Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Oktober 2020 : 3,57

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Oktober 2020 : 13,92

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Oktober 2020 : 25

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong, 21/02/2020) Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG-BATAN) kembali menyelenggarakan pelatihan selingkung analisis keselamatan Neutronik untuk yang ke lima kalinya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 19 Februari 2020 di ruang rapat lantai 2 PRSG BATAN. Selingkung analisis keselamatan Neutronik diikuti oleh 12 peserta dari bidang keselamatan operasi dan bidang operasi reaktor, dengan pengajar Tagor Malem Sembiring ahli Neutronik dari Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir (PKSEN-BATAN).

Dalam kegiatan ini para peserta melakukan percobaan menghitung reaktivitas batang kendali RSG GAS dengan beberapa permodelan seperti BATAN2Diff, BATAN3Diff, Monte Carlo dan Serpent 2. Dari beberapa permodelan perhitungan tersebut digunakan untuk membandingkan dengan hasil eksperimen pengukuran reaktivitas batang kendali yang ada dilapangan. Tujuannya untuk mendapatkan nilai eror yang lebih kecil antara perhitungan dan pengukuran, sehingga dapat memperbaiki perhitungan rekativitas batang kendali saat ini.

Dihari terakhir pelaksanaan kegiatan selingkung ini, para peserta melakukan persentasi dari hasil yang didapat selama kegaitan berlangsung. Diantaranya tentang investigasi perhitungan dan pengukuran reaktivitas batang kendali Reaktor RSG GAS, dan perbandingan power peaking factor, burn-up RSG GAS Core 87 menggunakan BATANFUEL dan SERPENT2. Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini supaya dapat diaplikasikan dalam perhitungan reaktivitas batang kendali untuk teras selanjutnya. (Fami)







Visitor Counter

Flag Counter