PZI dan WBK

Pembangunan Zona Integritas di PSTA

Pembangunan Zona Integritas di PSTA Jogja untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Menguji kemampuan masing-masing personel dalam melaksanakan tugas agar siap menghadapi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini diharapkan akan lahir sejumlah lesson learn yang berharga yang akan selalu bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini sangat penting dan strategis karena melibatkan sejumlah instansi terkait yang paling bertanggungjawab sekiranya terjadi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Meningkatkan kemampuan taktis semua komponen penanggulangan bencana di DI Yogyakarta dalam menjalankan operasi kedaruratan

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta adalah reaktor nuklir kedua milik Indonesia

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Selain untuk tugas akhir di perguruan tinggi, reaktor Kartini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Mineral strategis

Mineral strategis

Mineral strategis milik Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang mempunyai fungsi vital dalam industri teknologi tinggi, mulai dari memori komputer, hybrid car, magnet, sampai cat anti radar.

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam strategis yang memiliki potensi menjadi unggulan masa depan Indonesia

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang, Zirkon, Titanium merupakan unsur logam strategik untuk aplikasi teknologi maju dan teknologi nuklir

Slide item 11

Pemisahan Uranium dan Thorium dari monasit bisa dilakukan di PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Dekontaminasi oleh petugas proteksi radiasi untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman

(Yogyakarta, 12/08/2020).  Di masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak aktivitas yang dilakukan, harus memperhatikan protokol kesehatan. Termasuk pelantikan atau pengambilan sumpah jabatan fungsional terhadap 20 karyawan BATAN yang dilantik. Pelantikan secara daring melalui media elektronik/teleconference ini, dilakukan oleh Kepala BATAN Prof. Dr. Anhar R Antariksawan dari Kantor Pusat BATAN, Mampang Prapatan, Jakarta. (11/08/2020).

Dari 20 pejabat fungsional yang dilantik, tiga orang diantaranya adalah karyawati yang bekerja di Pusat Sains dan Teknologi Akselerator BATAN Yogyakarta. Masing-masing adalah Dr. Emy Mulyani, M.Sc. dilantik dalam jabatan Peneliti Ahli Muda, Dinda Ayu Sholicha, SE dalam jabatan Analis Pengelolaan Keuangan APBN, dan Drg. Retna Susi Purbawati dalam jabatan dokter gigi ahli madya.

(Yogyakarta, 30/07/2020) Pelayanan yang prima tidak hanya memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, namun juga dapat melampaui yang diinginkan pelanggan secara terkontrol dan berkesinambungan. “Jadi tidak lagi kepuasan pelanggan, tetapi loyalitas pelanggan,” tutur Eko Lestarinigsih selaku Petugas Layanan Informasi PSTA BATAN. Hal ini disampaikan saat acara Workshop Pelayanan Prima di kantor PSTA, jalan Babarsari Yogyakarta (30/07/2020)

Dijelaskan pula bahwa ada hal yang juga sangat penting yaitu bagaimana memaintain pelanggan.  Semua itu tak lepas dari usaha untuk memperbaiki Excellent performanceExcellent Service, Excellent Systems, Information quality.  Lebih lanjut Eko menambahkan bahwa pelanggan yang merasa puas, akan bercerita kepada 4 atau 5 orang. Sedangkan pelanggan yang tidak puas, kekecewaannya akan diceritakan kepada sekitar 8 sampai 10 orang.

Sementara itu Kepala Bagian Tata Usaha, Eko Yudho Pramono, ST dalam arahannya berharap bahwa nantinya jasa layanan yang ada di PSTA bisa diakses dengan mudah. "Seperti mengakses situs belanja online yang populer," kata Eko. Selanjutnya dikatakan Eko bahwa web aplikasi www.batanjogja.com yang telah ada, bisa terus dikembangkan untuk mempermudah cara pelayanan kepada pelanggan. "Pelanggan tidak kapok terhadap layanan yang diberikan PSTA," papar Eko menegaskan. Dalam kesempatan itu, Eko Yudho juga menyarankan kepada tim agen perubahan, untuk menata kembali tempat dan ruang, agar tata letaknya sesuai.

