Slide item 1

BATAN Lakukan Akselerasi Pemanfaatan Bahan Galian Nuklir

BATAN melakukan akselerasi pemanfaatan dan pengelolaan bahan galian nuklir terutama mineral radioaktif, mudah-mudahan semua bisa memberikan hasil (outcomes). Sehingga apa yang kita teliti dan kembangkan tidak hanya berhenti di lab tapi juga kita hilirkan dan komersialisasikan,” ungkap Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawa, saat .....

Selengkapnya...
TPP_BGN
KKIP_BGN

Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN), BATAN telah mendatangkan alat analisis baru yang mampu mendeteksi dan menganalisis seluruh elemen dari Karbon (C) sampai Amerisium (Am) dengan resolusi tinggi dan preparasi sampel yang sangat mudah dan cepat. Alat tersebut adalah Micro-XRF M4 TORNADOPLUS AMICS, merupakan yang pertama ada di Indonesia. Alat ini merupakan alat micro-XRF yang pertama di dunia. Penambahan software AMICS yang dihubungkan dengan alat ini dapat meningkatkan kemampuan alat ini sampai pada analisis mineralogi batuan.

Dalam rangka memaksimalkan penggunaan alat Micro-XRF ini, maka PTBGN melaksanakan diskusi penggunaaan alat dengan mendatangkan 2 tenaga ahli Bruker, yaitu Mr. Andrew Menzies dari Bruker Germany dan Ms. Chew Moi dari Bruker Regional Asia.

Diskusi dilaksanakan di Laboratorium Micro-XRF Bidang Eksplorasi, PTBGN. Diskusi diisi dengan tanya jawab dan pemberian tips and trick cara penggunaan alat oleh tenaga ahli Bruker, baik untuk analisis point, multi-point, line, dan area pada sampel, serta pengolahan data dengan software M4 TORNADOPLUS. Diskusi dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai software AMICS dan pemberian tips and tricks cara pengolahan data yang didapat dari micro-XRF dengan menggunakan software AMICS. Hal yang tidak kalah pentingnya untuk didiskusikan yaitu terkait cara perawatan dan kalibrasi alat dengan menggunakan standard sampel yang sudah tersedia.

Kegiatan diskusi ini ditutup oleh Kepala PTBGN, Bapak Yarianto Sugeng Budi Susilo. Beliau mengucapkan terima kasih baik kepada tenaga ahli, peserta dan juga seluruh pihak terkait sehingga kegiatan diskusi ini dapat terselenggara dengan sangat baik, dan berharap dengan adanya diskusi ini, maka alat Micro-XRF dapat digunakan dengan maksimal dan dapat memberi banyak manfaat untuk PTBGN-BATAN. (fp)