PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

(Purwokerto, 22/11/2020) “Saya tantang BATAN untuk membuat Sidenuk yang lebih tinggi lagi hasilnya dan lebih pendek tanamannya”. hal itu disampaikan Ali Syahbadi petani Desa Pasir Wetan Banyumas saat memberikan testimoni padi Sidenuk pada kegiatan Promosi Aspirasi Hasil Litbang BATAN bidang pertanian kerjasama BATAN dan Komisi VII DPR-RI minggu lalu. Hal ini dijawab dengan Komitmen dari Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir (TEN) BATAN Suryantoro untuk terus meningkatkan aplikasi teknologi nuklir di bidang pertanian.

Bertempat di Balai Desa Kebocoran Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, kegiatan ini dihadiri Ketua Komisi VII DPR-RI, Sugeng Suparwoto, Bupati Banyumas Ahmad Husein, para petani dan dinas terkait. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan varietas unggul hasil penelitian dan pengembangan (litbang) BATAN yaitu varietas Sidenuk kepada para petani, penangkar serta para pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya, meningkatkan kemandirian daerah Banyumas dalam penyediaan benih unggul dan menciptakan kegiatan berkelanjutan di Kabupaten Banyumas.

Pada kesempatan ini BATAN menyerahkan benih Sidenuk sebanyak 500 kg dan paket demplot (demonstrasi plot) untuk total lahan seluas 22 hektar kepada 3 Kelompok Tani (KT) yaitu KT. Makarti Tani dan KT. Marga Tani dari Desa Kebocoran serta KT. Siluhur dari Desa Pasir Wetan. Bantuan diserahkan secara simbolik oleh Sugeng Suparwoto.

Dalam sambutannya, Sugeng berpesan kepada BATAN agar dalam memberikan bantuan berupa produk hasil litbang kepada masyarakat sebaiknya dilakukan pendampingan dari awal hingga akhir kegiatan, serta diperlukan adanya evaluasi kegiatan dalam meningkatkan mutu produk litbang. “Setelah diberi jangan langsung ditinggalkan, harus dengan pendampingan hingga tuntas” ujar Sugeng. Kegiatan tersebut juga merupakan ajang bagi Sugeng selaku anggota legislatif dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap kinerja lembaga-lembaga negara seperti BATAN.

Menjawab pesan Sugeng, Suryantoro pun berjanji akan mendampingi ketiga Kelompok Tani yang menanam benih Sidenuk di daerah Banyumas hingga tuntas sampai proses panen. Seperti yang disampaikan dalam sambutannya, “Kami komitmen untuk mendampingi petani hingga tuntas”, papar Suryantoro. Tidak hanya hasil litbang bidang pertanian saja, namun meliputi bidang lainnya juga yaitu kesehatan, industri, lingkungan, dan energi.

Kegiatan ini sangat direspon positif oleh pemkab Banyumas. Bupati Banyumas, Ahmad Husein, yang juga hadir dalam acara tersebut, berharap agar kegiatan penanaman Sidenuk ini dapat berhasil dan memperoleh hasil panen yang memuaskan para petani serta berlanjut secara kontinu.

Sementara itu Widarso, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas, juga memberikan testimoni yang positif terutama untuk varietas unggul BATAN yang lain yaitu Mugibat. Varietas tersebut sangat berkembang di daerah Banyumas dikarenakan lebih tahan rebah serta memiliki rasa yang sama pulen dengan Sidenuk. Ia berharap kerjasama yang terjalin antara BATAN dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas yang sudah 3 tahun berjalan akan terus berlanjut demi peningkatan kesejahteraan para petani di daerah Banyumas. (indri)