HUTRI76
Slide_wbk
Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 10 September 2021). Dalam rangka keberlanjutan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan pencanangan Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Pusat Riset dan Teknologi Aplikasi Isotop dan Radiasi (PRTAIR), Organisasi Riset Tenaga Nuklir, Badan Riset dan Inovasi Nasional menyelenggarakan kegiatan “Sosialisasi dan Internalisasi Program Pembangunan Zona Integritas (PZI), Sosialisasi Benturan Kepentingan, dan Sosialisasi Budaya Layanan Prima” pada tanggal 10 September 2021. Acara diselenggarakan dengan menghadirkan Narasumber Dr. M. Farah Nurlidar, M.Si, Ketua Tim Kerja RB PRTAIR, Zulfiandi, A.Md, dan Pambudi Sunarsihanto, M.Sc., MBA, dengan  dimoderatori oleh Nana Supriatna, M.Si, Wahidin Teguh Sasongko, M.Sc dan Dr. Hendig Winarno, M.Sc  dan acara ini diikuti oleh 91 pegawai PAIR.

Dalam pembukaan dan arahan, Dr. Roziq Himawan, M.Eng, mengatakan bahwa seluruh pegawai PAIR pada bulan April 2021 telah berkomitmen untuk membangun Zona Integritas dan menargetkan untuk dapat meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), yaitu dengan dilaksanakannya salah satu kegiatan berupa “Sosialisasi dan Internalisasi Program Pembangunan Zona Integritas (PZI), Sosialisasi Benturan Kepentingan, dan Sosialisasi Budaya Layanan Prima”. Menurut Roziq Himawan, Program Reformasi Birokrasi (Reform) adalah suatu program pembaharuan, perbaikan maupun perubahan, dan perubahan itu pasti akan terjadi. Seperti saat ini telah terjadi perubahan yang dinamis terkait kelembagaan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dimana sejak tanggal 1 September 2021 BATAN telah terintegrasi ke dalam BRIN. Dengan terbentuknya BRIN, telah membuat perubahan pada Pusat Aplkasi Isotop dan Radiasi (PAIR), nomenklatur yang semula PAIR berubah menjadi Kantor Pusat Riset dan Teknologi Aplikasi Isotop dan Radiasi (PRTAIR). Dengan adanya perubahan ini Roziq Himawan meminta agar seluruh pegawai harus siap untuk menyongsong perubahan dan tambah semangat, khususnya dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan, dan dengan perubahan ini diharapakan seluruh pegawai PAIR harus siap untuk menyongsong perubahan tersebut. Sebelum mengakhiri sambutan, ucapan terima kasih disampaikan kepada para Narasumber, Moderator, seluruh pegawai dan khususnya kepada Tim RB yang sudah menyiapkan LKE, bukti-bukti dan persiapan untuk meraih predikat WBK. Narasumber pertama Farah Nurlidar, menyampaikan pemaparan tentang “Pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM” Menurut Farah Nurlidar, Pembangunan Zona Integritas adalah merupakan suatu kebutuhan seluruh unit kerja untuk menjawab indikator-indikator keberhasilan negara secara global, diantaranya tentang Ease of Doing Business (EODB) atau Corruption Perspection Index (PCI). Program Pembangunan Zona Integritas menuju WBK adalah membangun PRTAIR sebagai pelayanan percontohan dalam hal pemberantasan korupsi dan adanya peningkatan kualitas pelayanan publik. Narasumber kedua, Zulfiandi memaparkan tentang “Pengendalian Benturan Kepentingan”. Menurut Zulfiandi, benturan kepentingan merupakan suatu kondisi dimana pertimbangan pribadi mempengaruhi dan/atau dapat menyingkirkan profesionalitas seseorang dalam mengemban tugas pelaksanaan jabatan yang dapat berpengaruh dan berdampak pada pencapaian target/sasaran organisasi dan/atau pelaksanaan pelayanan publik Narasumber ketiga, Pambudi Sunarsihanto, menyampaikan materi tentang “Pelayanan Prima”. Pambudi Sunarsihanto menjelaskan bahwa Kepemimpinan merupakan sesuatu yang sederhana, dan harus dimulai dari memimpin diri sendiri, memimpin tim, dan memimpin  organisasi. Segitiga Bisnis dalam Pelayanan Prima adalah Motivasi Karyawan, Kepuasan Pelanggan dan Kesuksesan Jangka Panjang. Setelah pemaparan, acara dilanjutkan dengan diskusi. Peserta terlihat sangat antusias dengan berbagai pertanyaan kepada narasumber. (bamsu)