PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

(Jakarta, 19/08/19). Sebanyak 23 orang rombongan mahasiswa jurusan Kimia, Universitas Pattimura, Ambon, berkunjung ke Kawasan Nuklir Pasar Jumat (19/08). Rombongan diterima oleh Kepala Sub Bidang Edukasi Publik, Pusat Diseminasi dan Kemitraan BATAN, Adipurwa Muslich. Nelson Gasper sebagai wakil ketua rombongan, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kunjungan ke BATAN adalah bagian dari rangkaian kegiatan kunjungan industri. “Kami ingin memperkuat kembali apa yang telah didapat di kelas dan selama melakukan riset. Kami berharap mahasiswa bisa menerapkannya pada saat mereka bekerja nanti”, tutur Nelson. 

Selain mendapatkan materi mengenai iptek nuklir di Pusat Diseminasi dan Kemitraan BATAN, rombongan juga berkunjung ke laboratorium Radiobiologi Molekuler dan Kelompok Riset Radioekologi Kelautan, Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi BATAN. Pada saat di Laboratorium Radiobiologi Molekuler, mahasiswa diberikan penjelasan mengenai kegiatan penelitian yang sedang dilakukan saat ini dan pembahasan tentang efek radiasi pengion pada sel manusia.  

Dalam kunjungan ke Kelompok Riset Radioekologi Kelautan, rombongan mahasiswa dijelaskan tentang Environmental Monitoring dan Radioekologi Kelautan. Selanjutnya di Laboratorium Radiometrik Gamma Spectrometer & LSC, dijelaskan pula mengenai teknik pengukuran radiasi pada sampel sedimen, biota laut, seaweed dan seawater. Pada Laboratorium of Chemical & Preparation, mahasiswa mendapat bimbingan tentang teknik preparasi sampel yang akan diuji. Penjelasan mengenai pengamatan biota laut yang diberi perlakuan dengan radionuklida, diterangkan di Laboratorium Ekosistem Laut. Disamping melakukan kunjungan ke Kawasan Nuklir Pasar Jumat, pada hari berikutnya rombongan mahasiswa jurusan Kimia, Universitas Pattimura, juga berkunjung ke Reaktor Serba Guna GA Siwabessy, Serpong, tanggal 20 Agustus 2019. (astu)