Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Oktober 2020 : 3,57

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Oktober 2020 : 13,92

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Oktober 2020 : 25

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong, 24/01/2020) Peningkatan kinerja reaktor serba guna G.A Siwabessy merupakan suatu tantangan tersendiri yang dilakukan oleh Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) untuk melayani masyarakat indonesia dalam memanfaatkan ilmu ketenaganukliran khususnya yang dihasilkan oleh reaktor. Tantangan tersebut timbul karena umur sruktur sistem dan komponen (SSK) reaktor yang sudah mengalami penuaan (33 tahun semenjak diresmikan), sehingga dibutuhkan kajian dan revitalisasi SSK untuk dapat memperpanjang izin operasi reaktor G.A Siwabessy.

Dalam kurun waktu semester ke dua tahun 2019 silam, PRSG-BATAN melakukan berbagai macam revitalisasi SSK reaktor. SSk yang terpilih untuk dilakukan revitasliasi pada akhir tahun 2019 yang lalu merupakan hasil kajian yang mendalam sehingga diprioritaskan untuk dilakukan revitalisasi tahun 2019. SSK tersebut diantaranya adalah uninterruptible power supply (UPS) yang berlangsung mulai dari 1/11/2019 sampai dengan 31/12/2019, UPS memiliki fungsi sebagai pergantian supply daya tak terputus untuk keselamatan reaktor.

Pasca revitalisasi tersebut dan telah dilakukan ujifungsi hingga kemarin (23/1), PT. Guna Elektro sebagai pekerja yang melaksanakan revitalisasi tersebut melakukan evaluasi kinerja UPS sekaligus memberi pengarahan terhadap pengguna (PRSG-BATAN) terkait tindakan yang dapat dilakukan dalam pengoperasian maupun perawatan sistem tersebut, kegiatan ini dilaksanakan di ruang Siwabessy dan ruang UPS. Pembuakaan acara evaluasi tersebut di buka oleh Koes Indra Kusuma selaku penanggung jawab sistem UPS, beliau menyampaikan pentingnya UPS dalam menjaga keselamatan reaktor, sehingga dibutuhkan keahlian dalam menjaga UPS ini agar dapat bertahan lama dalam menjalankan tugasnya.

Dalam inti acara evaluasi tersebut, Anto selaku pembicara dari PT. Guna Elektro menyampaian seluruh pengalamannya dalam pengoperasian dan perawatan terkait sistem UPS tersebut, dalam kesempatan ini juga dilakukan ujicoba terhadap UPS dalam menghadapi supply listrik yang tiba-tiba padam, sehingga membuat UPS tersebut bekerja mensupply listrik sebelum listrik dari diesel mensupply. Hasil evaluasi revitalisasi UPS tersebut memperoleh keberhasilan dengan berkerjanya UPS sesuai dengan yang diinginkan. (Agiyo)







Visitor Counter

Flag Counter