Gedung STTN dan Fasilitas
Sertifikasi Mahasiswa STTN
Pembelajaran di STTN
Kerjasama
Wisuda dan Alumni
Pengabdian Masyarakat

(Yogyakarta, 23/11/21). Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) yang belum genap satu bulan diresmikan, telah menggelar kejuaraan robot dan esai tingkat Nasional pada tanggal 20-21 November 2021. Kejuaraan bertajuk Line Follower Competition, LIFOCO tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektronika Instrumentasi Poltek Nuklir BRIN. Kejuaraan ini mempertandingkan robot perunut garis atau robot line follower untuk kategori umum dan juga esai untuk kategori siswa SMA-sederajat.

LIFOCO merupakan perlombaan tahunan yang diselenggarakan secara rutin, dan tahun ini adalah penyelenggaraan pada tahun ke tujuh. Mengusung tema “Peran Pemuda dalam Transformasi Digital”, kegiatan ini dimaksudkan agar menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia untuk membangun bangsa di era transformasi digital yang sedang berlangsung saat ini. Untuk mendukung tema tersebut, maka tema acara ini dijadikan tema dalam perlombaan esai yang juga diadakan pada rangkaian perlombaan.

Selama ini LIFOCO diselenggarakan secara luring, namu pada tahun ini, untuk pertama kalinya LIFOCO diselenggarakan secara daring dengan menggunakan bantuan aplikasi video conference. Keputusan untuk menyelenggarakan kejuaraan ini secara daring disebabkan oleh adanya pandemi. Meskipun demikian, kejuaraan ini berhasil dilaksanakan dengan lancar dan tidak ada hambatan berarti.

Ilkham Kurniawan sebagai ketua panitia menjelaskan bahwa “LIFOCO merupakan acara tahunan Himpunan Mahasiswa Elektronika Instrumentasi Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia, dan kegiatan ini sudah dilaksanakan enam kali serta mempunyai track record yang cukup memuaskan,” ungkapnya. Gelaran rutin LIFOCO menjadikan ajang ini sebagai kejuaraan robot line follower yang dikenal dan banyak peminat, juga menciptakan kesan tersendiri bagi pecinta robotika di Indonesia, khususnya bagi pecinta line follower.

Sementara itu, Ismi Putri selaku koordinator acara menjelaskan bahwa, “Saat ini, kita telah masuk dalam era industri 4.0 yang termasuk dalam era transformasi digital. Acara ini diadakan untuk menginspirasi pemuda Indonesia, khususnya pelajar dan mahasiswa untuk mencapai Indonesia yang lebih baik,” ungkapnya.

LIFOCO pada tahun ini diselenggarakan selama dua hari. Pada hari pertama, dilaksanakan babak penyisihan untuk lomba robot line follower. Sebanyak 32 tim peserta dibagi atas dua grup dan diambil delapan peserta dengan waktu tercepat pada masing-masing grupnya. Selanjutnya, pada hari kedua dilaksanakan babak 16 besar hingga babak final dan presentasi untuk lima besar peserta lomba esai.

Pada kejuaraan ini, tim Wicom Grahatech yang merupakan perwakilan dari Universitas Indonesia berhasil menjadi yang tercepat dan menjadi juara satu pada lomba robot line follower, diikuti oleh tim Predator9 yang merupakan tim gabungan dan Universitas Negeri Yogyakarta - Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia, dan Irreguler dari SMAN 2 Surabaya sebagai juara ke dua dan tiga. Sedangkan pada lomba esai, Syafiq Maulana dari SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang berhasil mendapatkan nilai tertinggi dan meraih juara pertama disusul oleh duo SMAN 1 Badegan Ponorogo, yakni Niken Yulistia Rohma dan Tety Nur Bayti sebagai juara ke dua dan duo dari MAN 2 Model Medan, Muhammad Fariz Ardiansyah dan Zeny Arsya Fortilla sebagai juara ke tiga. (bp)