Menuju Wilayah Bebas Korupsi
Slide item 1

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam pelaksanaan kegiatan produksi radioisotop dan radiofarmaka

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam setiap kegiatan di PTRR

Selengkapnya....
Slide item 2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam pelaksanaan kegiatan produksi radioisotop dan radiofarmaka

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam setiap kegiatan di PTRR

Selengkapnya....
Slide item 3

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam pelaksanaan kegiatan produksi radioisotop dan radiofarmaka

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam setiap kegiatan di PTRR

Selengkapnya....
Slide item 4
Slide item 5

(Jakarta, 28/07/2020) Inovasi layanan Samarium Untuk Terapi Paliatif Kanker (Suntik) dari Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) masuk ke dalam Top 45 Inovasi Layanan Publik dalam kompetisi inovasi pelayanan publik (KIPP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri PAN RB Nomor 192 tahun 2020 tentang Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 dan 5 Pemenenag Outstanding Achievement of Public Service Inovation 2020, Kamis (23/07).

Suntik merupakan salah satu dari 4 inovasi yang diusulkan BATAN untuk mengikuti KIPP. Tiga inovasi lainnya adalah sistem informasi pelayanan iradiasi, produk radioisotop dan jasa analisis (SILARAS), aplikasi internet reactor laboratory sebagai media pembelajaran fisika reaktor (API RELA MEMBARA), dan Learning Innovation on Nuclear for Pusdiklat Ultimate Services (LIONPLUS).

Dari keempat inovasi layanan tersebut, ada 2 layanan yang masuk menjadi top 99 yakni inovasi Suntik dan Api Rela Membara. Tahapan penilaian dari Top 99 ke Top 45 dilakukan dengan presentasi oleh masing-masing pemilik inovasi di hadapan para juri independen.

Pengumuman top 45 inovasi layanan publik ini disampaikan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, melalui live streaming YouTube Kementerian PANRB, Senin, (27/07). Diah menekankan, meraih predikat Top 45 dan pemenang pada KIPP bukanlah tujuan akhir dari inovasi.

"KIPP hanya suatu sarana untuk menjaring, mendokumentasikan, dan mempromosikan inovasi, saling berbagi dan tukar pengetahuan, serta untuk memotivasi penyelenggaraan layanan publik.Teruslah berinovasi, karena tujuan kita berinovasi adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagai bagian dari reformasi birokrasi di Indonesia," ujar Diah.

Kepala PTRR, Rohadi Awaludin menyambut gembira atas masuknya Suntik ke dalam Top 45 inovasi layanan publik. "Kami PTRR sangat bergembira dengan dinyatakannya inovasi SUNTiK, Samarium untuk terapi paliatif kanker, masuk ke dalam Top-45 inovasi pelayanan publik KIPP 2020. Kami mengucapkan syukur Alhamdulillah dengan karunia ini," ujar Rohadi.

Rohadi menambahkan, sebagai peneliti dan pengembang teknologi tentu sangat berbahagia bahwa kerja kerja kami telah secara nyata memberikan manfaat bagi masyarakat dan mendapatkan apresiasi dari capaian tersebut. Apresiasi ini tentu akan meningkatkan semangat dan motivasi para SDM pelaksana inovasi ini.

Dengan masuknya Suntik ke dalam Top 45 ini, diharapkan makin banyak masyarakat yg mengenal radiofarmaka samarium-153 EDTMP yang sudah digunakan secara rutin di beberapa rumah sakit, termasuk klinisi di rumah sakit. "Dengan demikian pemanfaatan radiofarmaka samarium-153 EDTMP ini akan semakin meluas," tambahnya.

Selain itu, kepada para para pengelola rumah sakit, termasuk dari unsur pemerintah pusat dan daerah pengelola rumah sakit, Rohadi berharap pemanfaatan radiofarmaka semakin luas dan banyak rumah sakit yg membangun instalasi kedokteran nuklir guna memanfaatkan radiofarmaka ini dan pelayanan kedokteran nuklir lainnya.

"Kepada masyarakat diharapkan semakin memahami manfaat teknologi nuklir. Melalui inovasi ini semoga citra negatif teknologi nuklir dapat dikikis atau bahkan dapat hilang sama sekali. Bahkan semoga berubah menjadi citra positif, dengan demikian peluang pemanfaatan teknologi nuklir di masyarakat semakin besar," pungkasnya. (Pur)



Visitor Counter

 

Kontak PTRR

Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Gedung 11, Setu, Tangerang Selatan 15314

Telp: (021) 756-3141, 758-72031
Fax: (021) 756-3141

http//: www.batan.go.id
http//:www.batan.go.id/ptrr

Email : prr[at]batan.go.id