Slide WBS
Slide item 1

PTLR-BATAN Menerima Pengelolaan Limbah Radioaktif dari Seluruh Indonesia

Di Indonesia zat radioaktif dimanfaatkan khususnya oleh industri dan rumah sakit. .....

Selengkapnya...
Slide item 2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam Pengelolaan Limbah Radioaktif

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam kegiatan fasilitas nuklir di Serpong .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia adalah PTLR-BATAN

Dalam UU No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, bahwa Pengelolaan Limbah Radioaktif dilaksanakan oleh Badan Pelaksana .....

Selengkapnya...

(Tangerang Selatan,08/06/2018) Selama cuti lebaran tahun 2018 yang hampir 2 minggu, sudah tentu tidak ingin terjadi kejadian yang harus ditangani segera dalam kondisi hanya ada segelintir pegawai piket yang standby di kantor. Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bahaya keamanan dan keselamatan yang berpotensi mengancam fasilitas menjelang dan selama libur dan cuti bersama Idul Fitri 2018, PTLR menggelar kegiatan Safety and Security Joint Inspection (SSJI) pada Kamis, 7 Juni 2018. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) PTLR. Kegiatan SSJI dilakukan melalui walkthrough ke seluruh fasilitas PTLR dalam lingkup perijinan IPLR dan KH-IPSB3.

(Tangerang Selatan, 08/06/2018) Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) menyelenggarakan Transfer Knowledge yang merupakan program rutin dari Kedeputian TEN, pada tanggal  6 Juni 2018 di Gd. 50 Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan, Banten.  Selain menerima materi dalam bentuk presentasi dari nara sumber, peserta acara juga diberi kesempatan belajar tentang pengolahan limbah dengan mengunjungi Instalasi Pengolahan Limbah Radioaktif (IPLR).

(Tangerang Selatan, 7/6/2018) Bertempat di PTLR Gedung 50, Kawasan Nuklir Serpong pada hari  Rabu, tanggal 6 Juni 2018 diselenggarakan acara  Transfer Knowledge yang merupakan program rutin dari Kedeputian TEN. Acara ini diikuti  oleh 20 peserta, yang mayoritas CPNS dan pegawai muda dari seluruh satuan kerja di kedeputian TEN. Selain mendengarkan presentasi dari nara sumber, peserta juga mendapat kesempatan untuk melihat langsung fasilitas pengolahan limbah radioaktif yang dimiliki PTLR.

(Tangsel, 25/05/2018) ”Consultancy  Meeting  On  The  Future  Development  Of A Borehole  Disposal System for  DSRS  And Other Radioactive Waste” Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mendelegasikan kepada Kepala Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (Ir. Husen Zamroni) untuk menghadiri pertemuan Consultancy Meeting On The Future Development Of A Borehole Disposal   System For Dsrs And Other Radioactive Waste yang diselenggarakan pada tanggal 7-11 Mei 2018 di Vienna, Austria.

(Tangsel, 22/05/2018) Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan bertukar informasi tentang pengelolaan limbah radioaktif, khususnya Disused Sealed Radioactive Sources (DSRS), PTLR menugaskan salah satu stafnya yaitu Irwan Santoso untuk mengikuti " TC Meeting on Consolidation and Conditioning of Disused Sealed  Radioactive Sources Inventories”  di Nicosia, Cyprus pada tanggal 7-11 Mei 2018. Pertemuan ini merupakan serangkaian aktifitas dalam proyek IAEA INT9182 Sustaining Cradle-to-Grave Control of Radioactive SourcesPertemuan ini diikuti oleh 36 peserta dari 22 negara anggota IAEA yaitu Albania, Amerika Serikat, Argentina, Afrika Selatan, Bosnia Herzegovina, Brasil, Cuba, Cyprus, Ethiopia, Filiphina, Ghana, Indonesia, Libanon, Libya, Maroko, Mesir, Montenegro, Nigeria, Yordania, Serbia, Yunani, Tanzania serta 3 orang Expert IAEA.