(Yogyakarta, 09/07/2020). Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Prof. Dr. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc., IPU memimpin langsung tugas inspeksi yang dilakukan lembaganya ke Pusat Sains dan Teknologi Akselerator BATAN di Yogyakarta (09/07/2020).

“Tantangan orang nuklir makin hari makin berat karena menyangkut aspek keselamatan dan keamanan nuklir. Ini menjadi tugas bersama antara inspektur (Bapeten, red) dan operator (BATAN) sehingga nuklir ini tetap aman,” kata Jazi diawal sambutannya.

Menghadapi era Covid-19 ini, Jazi merasa cocok dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang dilakukan reaktor Kartini di Yogyakarta. Kepala Bapeten ini bertanya kepada Direktur Inspeksi Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif, Ir. Zainal Arifin, MT, “Apakah bisa inspeksi ini dilakukan dengan cara pake Zoom, tanpa harus datang ke Jogja. Misalnya inspektur akan meminta untuk melakukan proses kerja seperti pengukuran dengan survey meter dan sebagainya,” demikian kata Jazi. Hal ini akan menghemat anggaran yang banyak sekali, ini perlu dievaluasi agar lebih bermanfaat. Jazi berkeyakinan bahwa BATAN dengan Bapeten adalah partner sehingga dengan melakukan itu, tidak akan menciderai kalangan orang-orang nuklir.

(Yogyakarta, 02/07/2020). “SDM unggul adalah  salah satu pilihan program prioritas negara Indonesia. BATAN juga ingin memberikan kontribusi dalam program prioritas tersebut, khususnya untuk membentuk SDM unggul di bidang nuklir.” Demikian hal itu disampaikan Prof. Dr. Anhar R Antatiksawan selaku Kepala BATAN, saat mengawali presentasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Penertiban Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) 30 Juni lalu melalui Zoom Meeting.

Lebih lanjut dikatakan Anhar bahwa dari waktu ke waktu sering ditemui ada perguruan tinggi yang ingin belajar ilmu nuklir, tapi terkendala pada keterbatasan fasilitas. Dalam hal ini BATAN menawarkan ke publik suatu aplikasi yang diberi nama Api Rela Membara.

“Inovasil pelayanan publik Api Rela Membara memungkinkan belajar reaktor nuklir baik teori maupun praktikum dari jarak jauh. Layanan ini juga bisa dimanfaatkan dari mancanegara,” papar Anhar. Melalui aplikasi ini BATAN berkomitmen menjaga semangat belajar anak bangsa tetap membara.

(Yogyakarta, 15;04/2020). Salah satu upaya mempercepat penanganan Covid-19 dalam menanggulangi penyebaran virus corona adalah melengkapi kebutuhan alat keselamatan kesehatan bagi tenaga medis dan masyarakat.

Bertambahnya kasus virus corona Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta membuat banyak orang tergerak hatinya untuk mengulurkan donasi. Demikian halnya dengan para pegawai BATAN Yogyakarta di jalan Babasari. Melalui group Whatsapp PSTA BATAN, sebagian besar pegawai mengusulkan kepada pimpinan untuk segera melakukan pemotongan gaji mereka secepatnya.

Dana yang terkumpul, oleh Pengurus KORPRI lembaga itu dibelikan peralatan bantuan medis seperti hazmat, face shield, dan masker. Peralatan medis itu diserahkan ke rumah sakit rujukan Covid-19 D.I Yogyakarta yaitu RS dr. Sardjito dan RSPAU dr. S. Hardjolukito. Sebelumnya, Maret 2020 lalu, PSTA juga menyerahkan peralatan APD ke RSUD Kota Yogyakarta.