STTN BATAN
3 Program Studi STTN BATAN
Pembelajaran di STTN BATAN
Pengabdian kepada Masyarakat STTN BATAN
Wisuda Sarjana Sains Terapan STTN BATAN

(Yogyakarta, 8/5/2020). Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) menjadi salah satu dari 17 tim yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek / BRIN) melalui program Ideathon Innovation Covid-19 (Covid-19INA IDEAthon) dengan tema “Indonesia Gotong Royong Melindungi Bangsa dari COVID-19”. Adalah Ayu Jati Puspitasari, M. Si, dosen muda STTN dengan tim Mahasiswa yang terdiri dari Arya Nicosa dan Dian Bayu Prakarsa mengajukan proposalnya berjudul Sistem Pemantauan Tingkat Pernapasan & Saturasi Oksigen (SpO2) dan Sistem Kendali Regulator Oksigen Terintegrasi dengan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk Perawatan Pasien Covid-19.

(Yogyakarta, 28/4/20). Sebagai wujud kesiapsiagaan terhadap dampak pandemi Covid-19, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) terus berupaya memberikan dukungannya kepada pegawai maupun mahasiswa.  Dukungan tersebut diantaranya adalah menyediakan hand sanitizer di tempat-tempat strategis wilayah kampus, menyediakan sabun cuci tangan, pemasangan poster tentang cuci tangan dan pencegahan Covid-19, dan secara mandiri melaksanakan desinfektan di seluruh ruangan STTN. Selain itu, secara rutin setiap minggu memberikan kuesioner survei strategi survival pegawai dan juga mahasiswa STTN dalam periode darurat Covid-19 dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan lingkungan sekitar sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan bagi STTN secara periodik. “Survei tersebut bersifat wajib, sehingga diharapkan semua data kesehatan dan kondisi lingkungan sekitar pegawai dan mahasiswa STTN dapat terdokumentasi dengan baik,” jelas Halim Hamadi, M. Sc selaku anggota Tim Penerapan Budaya Keselamatan Kerja (TPBK2) STTN yang membantu dalam pelaksanaan survei. Diharapkan dari hasil survei tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil kebijakan STTN yang disesuaikan dengan kondisi hasil survei.

(Yogyakarta, 23/4/20). Pandemi penyakit COVID-19 akibat virus Corona yang terus meluas tidak menyurutkan semangat Unit Penelitian dan Pengabdian Masyakarat (UPPM), Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN - BATAN) Jepara untuk tetap berkarya. Dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 April 2020, unit yang berada di Ujungwatu, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini telah melaksanakan panen varian padi Inpari Sidenuk dan Mira 1 sebanyak 3 ton untuk setiap variannya. Ditanam pada lahan seluas 7.000 m2 untuk dua varian (masing – masing setengah lahan) sejak bulan Januari lalu, padi hasil litbang BATAN tersebut dalam waktu 4 bulan sudah bisa dipanen.

(Yogyakarta, 21/4/20). Raden Ajeng Kartini dikenang sebagai sosok yang memperjuangkan hak-hak perempuan di Indonesia. Oleh karenanya setiap tanggal 21 April yang merupakan hari lahir Kartini diperingati sebagai Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasanya. Kartini dikenal sebagai pahlawan emansipasi perempuan, sehingga menjadikan perempuan diakui kesetaraannya dengan laki-laki dan dapat berkiprah di berbagai bidang pekerjaan.

(Yogyakarta, 12/4/20). Pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) Genap 2019/2020 Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN) secara online mulai dilaksanakan pada hari Senin, 13 April 2020 sampai dengan tanggal 17 April 2020. Pelaksanaan ujian dilaksanakan secara online menyesuaikan dengan adanya kebijakan pemerintah terkait dengan pandemi covid-19, bahwa masyarakat diminta untuk dirumah saja. STTN - BATAN sejak tanggal 16 – 29 Maret 2020 juga telah membuat sebuah kebijakan untuk menghentikan seluruh kegiatan akademik dalam bentuk tatap muka langsung. Kebijakan tersebut diperpanjang sampai dengan tanggal 29 Mei 2020. Oleh karenanya, pelaksanaan ujian tetap dilaksanakan, meskipun tidak dilakukan dengan metode tatap muka, namun dilakukan secara online.