Menuju Wilayah Bebas Korupsi
Slide item 1

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam pelaksanaan kegiatan produksi radioisotop dan radiofarmaka

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam setiap kegiatan di PTRR

Selengkapnya....
Slide item 2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam pelaksanaan kegiatan produksi radioisotop dan radiofarmaka

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam setiap kegiatan di PTRR

Selengkapnya....
Slide item 3

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam pelaksanaan kegiatan produksi radioisotop dan radiofarmaka

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam setiap kegiatan di PTRR

Selengkapnya....
Slide item 4
Slide item 5

(TangSel 5/12/2019) Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR) melalui unit Jaminan Mutu (UJM) menyelenggarakan "Sosialisasi dan Internalisasi Zona Integritas". Tidak kurang dari 60 pegawai hadir dalam acara yang digagas oleh Unit Jaminan Mutu PTRR. Hadir kepala PTRR Dr. Rohadi Awaludin membuka acara tersebut. Materi sosialisasi disampaikan oleh kepala  Unit Jaminan Mutu PTRR Cecep Taufik Rustendi.

Sosialisasi dan Internalisasi Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi ini dilaksanakan sebagai persiapan PTRR menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2020.-AriefImam-

(Jakarta, 05/12/2019) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR) akan meningkatkan penguasaan teknologi produksi radioisotop dan radiofarmaka melalui kerja sama dengan Kaken, salah satu lembaga riset Jepang. Kerja sama ini diwujudkan dengan penandatanganan naskah kerja sama kedua belah pihak di Mito, Jepang, Selasa (03/12).

Kepala PTRR, Rohadi Awaludin mengatakan, Kaken adalah perusahaan Jepang yg bergerak di bidang riset dan komersialisasi hasil riset, khususnya riset riset kimia. "Kaken tersusun dari 2 huruf kanji ka yg berarti kimia dan ken yang berarti riset. Termasuk di dalamnya adalah riset di bidang radioisotop," ujar Rohadi melalui pesan tertulisnya.

Kerja sama antar kedua institusi ini terjalin, menurut Rohadi, berawal dari adanya kesamaan pandangan bahwa teknologi produksi radioisotop dan radiofarmaka terus berkembang dan pemanfaatannya terus mengalami peningkatan, termasuk di Jepang dan di Indonesia. Kaken dan BATAN memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang radioisotop dan radiofarmaka. Jika pengetahuan dan pengalaman tersebut disinergikan maka akan diperoleh hasil yang sangat menguntungkan kedua belah pihak, bahkan bukan hanya kedua institusi namun bisa lebih luas lagi yaitu bagi Indonesia dan Jepang.

TangSel 27/11/2019 Tidak kurang dari 15 peserta Rembuk Integritas Nasional ke-5 berkunjung ke fasilitas Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR). Kunjungan yang difasilitasi oleh Puspiptek (Pusat Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sebagai pengelola kawasan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Rembuk Integrasi Nasional ke-5 yang diselenggarakan di Puspiptek Serpong. Kegiatan Rembuk Integritas Nasional ke-5 merupakan kegiatan yang digagas oleh Pemerintah Kota Tangerang selatan dan  Pemerintah Provinsi Banten bekerjasama dengan Kolaborasi Integritas Nasional.

Sebagian besar peserta merupakan para pelaku litbang (penelitian dan pengembangan) dari berbagai daerah kabupaten/kota di Indonesia. Pada kesempatan itu, peserta diajak untuk menyaksikan video profil PTRR, melihat produk hasil litbang yang telah digunakan oleh masyarakat dan melihat fasilitas yang ada di PTRR. Mereka sangat antusias mengikuti kunjungan ini dan ini merupakan kali pertama mereka mengunjungi fasilitas nuklir.-Ariefimam-

(TangSel 26/11/2019) Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR)-BATAN bekerja sama dengan Tim Pemadam kebakaran Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) menggelar latihan pemadaman kebakaran. Kegiatan ini bukanlah kali pertama, melainkan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setahun sekali dengan peserta gabungan dari wakil bidang dan bagian. Selain bahaya radiasi, api atau kebakaran juga merupakan potensi yang sangat mungkin terjadi pada fasilitas instalasi nuklir. Oleh sebab itu, secara rutin PTRR bekerjasama dengan  tim pemadam kebakaran PPIKSN menggelar latihan pemadam kebakaran.

