Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Oktober 2020 : 3,57

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Oktober 2020 : 13,92

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Oktober 2020 : 25

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

( Serpong, 13/11/2019 } Peserta IAEA/RCA 5077 Regional Training Course berkunjung ke Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Serpong. Kunjungan tersebut dilakukan pada Rabu, 13 November 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta IAEA/RCA 5077 Regional Training Course.

Dalam kesempatan tersebut mereka diterima oleh Tim Pemandu PRSG yang terdiri atas Muhammad Imron, Camelia A.Md. dan Ngariatinah. Pengunjung mendapatkan informasi dari Tim Pemandu PRSG BATAN terkait Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) nuklir. Mereka juga memperoleh kesempatan untuk berkunjung ke Balai Operasi Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy yang letaknya di Gedung 30 Kawasan Nuklir Serpong.

Mereka mendapatkan penjelasan tentang utilisasi RSG-GAS, proses bisnis,  manajemen  inspeksi dan pengawasan serta sistem pelaporan  termasuk  Sistem Mutu, Budaya Keselamatan, Budaya Keamanan maupun Sistem Monitoring dan Evaluasi juga Pengawasan, serta Dampak Lingkungan di PRSG BATAN.

Saat penjelasan mengenai utilisasi RSG-GAS, para peserta training sangat antusias menyimak dan mengajukan pertanyaan. Muhammad Imron menjelaskan mengenai produksi radioisotop, iradiasi batu topas dan sebagainya. 

Perkembangan RSG-GAS, sarana prasana yang dimiliki serta fungsi dan manfaat pengoperasian RSG-GAS juga disampaikan pada mereka. Pengunjung tampak antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan. (brillia)







Visitor Counter

Flag Counter