HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 7 Juli 2020), Kepala Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR)- Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Totti Tjiptosumirat dan Presiden Direktur PT Umega Maju Bersama , Daswir Lelo, sepakat mengadakan Kerja Sama yang ditandai dengan penandatangan naskah Kerja Sama (PKS), Selasa (7/7) bertempat di Ruang Madya-PAIR. Perjanjian Kerja Sama ini terkait tentang Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Uji Tak Rusak.

Acara ini dihadiri oleh   Sugeng Riyadi, selaku Komisaris dan  Unggul Payitno selaku Senior Advisor Engineer dari pihak PT. Umega Maju Bersama dan dari BATAN  dihadiri oleh Sigit Budi Santoso,  Sutrasno, Sugiharto dan Kepala Subbagian PKDI-PAIR (Bambang Sutarto) serta dari pihak Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama-BATAN diwakili oleh Dewi Koraag. 

Dalam sambutannya, Daswer Lelo selaku Presiden Direktur PT. Umega Maju Bersama menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan diterimanya PT. Umega Maju Bersama untuk bekerjasama dengan PAIR-BATAN. Beliau berharap semoga apa yang telah dihasilkan oleh PAIR-BATAN dapat dimanfaatkan masyarakat melalui kerja sama ini.

Totti Tjiptosumirat (Kepala PAIR-BATAN) sangat senang dengan adanya kerja sama ini. Totti mengatakan bahwa Indonesia melalui BATAN mendapat penghargaan oleh IAEA sebagai Collaborating Centre Research dan Development and Capacity Building in Nondestructive Dianostics, Testing and Inspection oleh IAEA.  Pada dasarnya IAEA Collaborating Centre ini bukan merupakan penghargaan semata, namun ada tantangan dengan diperolehnya dari penghargaan ini. Keberhasilan BATAN dalam hal ini PAIR merupakan amanah untuk mampu menyebarluaskan hasil penelitiannya untuk masyarakat. Dengan demikian maka bertambahlah tugas PAIR dalam penyebarluasan teknologi di bidang Uji Tak Rusak yang dikuasai. Oleh karena itu harus ada kapasitas dalam penyebarluasan teknologi tersebut untuk pemanfaatan masyarakat.

Totti juga berharap dengan adanya kerja sama ini, penyebaran teknologi aplikasi isotop dan radiasi terutama di bidang Uji Tak Rusak dapat bermanfaat buat masyarakat.

Di akhir kata Totti berharap pula image ketakutan masyarakat terhadap radiasi dapat berubah menjadi persahabatan. Totti mengibaratkan benda pisau yang kalau digunakan untuk mencelakai orang tentu kesannya menakutkan. Namun kalau digunakan ibu-ibu untuk memasak, tentu benda ini menjadi bermanfaat. (anari)