Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / September 2020 : 3,58

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Agustus 2020 : 13,71

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / September 2020 : 4

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong 26/08/2020) Suatu instansi atau perusahaan baik milik pemerintah maupun swasta, memiliki cara untuk meningkatkan kualitas dirinya demi meningkatkan pelayanan yang prima untuk pelangganya. Peningkatan pelayanan tentunya akan terjadi jika kinerja seluruh bagian mulai dai administrasi manajemen hingga administrasi teknis telah sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga akan dapat di implementasikan kepada seluruh kegiatan proses yang ada untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Salah satu cara untuk memeriksa ketidaksesuaian dengan aturan yang berlaku, perlu diadakan pemeriksaan atau audit dari lembaga atau bagian memiliki tugas pokok dan fungsi untuk melakukan audit tersebut serta harus independen.

Pusat Reaktor Serba Guna BATAN sebagai salah satu instansi pemerintah di bidang peroperasian reaktor nuklir, mengutamakan keselamatan menjadi prioritas utama di setiap kegiatan yang dilakukannya. Untuk menjamin keselamatan dalam pengoperasian reaktor, dibutuhkan audit baik dari internal BATAN (Unit Jaminan Mutu PRSG dan Pusat Standarisasi dan Mutu Nuklir BATAN) maupun audit yang dilakukan oleh pihak eksternal BATAN (IAEA, BAPETEN, BPK, dan pihak lainnya). Audit tersebut dilakukan secara periodik dengan jangka waktu tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Pada tanggal 26/08 sampai dengan 28/08 PSMN BATAN melakukan audit internal kepada PRSG, Audit internal yang dilakukan oleh PSMN saat ini menitikberatkan terhadap Sistem Manajemen BATAN (SMB BATAN) yang mengacu kepada Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015, Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja BATAN (SMK3 BATAN) yang tertuang ke dalam OHSAS 18001, dan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) ISO 14001:2015. Dalam pembukaan audit, Kepala PRSG Yusi Eko Yulianto menyampaian pesan agar audit ini dapat membantu PRSG menjadi lebih baik, dalam penerapan SMB BATAN terutama.

Audit PSMN saat ini dilakukan dengan cara daring akibat pandemi Covid-19, namun tidak mengurangi kualitas pemeriksaannya terhadap PRSG. Personil auditor memiliki  kompetensi dibidang auditor. Auditor-auditor tersebut memeriksa mulai dari top management PRSG dan  seluruh bidang/bagian hingga sub bidang/bagian dan unit yang berada di lingkungan PRSG, sehingga penerapan SMB BATAN dapat dinilai hingga ke bagian pelaksana pekerjaan sehari-hari. Audit yang dilakukan tidak hanya dalam pemeriksaan dokumen saja, tetapi hingga pemeriksaan dilapangan mulai dari fisik bagunan, ruangan, serta APD yang dikenakan oleh para pekerja dalam melakukan kegiatannya. Dengan demikian keselamatan menjadi prioritas utama di setiap kegiatan tidak hanya sebagai jargon BATAN saja, namun diterapkan kepada seluruh unit kerja BATAN khususnya seluruh pegawai PRSG BATAN. (agiyo)

 






Visitor Counter

Flag Counter