Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / September 2020 : 3,58

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Agustus 2020 : 13,71

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / September 2020 : 4

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong, 19/08/2020) Berjalannya suatu Organisasi / Lembaga Negara / Badan Pemerintahan tidak terlepas dari keberadaan arsip yang merupakan alat bukti tertulis yang merekam informasi pada setiap kejadian organisasi itu berjalan. Oleh karena itu arsip sangat penting keberadaannya dalam pelaksanaan kegiatan organisasi. Arti pentingnya arsip, bukan menjadi alasan untuk menyimpan seluruh arsip yang dimiliki oleh suatu organisasi, namun organisasi hanya menyimpan arsip-arsip yang mempunyai nilai guna tinggi. Oleh karena itu, kegiatan penyusutan arsip merupakan salah satu unsur penting untuk menghindari adanya penumpukan arsip seiring dengan berjalannya suatu organisasi, yang menyebabkan bercampurnya arsip aktif yang masih memiliki nilai guna dengan arsip-arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna. Sehingga kebutuhan informasi yang cepat dan tepat dapat terlaksana dengan baik.

Pada ini (19/08) Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG-BATAN) melakukan kegiatan pemusnahan arsip untuk yang ketiga kalinya semenjak PRSG berdiri dan dilakukan secara simbolis melalui daring dan selanjutnya dilakukan pemusnahan dokumen yang sisanya dengan insenerator, Dalam acara pemusnahan tersebut, dihadiri oleh Yusi selaku kepala PRSG, Widiyanta selaku kepala Biro Umum (BU), serta Heru Umbara selaku kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerjasama (BHHK). Pemusnahan dilakukan terhadap arsip-arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna berdasarkan Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan sudah diverifikasi oleh BU maupun ANRI dan mendapat persetujuan secara tertulis melalui Surat Keputusan ANRI dan Surat Keputusan Kepala BATAN. Pemusnahan arsip dilakukan secara serempak di Kawasan Nuklir Serpong yang dikoordinir oleh BU selaku Unit Kearsipan I selaku pembina kearsipan di BATAN.

Arti pentingnya penyusutan arsip yang dilakukan secara berkala tiap tahun diharapkan dapat menunjang lancarnya kegiatan organisasi yaitu adanya ektra ruangan penyimpanan arsip aktif, mengurangi biaya perawatan, efesiensi penyimpanan dan penemuan kembali arsip serta pemenuhan kewajiban PRSG selaku penyelenggara kearsipan dalam Kementrian Lembaga di bawan naungan BATAN. (agiyo)






Visitor Counter

Flag Counter