PSTA Kawasan Berintegritas

PSTA Kawasan Berintegritas

Dukung kami untuk melakukan langkah nyata dalam komitmen mewujudkan WBK dan WBBM, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

PSTA Kawasan Berintegritas

PSTA Kawasan Berintegritas

Dukung kami untuk melakukan langkah nyata dalam komitmen mewujudkan WBK dan WBBM, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

PZI dan WBK

Pembangunan Zona Integritas di PSTA

Pembangunan Zona Integritas di PSTA Jogja untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Menguji kemampuan masing-masing personel dalam melaksanakan tugas agar siap menghadapi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini diharapkan akan lahir sejumlah lesson learn yang berharga yang akan selalu bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini sangat penting dan strategis karena melibatkan sejumlah instansi terkait yang paling bertanggungjawab sekiranya terjadi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Meningkatkan kemampuan taktis semua komponen penanggulangan bencana di DI Yogyakarta dalam menjalankan operasi kedaruratan

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta adalah reaktor nuklir kedua milik Indonesia

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Selain untuk tugas akhir di perguruan tinggi, reaktor Kartini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Mineral strategis

Mineral strategis

Mineral strategis milik Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang mempunyai fungsi vital dalam industri teknologi tinggi, mulai dari memori komputer, hybrid car, magnet, sampai cat anti radar.

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam strategis yang memiliki potensi menjadi unggulan masa depan Indonesia

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang, Zirkon, Titanium merupakan unsur logam strategik untuk aplikasi teknologi maju dan teknologi nuklir

Slide item 11

Pemisahan Uranium dan Thorium dari monasit bisa dilakukan di PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Dekontaminasi oleh petugas proteksi radiasi untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman

(Yogyakarta, 06/08/2021). Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN yang memiliki sarana dan prasarana fasilitas nuklir melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Universitas Pattimura Ambon. Kerja sama itu mengenai pendidikan, penelitian dan pengembangan pemanfaatan iptek nuklir. Dilakukan secara daring melalui ruangan Zoom di lokasi masing-masing. (05/08/2021).

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA Universitas Pattimura (Unpatti), Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd., M.Si. menyampaikan bahwa semua punya tanggung jawab bersama berkaitan dengan peningkatan kecerdasan dan kualitas pendidikan di Indonesia. “Saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kepada BATAN yang telah bisa merespon keinginan kami, berkaitan dengan peningkatan kualitas mahasiswa FMIPA Unpatti,” kata Pieter Kakisina.

(Yogyakarta, 30/7/2021). Reaktor Kartini yang berlokasi di Yogyakarta berkomitmen untuk menghasilkan sumber daya manusia profesional bidang fisika dengan bersinergi bersama perguruan tinggi. Melalui aplikasi Internet Reactor Laboratory (IRL), dapat dilakukan kerja sama dengan institusi perguruan tinggi dimanapun yang ingin memanfaatkan reaktor untuk memperkaya program akademik tanpa perlu memiliki reaktor di kampusnya.

Dalam upaya mensinergikan kemampuan Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM), telah ditandatangani perjanjian kerja sama tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Pemanfaatan Iptek Nuklir. Penandatanganan dilakukan secara daring di ruang Zoom (29/07/2021).

Dekan Fakultas MIPA UGM Yogyakarta, Prof. Dr. Triyono, SU merasa terkejut, dikatakan bahwa dari banyak perguruan tinggi yang ikut program IRL, ternyata belum satupun perguruan tinggi yang dari Yogyakarta. Karenanya dengan kerja sama ini akan “pecah telur” dengan perguruan tinggi di Yogyakarta yaitu dengan FMIPA UGM.

(Jakarta, 29/06/2021) Aplikasi Internet Reactor Laboratory (API RELA MEMBARA) menjadi salah satu inovasi karya Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) masuk dalam TOP99 pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). Capaian yang sama pernah diraih oleh API RELA MEMBARA pada tahun sebelumnya, dan kini diikutsertakan kembali dengan harapan masuk ke dalam TOP45.

Inovasi ini merupakan media pendidikan dan praktikum fisika reaktor secara daring dan realtime yang berbasis pada website, database, dan video conference. API RELA MEMBARA hadir untuk memenuhi tuntutan era industri 4.0, sekaligus sebagai sarana sosialisasi iptek nuklir kepada masyarakat melalui kunjungan virtual, serta bentuk kontribusi BATAN dalam pembangunan SDM unggul di era tatanan normal baru akibat pandemi.

Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan dalam presentasinya di hadapan para juri KIPP 2021 secara daring mengatakan, inovasi ini mampu mengubah metode pembelajaran dan praktikum yang selama ini dilaksanakan secara konvensional menjadi daring tanpa mengurangi kualitas pembelajaran. “Di tengah pandemi seperti sekarang ini, di mana kita membatasi aktivitas yang bertatap muka, maka dengan inovasi ini kita dapat melakukannya tanpa harus bertemu secara fisik,” ujar Anhar dihadapan para juri KIPP 2021 secara daring, Selasa (29/06).

(Yogyakarta, 01/06/2021) – Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN Yogyakarta bersama dengan Pusat Pengkajian Sistem dan Teknologi Pengawasan Instalasi dan Bahan Nuklir (P2STPIBN) Bapeten Jakarta melakukan acara penandatanganan kerja sama tentang Pendalaman Sistem dan Pengoperasian Reaktor Kartini dalam rangka Incident Reporting System for Research Reactors (IRSRR). di Kawasan Nuklir Yogyakarta, jalan Babarsari. (Kamis, 27/5/2021)

Plt. Kepala PSTA, Prof. Syarip dalam sambutannya mengatakan bahwa akhir-akhir ini banyak peminat pada pemanfaatan reaktor Kartini. “Ini menandakan bahwa makin tua usianya, reaktor nuklir Kartini makin banyak diminati, karena banyak hal teknis yang ingin diketahui,” demikian kata Syarip.

Dari kerja sama ini Syarip berharap akan membawa manfaat untuk kedua pihak. Utamanya bagi PSTA akan lebih giat lagi melakukan litbangnya, agar bisa melayani sesuai keinginan pelanggan.

Yogyakarta, 10/05/2021. - Sejak tahun 1979 di Yogyakarta telah beroperasi reaktor nuklir yang diberi nama reaktor Kartini. “Sejak itulah juga reaktor itu mulai banyak  memberikan kontribusi di bidang pendidikan,” demikian hal itu disampaikan oleh Rozik Himawan, M.Eng selaku Plh. Deputi BATAN bidang Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir, saat menyampaikan sambutan di acara Penandatanganan Kerja  Sama antara PSTA BATAN dengan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta. (07/05/2021)

Reaktor Kartini itu berada dikawasan nuklir Yogyakarta, tepatnya di Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN, jalan Babarsari, Yogyakarta. PSTA adalah salah satu unit kerja kerja BATAN yang mempunyai tugas pokok melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis, pelaksanaan, pembinaan dan bimbingan di bidang penelitian dan pengembangan fisika partikel, teknologi proses, dan pengelolaan reaktor riset.