WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 14/12/2020) Menjelang akhir pelaksanaan kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan (litbangjirap), PTBBN melaksanakan Kaji Ulang Manajemen (KUM) Litbangjirap dan Keberlanjutan Rantai Pasok Bahan Bakar Nuklir Tahun 2020. pada tanggal 14 Desember 2020 diruang Uranium PTBBN. Acara ini dihadiri oleh Koordinator dan Sub Koordinator, Penanggungjawab Rincian Output, dan Unit Jaminan Mutu PTBBN, dengan narasumber Drs. Kadarusmanto, M.Eng dari PRSG-BATAN dan Zulfiyandi, A.Md dari PTLR-BATAN.

Kaji Ulang Manajemen ini dilakukan menyeluruh untuk semua kegiatan di PTBBN. Poin yang dikaji dalam KUM ini terkait perencanaan, hasil yang diperoleh, dan kesesuaian hasil dengan standar yg telah diterapkan. Selain ketiga poin tersebut, dalam acara ini juga dibahas terkait Progres Penyusunan Renstra PTBBN 2020-2024.

Agus Sumaryanto selaku Kepala PTBBN dalam sambutannya menyampaikan, “dalam Renstra ada tiga yang pokok berkaitan dengan bagaimana prototipe bahan bakar reaktor riset, bahan bakar reaktor daya dan nuklir forensik dibuatkan dokumen teknisnya, jadi kita mendetailkan dari kegiatan-kegiatan tersebut. Selain itu yg sudah kita buatkan dalam PK ataupun SKP, kalau ada anggarannya mau kita kembangkan foil target, sudah ada di Renstra tapi belum ada anggarannya,” ujar Agus.

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa PTBBN telah membuat usulan ke Deputi agar BATAN bisa memiliki semacam proposal yang dinamakan nuclear science technopark. Dimana dalam usulan tersebut akan dirancang bahwa produksi radioisotop akan dilakukan oleh BATAN, sehingga nantinya secara otomatis “core” kompetensi BATAN yang terkait dengan reaktor riset ini bisa terjaga kompetensinya.

Teknis pelaksanaan KUM ini yaitu penyampaian materi presentasi diawali dengan presentasi terkait Progress Renstra PTBBN 2020-2024, dilanjut dengan presentasi Dokumen Teknis Bahan Bakar Reaktor Riset dan Reaktor Daya Pendukung Renstra 2020-2024; Dokumen Teknis Nulir forensik; Dokumen  Keberlanjutan Rantai Pasok Bahan Bakar Nuklir; dan Dokumen Teknis Foil Target.

Selain penyampaian materi presentasi dari penanggungjawab kegiatan di PTBBN, dalam acara ini juga disampaikan materi presentasi dari narasumber pertama Drs. Kadarusmanto, M.Eng yang menyampaikan terkait Rencana Penyediaan Elemen Bakar Nuklir untuk Reaktor GA. Siwabessy, dan narasumber kedua Zulfiyandi, A.Md menyampaikan terkait Evaluasi Kaji Ulang Manajemen PTBBN dalam rangka WBK. Setelah penyampaian presentasi dari para pemateri, dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin langsung oleh Kepala PTBBN.

Diharapkan dengan dilaksanakannya KUM ini bisa mendongkrak penilaian WBK oleh KeMenpanRB, selain itu diharapkan pula agar Reformasi Birokrasi bisa merubah “mind set” capaian utama PTBBN yang sebelumnya berupa Dokumen Teknis ditingkatkan capaian utamanya menjadi berupa prototipe, dan hal ini sejalan dengan hasil dari Rakornas IPTEK terkait peningkatan atau perbaikan ekosistem didalam inovasi dan riset. (Sar)

Foto-foto Kegiatan: