HUTRI72
PTKRN Full Team
Nodalisasi AP1000

Nodalisasi dengan RELAP untuk reaktor daya (AP1000)

(Makasar, 12/10/2017), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Universitas Hasanudin (UNHAS) bekerja sama menggelar dua kegiatan seminar sekaligus yaitu International Conference of Nuclear Energy Technology (ICoNET) dan Seminar Nasional Teknologi Energi Nuklir (SENTEN) di Kampus UNHAS, Makasar, Kamis (12/10). Kedua kegiatan ini membahas perkembangan teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia.

Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto menjelaskan, kedua seminar ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun diselenggarakan BATAN bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kali ini, SENTEN merupakan kegiatan yang ke-empat sedangkan ICoNET yang ke-2.

(Serpong, 28/09/2017), Rencana pembangunan Reaktor Daya Eksperimental (RDE) yang digagas sejak tahun 2013, kini telah mencapai babak baru dengan diluncurkannya dokumen Basic Engineering Design (BED) untuk RDE.  Dokumen BED ini disusun tim yang keseluruhan anggotanya adalah pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang memiliki keahlian di bidang High Temperature Gas Cooled Reactor (HTGR) . RDE ini merupakan reaktor nuklir yang digadang dapat menghasilkan listrik dengan kapasitas 10MWt atau setara dengan 3 Mwe dan diharapkan menjadi pembuktian bahwa bangsa Indonesia mampu membangun dan mengoperasikan reaktor nuklir dengan aman dan selamat.

(Serpong, 11/07/17, Agenda Kedeputian TEN untuk meningkatkan kemapuan komunikasi dan bahasa Inggris adalah Monthly English Forum. Acara ini rutin dilakukan tiap bulan pada minggu ke-2 hari Selasa dengan tempat bergantian di pusat-pusat di kedeputian TEN. Pada bulan Juli ini jadwal Monthly English Forum adalah di PTKRN, gedung 80 Puspiptek Serpong.

(Serpong, 27/05/17) Tim P2K3 dan Satgas K3 PTKRN, pada tanggal 26 Mei 2017, melaksanakan kegiatan rutin uji fungsi Hydrant, dengan tujuan agar kondisi Hydrant selalu keadaan baik, sehingga sewaktu-waktu siap digunakan. Hydrant adalah alat untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran dan api tidak dapat dipadamkan oleh Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Kegiatan uji hydrant ini diawali dengan briefing untuk koordinasi dan pembagian tugas kepada satgas K3

(Serpong,  24/05/17) Pada tanggal 24 Mei 2017, staf dari Bidang Pengembangan Fasilitas Keselamatan Reaktor (BPFKR), sebanyak 10 orang, mengikuti pelatihan sehari aplikasi LabVIEW. BPFKR telah membeli peralatan instrumentasi untuk akuisisi data dan program LabVIEW dari National Instruments (NI).