Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / September 2020 : 3,58

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Agustus 2020 : 13,71

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / September 2020 : 4

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong 09/5/2020) Pengoperasian reaktor tetap berjalan seperti biasanya untuk memenuhi kebutuhan radioisotop dan berbagai penelitian. Operasi yang semula dijadwalkan sebanyak 30 kali berkurang menjadi 24 kali. Perubahan jadwal operasi ini tentunya dilatarbelakangi untuk mencegah dampak negatif covid-19 di lingkungan BATAN. Dalam pengoperasian reaktor Bahan Bakar merupakan komponen utama agar reaktor dapat tetap beroperasi. Maka dari itu, persediaan bahan bakar nuklir harus selalu mencukupi kebutuhan pengoperasiaan reaktor. Seperti yang telah kita ketahui bahwa PT INUKI merupakan satu-satunya perusahaan BUMN yang menyuplai Bahan Bakar Nuklir RSG GAS (Reaktor G.A Siwabessy). Dalam satu tahun RSG GAS dapat menerima bahan bakar nuklir dari PT Inuki kurang lebih sebanyak dua kali.

Pada 6 Mei 2020 kemari PRSG (Pusat Reaktor Serba Guna) yang diwakili Bidang Operasi Reaktor, Bidang Keselamatan Reaktor, Unit Pengamanan Nuklir, dan Unit Jaminan Mutu mengadakan witness bahan bakar nuklir ke PT Inuki. Witness bahan bakar ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan bahan bakar nuklir sebelum diterima di PRSG. Kegiatanya pemeriksaan diantaranya meliputi: cek fisik bahan bakar, uji usap (swap tes), uji tekanan bahan bakar,dan  mencocokaan nomor seri setiap plat dengan sertifikat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan bahan bakar pada saat pengoperasian reaktor, sehingga bahan bakar harus dipastikan benar-benar berkualitas dan steril dari partikulat apapun.

Setelah kegiataan witness selesai, semua bahan bakar telah dipastikan lolos uji, PT Inuki mengirimkan bahan bakar nuklir ke PRSG. Dalam pengirimanan Bahan Bakar Nuklir, walaupun jarak antara gedung PRSG dan PT Inuki dekat tetap harus dikawal oleh pihak dari Unit Pengaman Nuklir untuk menghindari kecelakaan pengangkutan dan sabotase ancaman bahaya nuklir. Bahan bakar yang diterima PRSG berjumlah 6, meliputi elemen bakar dan elemen kendali. Proses penerimaan bahan bakar nuklir berjalan lancar. Meskipun dalam kondisi pandemi covid-19 dan sedang berpuasa, para staff tetap memperhatikan protokol kesehatan dan bersemangat menjalani pekerjaannya, (Fami)






Visitor Counter

Flag Counter