Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Oktober 2020 : 3,57

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Oktober 2020 : 13,92

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Oktober 2020 : 25

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Jakarta, 27/10/2020) Energi nuklir merupakan suatu energi yang memiliki potensi besar untuk dapat dimanfaatkan dari berbagai bidang, mulai dari bidang energi, kesehatan, industri, dll. Instansi-instansi yang menggunakan ataupun memiliki kepentingan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pemanfaatan energi nuklir tidak hanya Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) saja, tetapi instansi pemerintah serta swasta lainnya juga memiliki peran dalam keberlangsungan pemanfaataan energi nuklir di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bahwa energi nuklir merupakan energi yang harus dijaga baik dari sisi keselamatan serta keamanannya, mulai dari sumber zat radioaktif yang berada di alam hingga sudah menjadi limbah (sudah tidak dapat dimanfaatkan kembali), hal ini diperlukan untuk menjamin keselamatan bagi masyarakat umum serta lingkungan. Salah satu cara untuk menjamin keselamayan tersebut ialah dilakukan pengawasan mulai dari perizinan, pengawasan terhadap pemanfaatan, dan penyimpanan limbahnya dari beberapa instasi pemerintahan dan swasta yang memanfaatkan energi nuklir dari setiap kegiatannya.

Untuk mengetahui fungsi pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir optimal, maka BAPETEN perlu menentukan indikator yang terukur sebagai gambaran mengenai status keselamatan dan keamanan fasilitas melalui Indeks Keselamatan dan Keamanan Nuklir (IKKN) yang diperoleh melalui Laporan Hasil Inspeksi (LHI) dan Laporan Keselamatan Fasilitas (LKF) serta partisipasi aktif dalam Perlindungan Pasien Radiologi melalui Sistem Informasi Data Dosis Pasien (Si-INTAN) dan implementasinya (red-BAPETEN).

Apresiasi kepada instansi yang patuh dan mengikuti prosedur BAPETEN antara lain penghargaan berupa “Anugerah BAPETEN” kepada sejumlah instansi, baik yang bergerak di bidang kesehatan, industri serta beberapa pimpinan Kepala Daerah. Anugerah BAPETEN 2020 dengan tema “Stategi Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Masa Pandemi Covid-19” yang diadakan hari ini (27/10) di Auditorium BAPETEN.

Dalam acara ini BATAN meraih 9 penghargaan, yaitu:

 

No

Unit Kerja BATAN

Kategori

1

Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG)

Aspek Safeguard Untuk Item Facility

2

Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG)

Aspek Proteksi Radiasi

3

Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG)

Penelitian / Kalibrasi

4

Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN)

Aspek Safeguard Untuk Bulk Facility

5

Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN)

Aspek Proteksi Fisik Untuk Golongan 2 Bahan Nuklir

6

Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT)

Aspek Proteksi Fisik Untuk Golongan 3 Bahan Nuklir

7

Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA)

Aspek Perawatan

8

Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT)

Lembaga Pelatihan

9

Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN)

Well Logging


Acara ini hanya dihadiri oleh perwakilan beberapa instansi pemerintah maupun swasta yang menerima penghargaan secara offline dan sisanya dilaksanakan secara daring. Perwakilan BATAN untuk menghadiri acara ini ialah Deputi Teknologi Energi Nuklir (TEN) BATAN, Ir. Suryantoro M.Si, serta beberapa eselon II unit kerja di BATAN yaitu PRSG, PUSDIKLAT, dan PTBGN.

Di akhir acara, Suryantoro selaku Deputi TEN BATAN menyampaikan “Kami mengucapkan selamat dan ikut bangga atas prestasi PRSG memperoleh tiga Penghargaan Anugerah BAPETEN 2020 yaitu; Instalasi dan Bahan Nuklir dalam kegiatan pengoperasian reaktor nondaya aspek proteksi radiasi; Bidang Keselamatan dan Keamanan Nuklir dalam bidang penelitian; dan Bidang Instalasi dan Bahan Nuklir kategori aspek safeguard untuk item Facility. Predikat yang sudah diraih untuk selalu dipertahankan dan ditingkatkan dalam rangka menjamin keselamatan dan keamanan PRSG sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Demikian dan terima kasih. Sukses Jaya PRSG!!!,  

Anugerah BAPETEN tahun ini merupakan pertama kali keikutsertaan PRSG dalam menerimanya, Alhamdulillah PRSG dapat meraih tiga penghargaan dari dua kategori yang berbeda, hal ini merupakan hasil jerih payah capain kinerja seluruh pegawai PRSG dalam menjalankan tugasnya dalam pengoperasian reaktor dan menjaga reaktor agar tetap aman dan selamat. Anugerah ini juga merupakan wujud nyata  kami dalam melaksanakan pelayanan publik yang sungguh-sungguh kepada stackholder dalam mewujudkan pelaksanaan zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), ujar Yusi Eko Yulianto selaku Kepala PRSG BATAN. (agiyo)







Visitor Counter

Flag Counter