Slide item 1

Pusat Reaktor Serbaguna (PRSG)

Dibangun untuk mendukung sarana penelitian dan pembuatan radioisotop

Slide item 2

Ruang Kendali Utama PRSG

Dalam ruang inilah sistem operasi reaktor dikendalikan

Slide item 3

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

Slide item 4

Teras Reaktor

(Serpong, 11/09/2017), “Gembira, meriah dan seruuu…” itulah gambaran suasana peringatan HUT ke 30 tahun Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG). Pegawai begitu antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir acara. Kegiatan HUT-PRSG yang di prakarsai oleh KORPRI Kelompok PRSG dilaksanakan pada hari Jum’at (8/9) di Lobby Kantor PRSG, Kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan.

Kegiatan diawali dengan fun walk dengan route Kawasan Puspiptek, peserta begitu menikmati karena pada saat fun walk peserta melakukan foto wefie sebagai salah satu kegiatan lomba, yang menjadikan suasana semakin terasa asyik, seru dan menyenangkan. Acara dilanjutkan dengan fun game yang tidak kalah seru, mengajarkan kita untuk senantiasa kerja team dan selalu kompak. Acara dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter 30 tahun RSG-GAS, penyerahan buku dengan judul Pelangi yang berisi kritik, saran dan harapan dari pegawai PRSG, dan acara sesi pertama diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala PRSG.

(Serpong, 10/09/2017), “Senyum Pelanggan Senyumku Juga” merupakan tema yang diusung oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dalam momentum hari pelanggan nasional yang jatuh pada tanggal 4 September. Tema itu dijadikan motivasi oleh Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) BATAN sebagai organisasi operasi Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy (RSG-GAS) untuk mengadakan acara temu pelanggan bertempat di Ruang Siwabessy PRSG Puspiptek Serpong,Tangerang Selatan pada Kamis (7/9). Acara temu pelanggan PRSG mengundang seluruh pengguna reaktor RSG-GAS baik dari instansi BATAN maupun dari luar instansi BATAN.

(Serpong, 10/09/2017), Peraturan Kepala BAPETEN Nomor 4 tahun 2011 tentang Sistem Pertanggungjawaban dan Pengendalian Bahan Bakar Nuklir,  memuat ketentuan tentang pelaksanaan Sistem Pertanggungjawaban dan Pengendalian Bahan Nukllir yang harus dipatuhi oleh operator fasilitas. Untuk itu maka pada (4/5) International Atomic Energy Agency (IAEA) yang didampingi oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) melakukan Inspeksi Pelaksanaan Sistem Pertanggungjawaban dan Pengendalian Bahan Bakar Nuklir (Safeguards) di Reaktor Nuklir Serpong.

Inspektur IAEA yang dipimpin oleh David Cole dan didampingi beberapa Inspektur BAPETEN melakukan Inspeksi Safeguards Bahan Nuklir di Fasilitas Nuklir Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy (RSG-GAS) yang diterima oleh Moch.Imron Kepala Subbid Akutansi Bahan Nuklir. Kegiatan inspeksi meliputi pemeriksaan kesiapan dokumen akuntansi bahan nuklir, pemeriksaan pembukuan bahan nuklir, verifikasi fisik dan perawatan DSOS dan ATPM milik IAEA.

(Serpong, 30/08/2017), Peraturan Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional Nomor: 177/KA/IX/2011 tentang Pedoman Pemeliharaan dan/atau Perawatan Sarana dan/atau Prasarana Pendukung Instalasi Nuklir bertujuan untuk memberikan acuan dan pemahaman yang sama dalam pelaksanaan kegiatan pemeliharaan dan/atau perawatan sarana dan/atau prasarana (sarpras) pendukung instalasi nuklir di BATAN sehingga dapat berlangsung efektif dan efisien. Karena hal itulah, kemarin (29/08) Biro Umum BATAN mengirim Tim yang bertugas melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelaksanaan kegiatan pemeliharaan dan/atau perawatan sarana dan/atau prasarana pendukung instalasi nuklir di Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG). Tim monev terdiri dari 3 personil Biro Umum dan 1 personil dari Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir, dengan Iwan Suwandi, A.Md. sebagai koordinator tim.