Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Uji Radiometalurgi PTBBN-BATAN

Bidang Uji Radiometalurgi mempunyai tugas melaksanakan pengembangan teknik uji radiometalurgi .....

Selengkapnya...
Slide item 4

Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir PTBBN-BATAN

Bidang Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir mempunyai tugas melaksanakan pengembangan teknologi fabrikasi bahan bakar nuklir.....

Selengkapnya...

(Tangerang Selatan, 03/08/2017), Direktur Nuclear Fuel Cycle and Waste Technology (NEFW)-IAEA, Mr. Christophe Xerri didampingi oleh Dirgahary Tamara, S.Si, M.Si selaku Staf dari Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan kerjasama (BHHK)- Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)  melakukan kunjungan kerja ke Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN)-BATAN pada tanggal 03 Agustus 2017 diterima oleh Kepala Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir, Prof. Dr. Ridwan beserta jajarannya di ruang kerjanya. Prof. Dr. Ridwan menyampaikan  secara umum kegiatan yang ada di PTBBN terkait kegiatan pengembangan bahan bakar reaktor riset dan reaktor daya. Selain itu diskusi tentang perkembangan teknologi bahan bakar di dunia.

(Tangerang Selatan, 27/07/2017). Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir mempunyai dua fasilitas untuk menyelenggarakan fungsi pelaksanaan pengembangannya yang dalam pengoperasiannya memerlukan sistem VAC (Ventilation and Air Conditioning) yang merupakan peralatan vital untuk mengkondisikan udara di dalam instalasi dan menjaga tekanan udara di dalam gedung dan untuk menciptakan pola air udara di dalam ruangan agar udara mengalir dari ruang atau zone dengan potensi bahaya radiasi lebih rendah menuju ke ruang atau zone dengan potensi bahaya radiasi lebih tinggi, dan udara buang disaring dengan filter HEPA untuk dialirkan ke cerobong guna dibuang ke lingkungan dalam batas ambang keselamatan nuklir. Setiap kegiatan untuk penelitian bisa dilaksanakan apabila di dalam instalasi mempunyai sistem VAC yang beroperasi sesuai dengan persyaratan keselamatan nuklir.

Sebanyak 45 peserta terdiri dari pegawai PTBBN yang berada di bidang dan Unit, mengikuti Workshop Sistem VAC di Instalasi Nuklir guna menunjang Program kegiatan Bidang Pengembangan  Fasilitas Bakar Bakar Nuklir sebagai bagian  kegiatan Knowledge Sharing. Tujuannya untuk memperoleh tenaga terampil yang menguasai sistem VAC dan bertanggungjawab dalam pengoperasian dan pemeliharaan sistem VAC.

(Tangerang Selatan, 24/07/2017). Sebanyak 7 peserta terdiri dari teknisi Bidang Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir, Bidang Uji Radiometalurgi, dan Bidang Penunjang Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir-Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir, mengikuti selingkung Proses Pelasan TIG Guna Menunjang Program kegiatan Fabrikasi Bakar Bakar Nuklir sebagai bagian  kegiatan Knowledge Sharing  bagi pegawai yang akan memasuki masa purnabakti kepada pegawai yunior. Tujuannya untuk memperoleh tenaga terampil yang menguasai teknik pelasan yang meliputi penguasaan teknik pelasan, perawatan peralatan dan kendali kualitas hasil lasan sehingga dapat mendukung program pengembangan teknologi fabrikasi bahan bakar nuklir dan batang kendali reaktor TRIGA.

(Tangerang Selatan, 19/06/2017). Sebagai bentuk komitmen PTBBN terhadap keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan IRM (Instalasi Radiometalurgi) dan  dan IEBE (Instalasi Elemen Bakar Eksperimental) Kawasan Nuklir Serpong, Senin, 19 Juni 2017, para jajaran manajemen PTBBN mengadakan Safety Patrol menjelang libur panjang menyambut hari raya Idul Fitri 1438 H. Diharapkan pelaksanaan Safety Patrol ini mampu meningkatakan jaminan keselamatan, keamanan dan kesehatan kerja selama libur panjang dan tidak menimbulkan adanya potensi bahaya di daerah kerja yang tidak terkendali.

(Tangerang Selatan, 20/06/2017) Untuk meningkatkan soft kompetensi dalam kemampuan dan ketrampilan pegawai Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) telah di selenggarakan Workshop Penulisan reportase,  pada hari Senin tanggal 19 Juni 2017 bertempat di Ruang Rapat Uranium Gedung 20 IRM-PTBBN,  dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha Ir. Widiyanta yang mewakili Kepala PTBBN.

Dalam sambutannya Ir. Widiyanta mengatakan bahwa tujuan workshop ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan pegawai PTBBN dan utusan dari Satker dilingkungan Kawasan Nuklir Serpong . Maka PTBBN perlu menyelenggarakan Workshop Penulisan Reportase untuk dapat menciptakan Penulisan berita yang baik dan benar, sebagai modal utama bagi seorang penulis berita,  sehingga reportase yang ingin disampaikan benar-benar dapat ditangkap oleh para pembaca.