Menuju Wilayah Bebas Korupsi
Slide item 1

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam pelaksanaan kegiatan produksi radioisotop dan radiofarmaka

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam setiap kegiatan di PTRR

Selengkapnya....
Slide item 2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam pelaksanaan kegiatan produksi radioisotop dan radiofarmaka

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam setiap kegiatan di PTRR

Selengkapnya....
Slide item 3

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam pelaksanaan kegiatan produksi radioisotop dan radiofarmaka

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam setiap kegiatan di PTRR

Selengkapnya....
Slide item 4
Slide item 5

(Jakarta, 27/11/2020) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR) menerima penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Rabu (25/11). Penghargaan ini diberikan atas inovasi yang diberi nama Samarium untuk terapi paliatif kanker (SUNTIK), yakni sebuah produk radioisotop dan radiofarmaka yang dapat digunakan sebagai pereda nyeri pada penderita kanker yang sudah metastasis ke tulang.

Produk ini dinilai sangat efektif sebagai pereda nyeri menggantikan cara konvensional yakni dengan morfin. Dengan menggunakan inovasi SUNTIK ini, yakni pasien diberikan samarium, dapat mengurangi rasa nyeri hingga 80% selama 40 hari dan tidak memberikan efek ketagihan seperti pada pemberian morfin.

Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo mengatakan, peningkatan kualitas layanan publik yang dapat memenuhi harapan masyarakat merupakan keberhasilan dari reformasi birokrasi. Oleh kerena itulah, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mendorong seluruh badan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publiknya kepada masyarakat.

“Dorongan ini bertujuan untuk menciptakan partisipasi publik dalam meningkatkan kualitas layanan publik dan menumbuhkan informasi berbagai sektor pemerintahan yang salah satu strateginya dengan memberikan penghargaan,” ujar Tahjo Kumolo.

Dorongan lainnya menurut Tjahjo Kumolo adalah menumbuhkan inovasi pada sektor pemerintahan agar terjadi terobosan dan lompatan pelayanan yang menjadi harapan masyarakat. Salah satu strateginya adalah dengan memberikan penghargaan bagi kementerian, lembaga, dan pemda yang memiliki prestasi pada bidang inovasi serta pengaduan pelayanan publik.

Tjahjo Kumolo menambahkan, terdapat tiga penghargaan yang diberikan oleh Kemenpan RB kepada instansi pemerintah dan non pemerintah. Ketiga penghargaan tersebut adalah Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 dan 5 Outstanding Achievement of Public Service Innovations 2020, Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19; serta Top 15 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional 2020.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, penghargaan inovasi pelayanan publik harus menjadi model, dan dikembangkan melalui transfer pengetahuan. “Cara dan metode baru pelayanan publik harus terus dieksplorasi sesuai kebutuhan,” ungkap Wapres.

Wapres mengungkapkan apresiasinya kepada para peraih penghargaan. Menurutnya, pandemi Covid-19 justru menjadi pemicu untuk menciptakan inovasi dan mengelola pengaduan pelayanan publik yang optimal.

Untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan sesuai program Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), pemerintah Indonesia mencanangkan reformasi birokrasi dari hulu hingga ke hilir. Wapres mengungkapkan, ujung reformasi birokrasi adalah peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai harapan masyarakat, melalui birokrasi yang lincah dan cepat mengambil keputusan.

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian penyelenggara pelayanan, ungkap Wapres, yakni, pertama adalah optimalisasi sumber daya, anggaran, teknologi informasi, serta jejaring kerja yang mendukung inovasi. Kedua, yakni mendorong seluruh unit kerja untuk melahirkan terobosan dalam rangka penyederhanaan proses bisnis pelayanan publik.

Hal ketiga yang jadi perhatian adalah mendorong implementasi inovasi terbaik untuk dapat diadopsi dan diimplementasikan secara nasional. “Keempat, manfaatkan kanal informasi yang ada untuk diseminasi informasi pelayanan publik dan media partisipasi aktif masyarakat,” pungkas Wapres Ma’ruf Amin. (Pur)



Visitor Counter

 

Kontak PTRR

Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Gedung 11, Setu, Tangerang Selatan 15314

Telp: (021) 756-3141, 758-72031
Fax: (021) 756-3141

http//: www.batan.go.id
http//:www.batan.go.id/ptrr

Email : prr[at]batan.go.id