PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

(Tangerang Selatan, 06/02/2020). "Aku tadi paling suka main limbah nuklir pakai bola-bola, bolanya nggak boleh dipegang, harus pakai alat-alat, soalnya berbahaya!" cerita Selin, siswi kelas 3 Sekolah Dasar (SD) Erenos, Tangerang Selatan. Selin adalah 1 dari 280 siswa - siswi SD Erenos yang mengikuti permainan safety culture pada rangkaian kegiatan Nuclear Goes to School, yang diselenggarakan oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bekerja sama dengan SD Erenos, Kamis (06/02).

Lain halnya dengan Selin, Jhosan, siswa kelas 3 mengaku tertarik dengan pemanfaatan nuklir untuk energi. “Nuklir kan bisa buat energi listrik,”celotehnya.

NGS merupakan kegiatan edukasi nuklir yang ditujukan untuk memberikan pemahaman berimbang tentang nuklir, ditujukan bagi siswa dan guru. Dikemas dengan permainan interaktif, kegiatan ini dilakukan secara reguler setiap tahun oleh Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) BATAN yang dilaksanakan langsung di sekolah dengan jenjang yang beragam, mulai dari SD sampai SMA. NGS yang digelar di SD Erenos merupakan yang pertama kalinya, namun sebelumnya telah dilakukan kegiatan serupa di SMP Erenos.

Baca juga: Ada Nuklir di SMP Erenos Tangsel

Para siswa kelas 1 sampai 6 diajak bermain sambil belajar mengenai nuklir dan pengetahuan umum yang sesuai dengan tingkat pemahaman mereka melalui permainan interaktif yang menarik, diantaranya menanam padi, memindahkan bola-bola plastik yang diibaratkan seperti memindahkan limbah radioaktif dari reaktor ke pusat pengelolaan limbah radioaktif, dan mencari harta karun (sumber radiasi).

Kepala SD Erenos, Lusiana Sele, mengatakan, kegiatan ini bisa memancing kreativitas dan menambah pengetahuan mereka tentang nuklir sejak dini.

“Secara masyarakat awam, nuklir itu bom. Harapannya, anak-anak kami bisa mengetahui bahwa nuklir itu bisa juga dimanfaatkan, seperti menciptakan varietas padi lebih unggul, sehingga tumbuh kreativitas dan mereka memiliki cita-cita untuk mengembangkan diri lebih baik,” harap Sele.

 Bagi sekolah yang tertarik untuk bekerja sama dalam kegiatan NGS dapat menghubungi PDK BATAN melalui email:Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. (tnt).