Raker

Rapat Kerja BATAN merupakan agenda tahunan yang sangat penting.

Raker 2017

Rapat Kerja Merupakan Agenda Tahunan yang Sangat Penting

Slide item 3

Biro Perencanaan melakukan kegiatan Sosialisasi Laporan Kinerja Sestama/Deputi guna menghasilkan Lakin yang Berkualitas

(Serpong, 06/12/2018), “Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) harus terus berupaya untuk menambah “ teman , teman yang dapat diajak bermitra dan bekerja sama untuk mempromosikan dan menyebarkan manfaat nuklir lebih luas lagi”, ujar Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto ketika menyampaikan sambutannya pada pembukaan Pra Raker BATAN Kamis (06/12) di Serpong. Pra Raker dilaksanakan sehari setelah BATAN memperingati Hari Ulang Tahun ke 60 pada tanggal 5 Desember 2018.

Target Pra Raker adalah menetapkan kebijakan apa yang harus diterapkan di tahun yang akan datang dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah kita laksanakan. Tahun ini kita menambahkan anggaran khusus untuk promosi yang didapat dari pendapatan negara bukan pajak, tujuannya adalah untuk mempromosikan BATAN sehingga kita bisa melakukan promosi lebih luas lagi dan menambah mitra kerja .

Saat ini BATAN masih sendiri dalam mempromosikan teknologi nuklir dan ini seringkali menjadi kendala BATAN untuk mengembangkan dan memperluas jaringan agar manfaat dari teknologi nuklir bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan BATAN untuk memperluas sebaran manfaat nuklir antara salah satunya dengan melakukan penelitian bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Klaten untuk melakukan mutation breeding terhadap benih beras Rojo Lele, hasil dari penelitian ini dapat memotong siklus panen beras rojolele yang terkenal cukup lama yaitu sekitar 150 hari.

“Penelitian di BATAN saat ini masih ada yang tidak ada hubungannya dengan kebutuhan masyarakat, kedepan sebaiknya kita perhatikan terlebih dahulu demand-driven agar hasil dari penelitian tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk masyarakat” pesan Djarot.

Kepala Pusat Standarisasi dan Mutu Nuklir, Budi Santoso dalam pra raker menyerahkan sertifikat kepada Sekretaris Utama, Deputi dan Kepala Pusat yang berhasil mendapatkan sertifikasi manajemen dari PT. Sucofindo.  BATAN menerima 3 jenis sertifikasi, yaitu sertifikat ISO 9001:2015 yang merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu, OHSAS 18001:2007 yaitu sertifikasi standar internasional untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan ISO 14001 : 2015 yaitu sebuah spesifikasi internasional untuk sistem manajemen lingkungan (SML).

Pra raker kali ini menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. “Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, ini menjadi dasar untuk mewujudkan visi BATAN menjadi unggul di tingkat regional tujuannya hanya untuk membiasakan berbahasa inggris karena kita seringkali berinteraksi dengan mitra dari negara lain,” papar Djarot. Pra Raker yang berlangsung selama dua hari ditutup pada siang hari ini ditandai dengan penyerahan resume hasil pra raker secara simbolis oleh Kepala Biro Perencanaan kepada Kepala BATAN. (SET)