Slide Duka Cita Habibie
Slide item Anti Korupsi
Slide item 1 Gedung 71

Slide item 2 HUT PRFN

Slide item Anti Korupsi
Slide HUT RI
RPM Non Spektroskopi
Reno & Thyroid
Pembangunan Iradiator Gamma MP
Slide item Idul Fitri
Manajemen
Slide item 9

Slide item 10

Selasa (04/02) Mahasiswa Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan Kunjungan ke Kawasan Nuklir Serpong (KNS), dalam kunjungan ini Mahasiswa UGM melihat Fasilitas Nuklir yang berada di kawasan KNS.

Rombongan mahasiswa UGM diterima oleh Petugas Layanan Informasi (PLI) Batan di Auditorium Gedung 71, kemudian mahasiswa tersebut diputar film dokumenter Batan. Pada kunjungan kali ini rombongan mahasiswa farmasi UGM melihat hasil litbang Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN) dan fasilitas pembuatan Radioisotop dan Radiofarmaka di Pusat Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR).

Kemudian rombongan tersebut melihat hasil litbang PRFN di Ruang Pameran PRFN. Dalam ruangan pameran PRFN rombongan tersebut mendapatkan penjelasan tentang teknologi pemanfaatan radiasi nuklir yang dikembangkan oleh PRFN antara lain Bidang industri, lingkungan, dan khususnya bidang MEDIS oleh Petugas PLI PRFN yakni Faisal Prasetya dan Hari Nurcahyadi.

Dengan adanya kunjungan dari Mahasiswa Farmasi UGM diharapkan perkembangan teknologi alat kesehatan dalam hal pemanfaatan teknologi radiasi nuklir dapat berkembang pesat karena Profesi Farmasi merupakan ujung tombak dalam pembuatan radioisotop yang digunakan oleh alat kesehatan untuk diagnosa maupun terapi penyakit, ujar Hari Nurcahyadi.

(FPP)

Enam (6) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pusat Rekayasa Fasilias Nuklir (PRFN) mengikuti sumpah pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dilaksanakan di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta Selatan, Senen (03/02).

Bersama dengan CPNS dari satuan kerja lainnya yang berjumlah 172, berkumpul di Kawasan Nuklir Pasar Jumat untuk mengikuti sumpah pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dipimpin langsung oleh kepala batan, Anhar Riza Antariksawan.

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Anhar Riza Antariksawan merasa bangga bisa berkumpul dengan para milenial yakni para CPNS, ujarnya. Selain itu Anhar mengucapkan selamat datang dan bergabung dengan keluarga besar BATAN. Sebuah proses panjang dan sulit telah dilalui oleh para pegawai yang baru yakni ujian seleksi CPNS. “Kalian ini merupakan bagian kecil yang terseleksi dari sekian banyak pelamar di BATAN. Melalui tes yang sulit, akhirnya kalian mampu diterima menjadi CPNS dan hari ini resmi menjadi PNS untuk bekerja di BATAN,” tambahnya.

Pada acara tersebut Kepala Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN) menghadiri sumpah pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dan berfoto bersama dengan CPNS PRFN yang telah resmi menjadi PNS Batan.

(FPP)

(Foto : Biro kerja sama dan komunikasi publik kemenristek/brin dan biro pers sekretariat presiden)

Serpong-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengahadiri dan membuka secara resmi Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Kementrian Riset dan teknologi (Kemenristek)/badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tahun 2020 di Graha Widya Bhakti, Kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Kota Tangerang Selatan (30/1).

Dalam kesempatan kali ini batan mengikuti Rakornas dan Pameran Prioritas Riset Nasional yang diwakilkan oleh Sistem Pemantauan Radiasi untuk Keselematan dan Keamanan (Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir), Simulator PLTN (Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir), Pengembangan Radioisotop dan Radiofarmaka untuk Kanker (Pusat Radioisotop dan Radiofarmaka).

 Sistem pemantauan Radiasi untuk Keselamatan dan Keamanan (SPRKK) merupakan salah satu riset yang sedang berjalan di PRFN dan pada tahun ini masuk dalam Prioritas Riset Nasional (PRN), sistem ini akan dibangun meliputi Sistem informasi pemantauan radiasi skala nasional, prototip alat pengukur radiasi yang bersifat statis maupun mobile yang laik industri beserta kebijakan pendukungnya.  

SPRKK bertujuan untuk peningkatan dan jumlah sarana pencegahan peredaran benda berbahaya terhadap pelaku kelompok kriminal dan teroris, peningkatan kualitas dan sarana pemantauan lalu lintas zar radioaktif di fasilitas publik, serta peningkatan penanganan dalam hal emergency preparedness, ujar I Putu Susila.

(FPP)

Pada hari rabu, 15 januari 2020 di ruang Auditorium Gd. 71 dilaksanakan serah terima jabatan Eselon II dari Dr. Ir. Dhandhang  Purwadi, M.T Kepada Ir. Kristedjo Kurnianto, M.Sc yang ditandai oleh penandatanganan dokumen serah terima jabatan dan disaksikan oleh kepala Deputi Pendayagunaan Teknologi Nuklir (PTN) Batan, Dr. Hendig Winarno, M.Sc.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Ir. Kristedjo Kurnianto, M.Sc selaku kepala PRFN yang baru dan dihadiri oleh seluruh pejabat eselon III, Eselon IV, dan seluruh pegawai PRFN.  Kemudian dilanjutkan oleh sambutan deputi PTN Batan, yang menekankan bahwa tidak boleh ada perbedaan antara deputi, ES II, maupun staf lainnya sehingga proses keorganisasian batan berjalan dengan baik.

Setelah melakukan penandatangan dokumen serah terima jabatan, acara dilanjutkan dengan sosialisasi Cascade SKP 2020 yang disampaikan oleh Kepala Bagian Tata usaha, Rudy Halomoan, S.E. harapan setelah dilakukan sosialisasi SKP 2020 seluruh pegawai dapat membuat SKP sesuai aturan yang berlaku di Batan.

Acara ditutup oleh foto bersama  seluruh pegawai dengan Pejabat ES II dan Deputi PTN.    

(FPP)

(Bandung, 28/01/2019). Apa jadinya jika suatu negara melakukan uji coba senjata nuklir? Dampaknya bisa saja sampai ke negara lain. Mengantisipasi hal ini, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengembangkan suatu sistem yang bisa memantau adanya bahan radioaktif yang mengganggu keselamatan dan keamanan. Sistem ini akan terintegrasi, yang disebut dengan Sistem Pemantau Radiasi Lingkungan untuk Keselamatan dan Kemananan (SPRKK).

"SPRKK adalah suatu sistem terintegrasi yang pemanfaatannya untuk mendeteksi ada atau tidak bahan radioaktif baik dari lingkungan maupun yang masuk ke Indonesia yang bisa mengganggu keselamatan dan keamanan," jelas Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan, saat bertemu dengan media lokal Bandung, di Jalan Gandapura, Bandung, Selasa (28/01).

SPRKK, lanjutnya, salah satunya digunakan untuk mendeteksi radioaktivitas di udara dan tanah.