Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Oktober 2020 : 3,57

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Oktober 2020 : 13,92

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Oktober 2020 : 25

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong, 12/10/2020) Pandemi Covid-19 telah merubah semua budaya atau kebiasaan yang biasa dilakukan oleh individu masyarakat dalam kegiatan sehari-hari, hal ini tak luput juga dengan agenda kegiatan dari setiap instansi perusahaan dan pemerintahan. Beberapa rencana kegiatan yang telah ditetapkan dari tahun sebelumnya, berubah menjadi tidak dapat dilaksanakan atau menerapkan konsep baru (New Normal) dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah disepakati bersama untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Kegiatan utama Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) ialah melakukan pengelolaan reaktor nuklir baik pengoperasian maupun pemeiharaan sistem reaktor agar reaktor dapat beroperasi dengan aman dan selamat. Kegiataan pengelolaan ini tidak dapat dihilangkan dalam pandemi covid-19, karena akan berdampak dengan ketersediaan jumlah radioistop dan radiofarmaka yang dibutuhkan oleh rumah sakit dalam usahanya menyelamatkan pasien. Dengan begitu pentingnya peranan PRSG BATAN, PRSG berupaya semaksimal mungkin tetap menjalankan tugas pokok dan fungsinya, dengan beberapa penambahan kebijakan yang ketat namun tidak mengurangi kehandalan pengelolaan reaktor nuklir.

Untuk menjamin kehandalan tersebut, dilakukanlah pemeriksaan (inspeksi) dari instansi independen yang memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai pegawas segalan kegiatan ketenaganukliran yaitu Badan Pengawas Tenaga Nuklir Nasional (BAPETEN). Inspeksi BAPETEN kal ini dilaksankan selama lima hari kerja (12/10 hingga 16/10) yang dilaksanakan oleh enam inspektur BAPETEN yaitu, Yanuar Wahyu Wibowo, Wiryono, Agus Dwi Purnomo, Arifin M. Wibowo, Winda Sarmita, dan M. Fuad Satria dengan menerapkan metode inspeksi yang baru yaitu sebagian besar kegiatan inspeksi dilakukan secara daring (kegiatan administrasi), dan sebagian lagi inspeksi lapangan dengan melibatkan hanya tiga dari enam orang personil dari BAPETEN yang bertugas dlam inspeksi kali ini  dan sebelumnya akan melakukan pemeriksaan rapid test terlebih dahulu sebagai syarat untuk melakukan pekerjaan di PRSG BATAN.

Dalam pembuaat inspeksi kali ini, Yusi Eko Yulianto selaku Kepala PRSG BATAN berharap dengan inspeksi model baru kali ini akan memberikan benefit di kedua belak pihak (PRSG BATAN dan BAPETEN), dan semoga PRSG BATAN dapat melayani BAPETEN terkait penyediaan data dukung inspeksi yang dibutuhkan BAPETEN, jika terdapat hal-hal yang belum match dapat didiskusikan lebih lanjut lagi, hal ini dikarenakan metode inspeksi kali ini baru pertama kali dilakukan oleh BAPETEN dan BATAN. Hal tersebut disambut baik oleh Yanuar selaku Kepala Inspektur BAPETEN.

Kegiatan Inspeksi kali ini melibatkan unit kerja tiga bidang teknis yang ada di PRSG yaitu Bidang Operasi Reaktor, Bidang Pemeliharaan Reaktor, dan Bidang Keselamatan Kerja dan Operasi serta Unit Jaminan Mutu PRSG. (agiyo)







Visitor Counter

Flag Counter