website: www.batan.go.id/ptlr

email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.