Slide WBS
Slide item 1

PTLR-BATAN Menerima Pengelolaan Limbah Radioaktif dari Seluruh Indonesia

Di Indonesia zat radioaktif dimanfaatkan khususnya oleh industri dan rumah sakit. .....

Selengkapnya...
Slide item 2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam Pengelolaan Limbah Radioaktif

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam kegiatan fasilitas nuklir di Serpong .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia adalah PTLR-BATAN

Dalam UU No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, bahwa Pengelolaan Limbah Radioaktif dilaksanakan oleh Badan Pelaksana .....

Selengkapnya...

(Serpong, 16/08/2016) Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Sharing Knowledge Penyusunan SOP Terintegrasi Unsur SPIP untuk internal PTLR yang dihadiri oleh para koordinator untuk penyusunan SOP di Bagian/Bidang/Unit di lingkungan PTLR, pada tanggal 15dan 16 Agustus 2016 bertempat di Wisma BATAN, Cipanas, di koordinir oleh Kepala. Unit Jaminan Mutu PTLR (Zulfiandi, A.M.d) 

(Tangsel, 16/8/2016)” 4th International School on Spent Nuclear Fuel Management” yang diselenggarakan pada tanggal 01-05 Agustusi 2016, di Rusia. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui Satuan Kerjanya yaitu: Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR), mendelegasikan kepada Staf Bidang Pengelolaan Limbah (Titik Sundari, A.Md)  untuk menghadiri pertemuan 4th International School on Spent Nuclear Fuel Management. Pertemuan ini dihadiri dari negara antara lain :  Belarusia, Indonesia, Vietnam, Rusia dan IAEA, jumlah peserta ada 34 peserta. Metode yang diberikan : Presentasi dan diskusi.

(TangSel, 12 Agustus 2016)  “Regional Training Course on Search for Ophan Source and Post Discovery Activities” yang diselenggarakan pada tanggal 18-27 Juli 2016, di Nepal. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui Satuan Kerjanya yaitu: Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR)  mendelegasikan kepada Staf Bidang Keselamatan Kerja dan Operasi (Jati Eka Putri, A.Md.A.K.) dan Staf Bidang Pengelolaan Limbah (Budiyono, A.Md) untuk menghadiri pertemuan  Regional Training Course on Search for Ophan Source and Post Discovery Activities. Pertemuan ini dihadiri oleh 16 negara antara lain : Vietnam, Cambodia, Indonesia, Irak, Malaysia, Mongolia, Thailand, Myanmar, Iran, Pakistan, Palestina, Yordania, Syria, Bangladesh, Srilanka dan Nepal, jumlah peserta ada 34 peserta.  Metode yang diberikan : Presentasi, diskusi, demonstrasi dan Praktikum.

(Serpong, 15/8/2016) Untuk mendorong dan meningkatkan prestasi kerja serta untuk memupuk kesetiaan terhadap Negara, maka kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah menunjukkan kesetiaan,  berjasa terhadap negara dan  menunjukkan prestasi kerja yang baik, salah satunya adalah pemberian penghargaan.  Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 25 tahun 1994, Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah mempunyai masa kerja 10 tahun; 20 tahun; dan 30 tahun atau lebih secara terus menerus dan menunjukkan kesetiaan, kecakapan, kejujuran dan kedisiplinan.

(TangSel, 11/8/2016) Expert Fellowship Training on Overview of Radioactive Waste Management Infrastructure for New Countries and Territories, pada minggu ke dua  (8/8/2016) diantar untuk  mengunjungi Instalasi Pengolahan limbah Radioaktif, sebanyak 10 orang, sebelum expert tersebut  menimba ilmu di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) BATAN.  Expert Fellowship diterima di gedung 50 PTLR oleh pemandu PTLR yaitu : Ir. Dyah Sulistyani R, Irwan Santoso, Ade Rustiadam, Imam Sasmito,  Marhaeni Joko P ,Rukiaty dan Heru Sriwahyuni,.  kemudian rombongan expert langsung diberikan penjelasan oleh pemandu PTLR melalui TV monitor  mengenai tupoksi PTLR dalam melaksanakan litbang dan layanan pengelolaan limbah radioaktif untuk mencegah timbulnya bahaya radiasi terhadap manusia dan lingkungan, serta melaksanakan pemantauan lingkungan untuk mendukung pemanfaatan Iptek nuklir yang selamat . PTLR yang merupakan satu-satunya Instansi Pemerintah di bawah BATAN yang diberi kewenangan oleh undang-undang untuk mengelola limbah radioaktif dari seluruh Indonesia, pemandu juga menjelaskan  tentang pengertian limbah radioaktif,  jenis-jenis radioaktif, asal usul  limbah radioaktif yang berasal dari Internal BATAN dan Eksternal BATAN seperti : limbah Industri, rumah sakit, lembaga penelitian dan lain-lain, serta proses pengelolaannya.