Raker

Rapat Kerja BATAN merupakan agenda tahunan yang sangat penting.

Raker 2017

Rapat Kerja Merupakan Agenda Tahunan yang Sangat Penting

Slide item 3

Biro Perencanaan melakukan kegiatan Sosialisasi Laporan Kinerja Sestama/Deputi guna menghasilkan Lakin yang Berkualitas

(Jakarta, 26/03/2018), Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Djarot Sulistio Wisnubroto menyerahkan benih padi Sidenuk hasil penelitian BATAN kepada 300 petani di Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara, Jumat (23/08). Penyerahan benih ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi BATAN dalam menganalkan hasil penelitian dan pengembangannya di bidang teknologi nuklir kepada masyarakat.

Kepala BATAN mengatakan, kegiatan penyerahan benih ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani. “Kota Padangsidempuan adalah sedikit kota di Indonesia yang masih berstatus sebagai lumbung padi, sehingga BATAN hadir di kota ini bertujuan ingin meningkatkan kesejahteraan petani dengan cara menawarkan penggunaan padi Sidenuk,” jelas Djarot.

Selain mempunyai produktivitas tinggi dengan masa panen yang lebih cepat, varietas Sidenuk mempunyai rasa pulen dan disukai banyak masyarakat di beberapa daerah. Potensi hasil varietas Sidenuk yakni 9,1 ton/Ha dengan rata-rata hasil panen 6,9 ton GKG*/Ha. (red : Gabah Kering Giling).

Menurut Djarot, kegiatan ini perlu dilakukan secara kontinu dan sangat memungkinkan dilakukan kerja sama. “Hasil penelitian dan pengembangan teknologi nuklir ini dibiayai oleh rakyat dan sudah selaknya dapat dinikmai masyarakat. Di masa mendatang sangat memungkinkan dilakukan kerja sama antara BATAN dengan Pemerintah Daerah, misalnya perbaikan sifat padi unggulan lokal dengan teknologi nuklir,” lanjutnya.

Dengan adanya kegiatan penyerahan benih ini, diharapkan penggunaan varietas padi hasil penelitian BATAN semakin masif di seluruh Indonesia. “Harapannya penggunaan padi BATAN semakin masif dan tidak hanya menggunakan pola Pendayagunnaan Hasil Litbang Iptek Nuklir (PHLIN) yang selama ini dilakukan BATAN, namun harus dilakukan perbaikan agar lebih mudah dan efisien seperti pada acara kali ini,” harapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Padangsidempuan, Zulfeddi Simamora dan Ketua Komisi 7 Dewan Perwakilan Rakyat, Gus Irawan Pasaribu. Menurut Gus Irawan, BATAN harus melakukan sosialisasi pemanfaatan iptek nuklir kepada masyarakat secara terus menerus, agar masyarakat lebih mengenal pemanfaatan teknologi nuklir untuk kesejahteraan.

“Sosialisasi iptek nuklir harus lebih dintensifkan, dan perlu melakukan riset beberapa varietas padi unggul lokal untuk dipendekkan usia masa panennya yang saat ini masih 6 bulan,” ujar Gus Irawan. (Pur)