Raker

Rapat Kerja BATAN merupakan agenda tahunan yang sangat penting.

Raker 2017

Rapat Kerja Merupakan Agenda Tahunan yang Sangat Penting

Slide item 3

Biro Perencanaan melakukan kegiatan Sosialisasi Laporan Kinerja Sestama/Deputi guna menghasilkan Lakin yang Berkualitas

(Jakarta, 27/03/2018), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggelar kegiatan sosialisasi dan diseminasi produk penellitian dan pengembangan (Litbang) teknologi nuklir di Agro Techno Park (ATP), Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, Sabtu (24/03). Pada kegiatan ini, BATAN menyerahkan benih padi Sidenuk kepada 200 petani.

Kabupaten Musi Rawas merupakan salah satu lokasi ATP yang dikelola BATAN sejak tahun 2015. Selain Musi Rawas, ATP lainnya yakni di Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Melalui ATP, BATAN mendesiminasikan produk litbannya berupa produk pertanian kepada masyarakat. Selain sebagai sarana diseminasi, ATP juga difungsikan sebagai tempat pembelajaran masyarakat tentang pertanian.

Deputi BATAN Bidang Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir, Efrizon Umar mengatakan, di bidang pertanian, BATAN telah menghasilkan berbagai varietas tanaman mulai dari padi, kedelai, kacang tanah, dan kapas. “Dua puluh tiga varietas padi unggul telah dihasilkan BATAN melalui penelitian dengan memanfaatkan teknologi nuklir. Di samping itu juga beberapa varietas kedelai yang kualitasnya tidak kalah dengan kedelai impor,” kata Efrizon.

Kegiatan sosialisasi dan diseminasi juga dihadiri anggota komisi VII DPR-RI, Nazarudin Kiemas. Dalam sambutannya, Nazarudin Kiemas menghimbau agar masyarakat tidak alergi dengan teknologi nuklir.

“Saya berharap agar masyarakat tidak alergi dengan nuklir, karena pada kenyataannya, masyarakat sudah akrab dengan nuklir yaitu dalam bentuk rontgen, MRI,” ujar Nazarudin.

Terkait dengan masih adanya ketakutan masyarakat terhadap penggunaan teknologi nuklir untuk kesejahteraan, Nazarudin mendorong BATAN agar terus melakukan sosialisasi dan melakukan inovasi serta terus meneliti demi peningkatan kesejahteraan rakyat. (Pur)