WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 23/11/2020) Pada era digital saat ini, peralihan dari sistem manual menjadi sistem elektronik berkembang sangat pesat dan menjadi sebuah tuntutan yang wajib dilakukan oleh setiap institusi. Tujuan beralih dari sistem manual menjadi elektronik antara lain untuk mempercepat birokrasi dan mewujudkan e-government. Peralihan menjadi sistem elektronik akan meminimalisir terjadinya proses tatap muka dan transaksi menggunakan uang fisik antar pihak-pihak terkait. Hal ini sangat didukung oleh KPK khususnya bidang pencegahan korupsi dengan tujuan agar terhindar dari tindak Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Selain itu, untuk mendukung program pemerintah yaitu Go Green, manfaat menggunakan sistem elektronik adalah mengurangi penggunaan kertas sehingga meminimalisir penebangan pohon untuk bahan baku kertas, serta dengan adanya pandemi covid-19 penggunaan tanda tangan elektronik menjadi sangat dibutuhkan.

Berdasarkan kondisi tersebut, PTBBN menindaklanjutinya dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Digital Signature yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom pada tanggal 23 November 2020. Kegiatan ini diikuti oleh pegawai dari Bagian tata Usaha dengan narasumber Andri Sungkono, S.Kom, M.Kom dari PPIKSN BATAN.

Dalam kegiatan ini Andri menyampaikan aspek legal dari penggunaan tanda tangan elektronik ini sesuai PP Nomor 82 tahun 2012 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, pengenalan aplikasi digital signature BATAN, cara penggunaannya dan praktek penggunaannya. Dalam aplikasi tersebut terdapat dokumen yang tidak berpola dan dokumen berpola. Seluruh peserta dibekali keterampilan cara penggunaan tanda tangan elektronik di PTBBN sebagai admin di PTBBN. (Ifah)