HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

Pemuliaan tanaman seperti padi sendiri dilakukan dengan cermat. Diperlukan waktu lima sampai enam tahun untuk mencapai varietas yang unggul. Varietas tanaman pangan dari BATAN kini telah dimanfaatkan oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Yang pasti, konsumen tidak perlu khawatir. Radiasi terhadap genetik tanaman tidak  mengakibatkan tanaman atau produk tanaman menjadi bersifat radioaktif. Semua hasil pemuliaan tanaman dengan radiasi aman dikonsumsi oleh manusia.

Tidak hanya itu. Tanaman padi hasil pemuliaan di BATAN tahan terhadap hama dan penyakit. Mulai dari wereng coklat sampai penyakit hama daun bakteri. Setiap varietas yang ditawarkan pun sudah mendapat Surat Keputusan Pelepasan dari Menteri Pertanian. Padi hasil pemuliaan BATAN juga dapat dipanen lebih cepat. Di Cianjur misalnya, jenis Pandan Putri sudah bisa dipanen dalam tiga bulan.

Padi yang dihasilkan BATAN terbukti sukses. Varietas padi Bestari misalnya, terpilih sebagai salah satu karya unggulan anak bangsa dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2013. Dilepas oleh Menteri Pertanian pada 2008, Bestari juga telah mendapatkan sertifikat hak perlindungan varietas tanaman pada Februari 2012.

Varietas Bestari berasal dari galur-galur mutan iradiasi padi varietas Cisantana dengan sinar gamma. Salah satu mutan yang paling unggul memiliki ciri produktivitasnya tinggi, berumur genjah, tekstur nasinya pulen, tahan hama wereng coklat dan tahan terhadap penyakit hawar daun. Setelah dilakukan uji multilokasi di 28 lokasi maka varietas Bestari dilepas oleh Menteri Pertanian pada tanggal 28 Juli 2008.