HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

BATAN telah mengembangkan pemuliaan tanaman gandum sebagai salah satu bahan pangan utama di dunia. Jika biasanya gandum tumbuh di kawasan beriklim dingin, maka BATAN berinovasi dengan gandum tropis dataran rendah. Benih gandum varietas lokal itu dinamai Ganesha-1 dengan potensi produksi mencapai 5,4-6,4 ton/ha. Ganesha-1 berasal dari induk WL-2265 yang diiradiasi sinar gamma dan memiliki ciri tinggi tanaman 72,9 cm dengan umur panen 132 hari. Tanaman ini memiliki kadar protein 15,6%, gluten 35,5% dan resisten penyakit karat. Selain itu adaptif ditanam di dataran tinggi, sekitar 1.000 meter dari muka laut.

BATAN juga kini sedang dalam proses menguji multilokasi galur mutan gandum unggul yang mampu ditanam di dataran menengah 500-800 meter di atas permukaan laut. Bahkan beberapa mutan gandum yang masih diriset mampu tumbuh di dataran rendah sehingga ke depannya diharapkan tak sulit lagi mengembangkan gandum tropis lokal dan diharapkan bisa mengurangi impor gandum nasional.