Tujuan pelatihan ini adalah melatih mental dan teknik seluruh pegawai untuk dapat mengenali potensi kebakaran, melakukan pemadaman api ringan, dan mitigasi bencana kebakaran. Latihan yang digelar di halaman gedung 11 Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR) diikuti oleh 40 peserta dan 2 instruktur dari unit pemadam kebakaran PPIKSN. Beberapa teknik yang diajarkan diantaranya, mengenali sumber api untuk pencegahan, memadamkan api dengan alat seadanya, teknik memadamkan api menggunakan Alat pemadam Api Ringan (APAR), menyelamatkan diri melewati lorong api, dan teknik pemadaman api menggunakan hydran. Latihan ini merupakan agenda rutin dan merupakan rangkaian dari latihan kedaruratan nuklir tingkat fasilitas yang telah digelar pada tanggal 31 Oktober sebelumnya.-AriefImam-

Daejeon, Korea Selatan 25/11/2019. Sebanyak 6 orang peneliti dari Pusat Teknologi Radioisotop dan Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR) saat ini sedang melaksanakan pelatihan  di Korea Atomic Energy Research Institute (KAERI) di Daejeon, Republik Korea. Pelatihan yang bertema “Training Course on Technology Mastery of Theranostic Radioisotopes and Radiopharmaceuticals Preparation for Cancer Application in Indonesia” ini merupakan Tailor Made Course yang didanai melalui Program Risetpro Non Gelar 2019 dari Kemenristekdikti.

PTRR merupakan salah satu Lembaga litbang di BATAN dengan tugas pokok dan fungsi mengembangkan radioisotop dan radiofarmaka serta aplikasi siklotron di Indonesia. Beberapa penelitian di PTRR-BATAN untuk aplikasi kanker masuk ke dalam program Prioritas Riset Nasional (PRN) tahun 2020-2024. Oleh karena itu, perlu dilakukan penguasaan dalam pembuatan radioisotop dan radiofarmaka untuk aplikasi kanker di Indonesia. Pelatihan ini dibuka oleh Ms. Shin-Ae Kim direktur Nuclear Training and Education Center (NTC)-KAERI, dan Mr. Woo-Geun Song perwakilan World Council on Isotopes (WCI). Pada hari pertama dilakukan pemaparan Indonesia country report dan kuliah. Selanjutnya dilakukan kunjungan ke Samyoung Unitech. Samyoung Unitech merupakan perusahaan farmasi di Daejeon yang memproduksi generator Mo-99/Tc-99m dan larutan dan kapsul radioisotop I-131. Selain itu Samyoung Unitech juga memproduksi mini hotcell dengan klasifikasi A, B, C dan siklotron (Kotron-13) kapasitas 13 MeV.

Direncanakan para peneliti PTRR akan melaksanakan pelatihan mulai tanggal 22 November s/d 9 Desember 2019. Materi pelatihan meliputi teori dan praktek teknologi produksi dan kendali kualitas radioisotop radiofarmaka, fasilitas reaktor dan siklotron, fasilitas produksi radiofarmaka terapetik berbasis Good Manufacturing Practise (GMP) serta kunjungan ke rumah sakit Seoul National University (SNU) dan Asan Medical Center yang menggunakan radioisotop dan radiofarmaka untuk aplikasi diagnostik dan terapetik. Para peneliti yang mengikuti pelatihan tersebut diharapkan dapat menguasai teknologi preparasi radioisotop dan radiofarmaka teranostik yang nantinya dapat diaplikasikan untuk tujuan diagnosis dan terapi kanker di Indonesia.-VeronikaYuli-


tes


Visitor Counter

 

Kontak PTRR

Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Gedung 11, Setu, Tangerang Selatan 15314

Telp: (021) 756-3141, 758-72031
Fax: (021) 756-3141

http//: www.batan.go.id
http//:www.batan.go.id/ptrr

Email : prr[at]batan.go.id