Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Oktober 2020 : 3,57

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Oktober 2020 : 13,92

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Oktober 2020 : 25

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong, 28/01/2020) Rapat koordinasi dalam sebelum melakukan kegiatan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas pekerjaan tersebut, dan yang paling utama adalah meminimalisir suatu kesalahan yang diakibatkan dari tindakan manusia (human eror) sehingga dapat menekan timbulnya kecelakaan dalam suatu pekerjaan. Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) telah menerapkan budaya rapat koordinasi harian (daily meeting) di setiap pagi hari (pada hari kerja) sebelum melakukan kegiatan yang ada di PRSG-BATAN, Budaya ini merupakan warisan yang telah diciptakan sebelumnya oleh INTER ATOM (Jerman) yaitu perusahaan yang di tunjuk untuk membangun instalasi Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy.

Kegiatan daily meeting dilaksanakan mulai pukul 07:45 hingga paling lama pukul 09:00, dalam kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan unit kerja (staff) dan pejabat eselon IV, III, dan II yang berada dilingkungan PRSG-BATAN untuk menyampaikan kegiatan yang telah dilakukan di hari sebelumnya dan yang akan dilakukan pada hari ini, selain itu peserta dapat menyampaikan laporan ketidak sesuaian (LKS) yang ditemukan dilapangan agar dapat segera diselesaikan. Jika ada pelanggan atau tamu yang kebetulan hadir, tamu tersebut diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan kegiatan yang ingin dilakukan di PRSG.


Daily meeting kemarin (27/01) berbeda, untuk pertama kalinya di tahun 2020 kegiatan ini di hadiri oleh Kepala BATAN Anhar Riza Antariksawan. Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan beberapa rencana dan target BATAN kedepan diantaranya rencana pembuatan Mo-99 dalam bentuk pelet dan tidak lagi dalam bentuk serbuk, serta pembuatan Tc-99 dengan cara aktivasi dengan menggandeng Jepang sebagai negara yang telah melakukan teknologi tersebut, hal ini agar dapat meningkatkan hasil yang opitimal dalam kegiatan utilisasi reaktor G.A Siwabessy, selain itu beliau menyampaikan bahwa reaktor G.A Siwabessy dijadikan rujukan pembelajaran oleh negara lain yang ingin mendirikan reaktor riset dinegaranya, sehingga berikan yang terbaik yang mereka butuhkan. Hal ini terkait dengan kunjungan fellowship negara Bangladesh minggu depan ke PRSG-BATAN.


Terakhir, beliau menyampaian dua kata kunci yang menjadi utama di PRSG-BATAN yaitu safety dan utilization. Harapan beliau dua kata kunci tersebut dapat di resapi oleh seluruh pegawai PRSG-BATAN dalam melakukan setiap kegiatan sehingga PRSG-BATAN dapat menorehkan prestasi yang membanggakan baik di Indonesia maupun di dunia. (agiyo)







Visitor Counter

Flag Counter