PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

(Jakarta, 08/08/2019) Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Anhar Riza Antariksawan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BATAN Agro Partner Club (BAPC) yang selama ini telah bermitra dengan BATAN dalam menyebarluaskan benih unggul hasil penelitian BATAN kepada masyarakat. Diharapkan di masa yang akan datang, BAPC mampu berjualan benih melalui toko online.

Hal ini disampaikannya pada acara temu mitra para produsen dan penangkar benih unggul hasil penelitian BATAN yang tergabung dalam BAPC. Temu mitra ini diselenggarakan oleh Pusat Diseminasi dan Kemitraan dengan mengusung tema Peran BAPC dalam Hilirisasi Produk BATAN, di Star Hotel Semarang, Kamis (08/08).

Anhar menambahkan, untuk rencana kedepan BATAN akan membantu untuk membuat website BAPC yang diproyeksikan menjadi toko online bagi anggota BAPC, sehingga petani dimanapun asal sudah memiliki akses internet dapat membeli benih unggul BATAN melalui website tersebut. “Tinggal mencari di google dengan kata kunci benih BATAN, langsung bisa masuk ke website BAPC, mau beli bisa langsung disitu dan petani dapat memilih penangkar didaerah terdekatnya,” ujar Anhar.

Menurutnya, dengan memanfaatkan teknologi informasi yakni melalui toko online diharapkan semakin banyak masyarakat yang berminat menjadi produsen dan penangkar benih BATAN di berbagai daerah. Selain itu, penyebarluasan benih BATAN semakin cepat dan semakin masyarakat  yang mengetahui produk litbang BATAN.

Temu mitra ini menjadi forum berbagi informasi dan ajang silahturahmi untuk memperkuat ikatan antara para produsen dan penangkar benih hasil penelitian BATAN, sekaligus menjadi ajang promosi bagi BATAN untuk memperkenalkan hasil penelitian terbarunya, khususnya di bidang pertanian berupa varietas padi dan kedelai. Saat ini mitra penangkar yang tergabung di dalam forum BAPC telah meluas, mulai dari Aceh, Lampung, Subang, Boyolali, Kebumen, Jepara, Banyuwangi hingga Gowa.

Forum yang terbentuk mulai dari tahun 2010 ini pada awalnya bertujuan sebagai media komunikasi antar para produsen dan penangkar benih dalam menyebarkan benih hasil penelitian BATAN kepada masyarakat. Saat ini berkembang menjadi sarana berbagi informasi atas kemajuan ataupun kendala yang dialami selama memanfaatkan benih hasil penelitian BATAN.

Menanggapi pernyataan Anhar, Ketua BAPC, Chairul Anamsyah merespon baik rencana pembuatan website, Anam menambahkan, alangkah baiknya bila nanti beras BATAN dapat dijual juga di minimarket sehingga masyarakat lebih mudah lagi mendapatkannya. “Teknisnya dapat berupa voucher yang dapat ditukarkan beras, harapannya BATAN dapat memulai pelaksanaan ide tersebut,” ujar Chairul.

Pada acara ini hadir pula beberapa anggota baru dari daerah Madiun dan Banten. Perwakilan dari CV. Prima Tani, Madiun, Endri Ernawati, menceritakan asal mula  bergabung ke dalam BAPC.

“Setahun yang lalu melalui teman, saya diperkenalkan kepada pak Anam, setelah komunikasi lebih lanjut pak Anam mengirimkan benih Sidenuk kepada saya, dan oleh kami di Madiun mulai menangkarkan benih Sidenuk sampai sekarang,” Kata Endri.

Endri menilai benih unggul yang dihasilkan BATAN sangat bagus dan tingkat produksinya tinggi, dan berharap bila BATAN memiliki produk produk baru hendaknya segera mensosialisasikan kepada penangkar sehingga bisa segera memperbanyak. (an)