Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Oktober 2020 : 3,57

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Oktober 2020 : 13,92

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Oktober 2020 : 25

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong, 14 April 2015). Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) bersama PUSDIKLAT BATAN telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penyegaran Operator dan Supervisor Reaktor RSG-GAS. Kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan operator dan supervisor reaktor PRSG agar selalu mempunyai kemampuan dan ketrampilan yang handal dalam mengoperasikan reaktor dan sistem penunjangnya baik dalam kondisi normal maupun darurat sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku.

Seklain itu, pelatihan ini juga sebagai prasyarat untuk mendapatkan surat izin bekerja sebagai operator dan supervisor reaktor yang diterbitkan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN). Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 14 - 28 April 2015 di PRSG – BATAN dan dibuka secara resmi oleh Kepala PRSG Ir. Bambang Herutomo dan Ir. Fatmuanis Basuki, M.Si selaku perwakilan dari PUSDIKLAT BATAN. Pelatihan ini diikuti oleh 19 orang peserta yang terdiri dari berbagai bidang yang ada di PRSG dan lintas generasi. Oleh karena itu, selain tujuannya tersebut pelatihan ini juga diharapkan sebagai proses alih kemampuan dari operator dan supervisor reaktor senior ke operator baru yang ada di PRSG. Untuk mencapai sasaran yang diinginkan, para pengajar dan pembimbing praktikum dipilih sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Para pengajar dan pembimbing merupakan para pakar di PRSG, PTKRN dan BAPETEN. Metode dari pelatihan ini adalah lebih mengedepankan diskusi di dalam kelas agar tercipta sharing pengalaman antar setiap peserta pelatihan.







Visitor Counter

Flag Counter