Raker

Rapat Kerja BATAN merupakan agenda tahunan yang sangat penting.

Raker 2017

Rapat Kerja Merupakan Agenda Tahunan yang Sangat Penting

Slide item 3

Biro Perencanaan melakukan kegiatan Sosialisasi Laporan Kinerja Sestama/Deputi guna menghasilkan Lakin yang Berkualitas

Sosialisasi Aplikasi E-Monev(Bogor, 10/04/2018) Biro Perencanaan bersama Bappenas mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis pelaporan PP Nomor 39 Menggunakan Aplikasi e-Monev Ver3.0 dari Bappenas sebagai bentuk pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja yang dilaksanakan BATAN kepada seluruh Ka.Bagian Tata Usaha dan Seluruh Penanggung Jawab Kegiatan yang ada di BATAN. 

Lilis Widyawati sebagai narasumber dari Bappenas menjelasakan, seiring dengan perumusan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2017 tentang Sinkronisasi Proses Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional (PP 17/2017), Bappenas bersama Kementerian Keuangan dan Kementerian PAN-RB berkolaborasi merumuskan suatu sistem Aplikasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (KRISNA) untuk mendukung proses perencanaan, penganggaran, serta pelaporan informasi kinerja. Perubahan paling mendasar dari kolaborasi ini adalah bahwa penyusunan Renja-K/L dilakukan hingga level komponen (dan lokasi). Pengendalian akan menjadi lebih baik jika diarahkan untuk mengendalikan komponen-komponen pembentuk output, sehingga output yang direncanakan dapat tercapai target/sasarannya.

Penyusunan rencana pembangunan diharapkan dapat mengakomodasi pendekatan tematik, holistik, integratif, dan spasial. Pendekatan ini dimaksudkan agar perencanaan relevan dengan permasalahan dan tujuan, terintegrasi dengan sektor lain, dilaksanakan secara menyeluruh, serta memperhitungkan keterkaitan antarruang. Hal yang sama dilakukan juga di tahap pemantauan, evaluasi dan pengendalian pembangunan, dengan harapan dapat meningkatkan efektifitas pembangunan dan ketercapaian sasaran-sasarannya. 

Pemantauan, evaluasi dan pengendalian pembangunan merupakan bagian tidak terpisahkan dari tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. pengendalian merupakan upaya untuk memastikan tercapainya sasaran pembangunan. Aplikasi e-Monev ver3.0 saat ini digunakan sebagai salah satu alat untuk pengumpulan data realisasi (pemantauan) pelaksanaan rencana pembangunan. Data hasil pemantauan ini digunakan sebagai bahan untuk melakukan pengendalian dan bahan bagi pelaksanaan evaluasi, baik evaluasi tahap pelaksanaan (on going), evaluasi hasil, -output-outcome (ex-post) maupun evaluasi pra-rencana (ex-ante). Kebutuhan akan data
secara sistematis akan sangat menentukan kualitas pengendalian dan hasil evaluasi.