Slide WBS
Slide item 1

PTLR-BATAN Menerima Pengelolaan Limbah Radioaktif dari Seluruh Indonesia

Di Indonesia zat radioaktif dimanfaatkan khususnya oleh industri dan rumah sakit. .....

Selengkapnya...
Slide item 2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam Pengelolaan Limbah Radioaktif

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam kegiatan fasilitas nuklir di Serpong .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia adalah PTLR-BATAN

Dalam UU No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, bahwa Pengelolaan Limbah Radioaktif dilaksanakan oleh Badan Pelaksana .....

Selengkapnya...

(TangSel, 03/02/2017) Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) memberikan “Pelatihan Damkar untuk Outsorching dan Cleaning Service” kepada Outsorching dan Cleaning Service di PTLR. Kegunaannya dalam mengikuti pelatihan ini adalah apabila terjadi kebakaran tindakan apa yang harus dilakukan untuk menghadapinya dan cara menggunakan APAR bila terjadi kebakaran, agar peserta dapat melakukan tindakan atau mengatasi dengan baik serta dapat menggunakan APAR dengan baik pula.  Pada tanggal 30 Januari 2017 di PTLR, Gd. 50 Kawasan Puspiptek, Serpong, Jumlah Peserta ada 10 orang  dihadiri oleh outsorching dan Cleaning Service di lingkungan PTLR-BATAN. Materi yang diberikan : Cara menggunakan APAR dan dilanjutkan dengan praktek di lapangan. 

(Tangsel01/02/2017) Dalam rangka menyemarakkan K3 Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) menyelenggarakan pertandingan Cerdas Cermat K3 di Internal PTLR, peserta lombah K3 dihadiri dari Bidang/Bagian/Unit yang ada di PTLR,  masing-masing mengirimkan wakilnya untuk mengikuti lomba tersebut. Untuk tahun 2017 PTLR-BATAN menyelenggarakan bulan K3 mengambil tema “ Dengan Budaya Keselamatan Kerja Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia Menuju Masyarakat yang Selamat, Sehat dan Produktif”.

Serpong, 31/01/2017) Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) maka diberikan kesempatan kepada pegawainya untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam teknik mengajar untuk mengikuti “Pelatihan Untuk Pelatih: Teknik Mengajar”, yang diselenggarakan pada tanggal 23-27 Januari 2017, oleh Pusdiklat-BATAN, Jakarta. PTLR mendelegasikan kepada Sdr. M. Nurhasim, S.ST untuk mengikuti pelatihan tersebut, jumlah peserta ada 21 orang masing-masing satker mengirimkan wakilnya.

(Tangsel, 26/01/2017) Dalam rangka mensosialisasi  IPTEK nuklir  khususnya Pengelolaan Limbah Radioaktif,  Pada tanggal 24 Januari  2017 , Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) menerima kunjungan dari Universitas Muhamadiyah, Semarang.  sebanyak 79 orang. Tamu kunjungan diterima di gedung 50 PTLR oleh pemandu PTLR yaitu :  Rukiaty,  Dyah Sulistyani R,  Irwan Santoso,  Imam Sasmito, M. Ramdan, Adi Wijayanto, dan 1 orang  dari  unit  pengamanan,  kemudian rombongan langsung diberikan penjelasan oleh pemandu PTLR melalui TV monitor  mengenai tupoksi PTLR dalam melaksanakan litbang dan layanan pengelolaan limbah radioaktif untuk mencegah timbulnya bahaya radiasi terhadap manusia dan lingkungan, serta melaksanakan pemantauan lingkungan untuk mendukung pemanfaatan Iptek nuklir yang selamat .  PTLR yang merupakan satu-satunya Instansi Pemerintah di bawah BATAN yang diberi kewenangan oleh undang-undang untuk mengelola limbah radioaktif dari seluruh Indonesia, pemandu juga menjelaskan  tentang pengertian limbah radioaktif,  jenis-jenis radioaktif, asal usul  limbah radioaktif yang berasal dari Internal BATAN dan Eksternal BATAN seperti : limbah Industri, rumah sakit, lembaga penelitian dan lain-lain, serta proses pengelolaannya.

(Tangsel, 26 Januari 2017) Dalam rangka Workshop on The Borehole Disposal Conceptual System dari BAPETEN,  pada tanggal 19 Januari 2017,  sebanyak 30 orang peserta, sebelum mengadakan kunjungan ke Fasilitas PTLR,  BAPETEN mengadakan Workshop bertempat di PTLR Gd. 50.  Acara ini dibuka oleh Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir - BATAN (Ir. Suryantoro, MT) dan dilanjutkan dengan Prsesentasi kemudian kunjungan ke Fasilitas PTLR antara lain : Interim Storage2 (IS2), Penyimpanan Sementara Limbah Aktivitas Tinggi (PSLAT), Hote Tell, bersama dengan Plh. PTLR (Ir. R. Sumarbagiono, MT) dan pemandu PTLR. Rombongan langsung diberikan penjelasan oleh pemandu mengenai Fasilitas yang dikunjungi.