WBK

Penyimpangan? Awasi, Amati, Laporkan

Jangan tunda, Lapor jika anda mengetahui Korupsi, Gratifikasi, Fraud dan Pelanggaran Kode Etik. Laporkan ke inspektorat@batan.go.id

Portal SIMLIN

Sistem Informasi Manajemen Litbangyasa Iptek Nuklir, Layanan aplikasi Online untuk pegawai BATAN...

Selengkapnya...

Jurnal Atom Indonesia

WINNERS OF "ATOM INDONESIA BEST PAPER AWARD 2014"

ATOM INDONESIA is one of the most highly reputed scientific journals in Indonesia. It is an open access international peer - reviewed journal...

Selengkapnya...
gedung 90

Gedung Manajemen

Selengkapnya...

(Jakarta, 05/04/2020) Wabah virus corona di Indonesia hingga kini belum juga reda, setiap hari pasien positif terjangkit terus bertambah. Pemerintah terus berupaya menangani penyebaran virus corona, salah satunya dengan memutus rantai penyebarannya melalui social distancing.

Ditengah upaya penanganan virus corona, persediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis terus menipis, bahkan di beberapa daerah sempat mengalami kekurangan. Untuk itulah, para pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) khususnya di Kawasan Nuklir Serpong, memberikan bantuan berupa APD kepada para tenaga medis.

Bantuan ini merupakan wujud dari gerakan “Sisihkan Rp 100.000,- dari Gajimu Bulan Depan Untuk Penanganan Covid-19” yang viral di lingkungan instansi pemerintah. Melalui gerakan ini, dari seluruh pegawai BATAN di Kawasan Nuklir Serpong (KNS) terkumpul dana sebesar 150 juta rupiah.

(Tangsel, 16/02/2020), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), dan Polres Tangerang Selatan menggelar pertemuan dengan warga Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (15/02). Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang benar terkait adanya paparan radiasi yang melebihi ambang batas.

Kapolres Tangerang Selatan, Imam Setiawan, mengatakan pertemuan ini dijadikan sebagai upaya menyampaikan informasi yang sesungguhnya. "Dengan pertemuan ini dapat dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi dari warga masyarakat kepada BATAN dan BAPETEN," kata Imam.

(Jakarta, 25/09/2019) Gelaran sidang umum ke-63 Badan Tenaga Atom Internasional / International Atomic Energy Agency (IAEA) pada 16-20 September 2019 telah usai. Pada salah satu side event sidang umum tersebut, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menyampaikan status pelaksanaan budaya keamanan yang menjadi syarat mutlak setiap institusi yang mengoperasikan fasilitas nuklir.

Secara periodik, BATAN telah melakukan pengukuran terhadap pelaksanaan budaya keamanan sekali dalam dua tahun. Hal ini disampaikan oleh Pakar Kemanan Nuklir, Khairul pada side event sidang umum IAEA ke-63 di Vienna-Austria, Kamis (19/09).

“Status pelaksanaan budaya keamanan BATAN berdasarkan hasil penilaian mandiri berada pada score 5.25 (score 1-7), ini artinya masuk kategori baik,” ujar Khairul.

(Jakarta, 14/05/2019). Regenerasi Pemimpin Redaksi / Chief Editor jurnal ilmiah Atom Indonesia di lingkungan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) telah dilakukan dari Prof. Dr. Evvy Kartini kepada Dr. Julwan Hendry Purba yang disaksikan langsung oleh Plt. Kepala BATAN Bapak Ir. Falconi dan Deputi Kepala BATAN Bidang PTN Bapak Dr. Hendig Winarno. Serah terima dilanjutkan dengan rapat koordinasi jajaran tim redaksi Atom Indonesia di Serpong. Plt. Kepala BATAN Bapak Ir. Falconi dalam arahannya menjelaskan, regenerasi ini diharapkan dapat mempertahankan dan makin memperkuat posisi Atom Indonesia di kancah nasional maupun internasional, mengingat Atom Indonesia sudah menjadi ikon BATAN. Atom Indonesia merupakan suatu entitas yang sudah baik karena sudah mempunyai kelembagaan yang kuat serta system tata kelola yang baik. Kedepannya, Atom Indonesia harus dikelola dengan lebih baik untuk mencapai target-target baru sesuai fungsi jurnal sebagai sarana registrasi ilmiah, diseminasi ilmu, sertifikasi dan system record (dokumentasi ilmiah). 

(Jakarta, 28/03/2019) Badan Tenaga Nukilr Nasional (BATAN) kembali mengenalkan kegiatan penelitian, pengembangan dan pemanfaatan iptek nuklir kepada sivitas akademika Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di Gorontalo, Kamis (28/03). Kegiatan sosialisasi yang bertajuk “Pengenalan Sistem Informasi dan Jurnal Ilmiah Iptek Nuklir” dimanfaatkan sebagai sarana berbagi informasi dan diseminasi iptek nuklir serta pemanfaatannya di Indonesia.