Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Oktober 2020 : 3,57

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Oktober 2020 : 13,92

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Oktober 2020 : 25

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong, 27/02/2020) Semenjak kejadian pertama kali ditemukannya sumber zat radioaktif (ZRA) di perumahan Batan Indah oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui satuan kerja Pusat Teknologi Libah Radioaktif (PTLR) telah mengambil tindakan untuk melakukan pencarian sumber ZRA dan melakukan clean up pada daerah yang terkontaminasi. Kegiatan clean up adalah upaya pembersihan suatu area yang telah terkontaminasi ZRA untuk dapat kembali lagi seperti sedia kala (paparan latar).

Untuk mendukung percepatan penyelesaian clean up tersebut, Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) BATAN turut serta membentuk tim kerja. Tim kerja PRSG-BATAN yang terdiri kurang lebih 10 orang yang dipimpin oleh Kepala PRSG Yusi mulai bergabung dengan tim yang sebelumnya (Satuan Kerja di BATAN, BAPETEN, NUBIKA, dll) kemarin minggu (16/02) sampai proses clean up dinyatakan selesai. Terkait penyebab hal tersebut, Kepala BATAN Anhar Riza Antariksawan menyatakan “BATAN mendukung penuh penyusutan terkait kasus tersebut, dan masih dalam penyelidikan oleh pihak-pihak yang berwewenang, kita tunggu saja hasil dari penyelidikannya tersebut. (Agiyo)







Visitor Counter

Flag Counter