Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / September 2020 : 3,58

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Agustus 2020 : 13,71

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / September 2020 : 4

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong, 4/9/2020) Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy (RSG-GAS) yang berada di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) Serpong, Tangerang Selatan merupakan salah satu reaktor riset yang dimiliki oleh Indonesia dan dioperasikan oleh PRSG - BATAN. RSG-GAS telah beroperasi selama 33 tahun terhitung mulai diresmikan pada tanggal 20 Agustus 1987, dan sampai kini masih tetap beroperasi dengan aman dan handal. Pandemi COVID-19 yang tengah melanda dunia khususnya Negara Indonesia tentunya akan berdampak secara langsung dengan kegiatan rutinitas yang dilakukan setiap harinya. Maka dari itu peringatan acara HUT RSG-GAS secara live streaming menggunakan Zoom, Youtube, dan Instagram, diperingati pada (4/9). Selain itu di depan gedung PRSG juga berlangsung perayaan HUT dengan tetap  mematuhi protokol kesehatan. Walaupun diperingati secara daring, tetapi acara berlangsung secara meriah dan interaktif.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ir Yusi Eko Yulinato selaku Kepala PRSG BATAN, beliau mengungkapkan "Terimakasih atas kerja keras dari seluruh pegawai PRSG hingga dapat mengoperasikan reaktor sampai pada tahun ke 33 ini dengan selamat dan handal. Semoga generasi penurus dapat melanjutkan pengoperasian RSG GAS." Pada momentum kali ini digunakan untuk menjalin kerjasama antar bidang dengan diadakanya beberapa perlombaan untuk meningkatkan keharmonisan antar pegawai PRSG. Acara lomba HUT RSG-GAS yang telah diselenggarakan mulai dari tanggal (16/08) hingga (26/08) juga berlangsung meriah dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, perlombaannya meliputi Lomba Logo PRSG, Lomba Paduan Suara Virtual, Lomba Editing Video Padamu Negeri, dan Lomba Poster.

Plt. Direktur Utama INUKI (Industri Nuklir Indonesia) Dr. Saefuddin, ST, MM. serta Deputi Pendayagunaan Teknologi Nuklir (PTN) Dr. Hendig Winarno, M.Sc turut hadir secara langsung dalam perayaan HUT RSG ini. Acara kali ini juga sekaligus melepas pegawai purna bakti selama tahun 2020. Pegawai yang purna bakti sebelum waktunya (wafat) sebanyak 3 orang dan pegawai yang memasuki purnabakti sebanyak 4 orang. Acara ini juga menjadi momentum untuk mengumunmkan pegawai teladan Tahun 2019 yaitu Purwadi, S.ST (Bidang Operasi Reaktor), serta pegawai yang memiliki prestasi inovasi dalam pengelolaan reaktor RSG-GAS tahun 2020 dari setiap unit kerja (Bidang / Bagian / Unit) yaitu: Muhammad Ali (Bagian Tata Usaha), Irwan Ruskandar (Bidang Operasi Reaktor), Muhammad Taufiq (Bidang Pemeliharaan Reaktor), Anastasia Lilik (Bidang Keselamatan Kerja dan Operasi), Endang Sophian Sudrajat (Unit Pengamanan Nuklir, dan Agung Satriyo (Unit Jaminan Mutu). Sebagai hiburan, acara ini dihibur oleh group band internal PRSG-BATAN "The core" yang setia mengibur dari awal hingga akhir acara..

Prof. Dr. Ir. Anhar Riza Antariksawan selaku Kepala BATAN ikut bergabung dalam zoom meeting acara peringatan HUT RSG-GAS ke 33 mengungkapkan "Selamat HUT PRSG ke 33. Acara HUT daring ini baru pertama kali diselenggarakan di BATAN, semoga acara HUT PRSG secara daring ini dapat menjadi contoh untuk HUT BATAN nantinya." (Fami)






Visitor Counter

Flag Counter