Workshop Sekretaris Pimpinan

Workshop Sekretaris Pimpinan

Perubahan berkomunikasi dan peningkatan profesionalisme Sekretaris Pimpinan dalam menunjang tugas pimpinan

Penyelamatan Arsip BATAN

PENYELAMATAN ARSIP BATAN

BATAN telah menyerahkan arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Capaian Opini WTP

BATAN Capai Opini WTP 6X

Selama 6 tahun sejak 2009 BATAN mendapat penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK atas laporan pengelolaan keuangan yang telah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku

Sertifikasi Sistem Majemen K3

Sertifikasi Sistem Manajemen K3

Biro Umum telah menerima sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Penghargaan Kinerja Terbaik Kategori Anggaran Rendah

Penghargaan Kinerja Terbaik

Dengan keterbatasan anggaran yang ada, BATAN mampu menunjukkan kinerja terbaiknya. Ini dibuktikan dengan menerima penghargaan peringkat 1 Untuk Kinerja Lembaga pada kategori pagu rendah.

(Serpong, 22/09/2020). Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melantik 210 orang pejabat fungsional, dimana 148 orang diantaranya adalah pejabat fungsional dari proses penyetaraan pejabat struktural  Eselon 3 (Administrator) dan Eselon 4 (Pengawas). Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan menyampaikan bahwa pelantikan kali ini merupakan momentum penting bagi BATAN dalam menjalankan program pemerintah untuk melakukan perampingan birokrasi.

“Ini adalah titik baru bagi organisasi BATAN, dimana kita telah menjalankan program pemerintah, yaitu penghilangan jabatan Administrator dan Pengawas, Eselon 3 dan Eselon 4,” kata Anhar dalam sambutan Upacara Pelantikan Jabatan Fungsional, yang dilaksnakan di Auditorium Gd. 71 Kawasan Nuklir Serpong, Tangerang Selatan dan diikuti pula secara daring melalui konferensi video Zoom, Selasa (22/09).

Menurut Anhar, saat ini BATAN memasuki tantangan baru yaitu bagaimana pengurangan jabatan struktural Eselon 3 dan Eselon 4 bisa tetap menjaga kinerja organisasi seperti sebelumnya. “Bahkan diharapkan justru akan menjadi lebih baik, karena rantai birokrasi akan lebih sederhana,” ucapnya. “Dan ini yang sebetulnya diinginkan dari program pemerintah ini,” lanjut Anhar.

Oleh karena itu Anhar menegaskan kepada para pejabat fungsional yang baru dilantik yang sebelumnya menjabat sebagai Eselon 3 dan Eselon 4, bahwa sampai akhir tahun 2020 masih diberikan tugas sebagai koordinator dan sub koordinator yang memegang tanggung jawab sebagaimana pejabat Eselon 3 dan Eselon 4. “Selanjutnya akan kita lihat kembali bagaimana pengaturan organisasi selanjutnya,” ujarnya.

Selain itu Anhar berharap kepada para pejabat fungsional yang baru dilantik, baik yang diangkat melalui penyetaraan, pengangkatan pertama, pengaktifan kembali, inpassing maupun promosi agar bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi organisasi, bagi masyarakat, bagi bangsa dan negara. “Apa yang hari ini kita lakukan dalam jabatan baru yang saudara-saudara emban, bisa memberikan manfaat, karena sebaik-baik manusia adalah yang bisa bermanfaat bagi orang lain,” tuturnya.

Anhar mengingatkan kepada para pejabat yang baru dilantik, untuk senantiasa mengingat sumpah jabatan yang telah diucapkan dihadapan Tuhan Yang Maha Kuasa, yang akan dituntut pertanggungjawabannya di hari akhir nanti. “Intinya kita harus selalu menjaga integritas, melaksanakan tugas kita sebaik-baiknya, dan penuh tanggungjawab,” pungkasnya.  

Berikut nama jabatan fungsional dan jumlah pejabat yang baru dilantik:

No.

Nama Jabatan Fungsional

Jumlah Pejabat yang Dilantik

1.

Pranata Nuklir

106

2.

Peneliti

18

3.

Perekayasa

2

4.

Pranata Humas

12

5.

Analis Kepegawaian

8

6.

Perencana

2

7.

Dosen

2

8.

PPBJ

13

9.

Pranata Komputer

12

10.

Dokter

2

11.

Analis Keuangan APBN

25

12.

Pengembang Teknologi Pembelajaran

3

13.

Analis Standardisasi

1

14.

Pengawas Radiasi

2

15.

Pustakawan

1

16.

Widyaiswara

1

(my).