Workshop Sekretaris Pimpinan

Workshop Sekretaris Pimpinan

Perubahan berkomunikasi dan peningkatan profesionalisme Sekretaris Pimpinan dalam menunjang tugas pimpinan

Penyelamatan Arsip BATAN

PENYELAMATAN ARSIP BATAN

BATAN telah menyerahkan arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Capaian Opini WTP

BATAN Capai Opini WTP 6X

Selama 6 tahun sejak 2009 BATAN mendapat penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK atas laporan pengelolaan keuangan yang telah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku

Sertifikasi Sistem Majemen K3

Sertifikasi Sistem Manajemen K3

Biro Umum telah menerima sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Worksho Sekretaris Pimpinan 2016

Workshop Sekretaris Pimpinan 2016

Untuk meningkatkan kemampuan para sekretaris pimpinan dalam memberikan pelayanan kepada para pimpnan, maka digelar workshop Sekretaris Pimpinan 2016.

(Jakarta, 21 November 2016) Biro Umum pada tanggal 21 November 2016 melaksanakan pengisian kuesioner penilaian diri budaya keselamatan yang dihadiri ± 73 pegawai Biro Umum. Yang terdiri dari : Pejabat Eselon II = 1 0rang; Pejabat Eselon III dan IV = 13 orang dan staff/individu =  59 orang.  Penilaian diri budaya keselamatan bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang menimbulkan pelemahan dan penguatan dalam penerapan budaya keselamatan untuk mendapatkan umpan balik dan menentukan tindakan perbaikan dan pencegahan dalam rangka pengembangan budaya keselamatan secara berkelanjutan.

(Jakarta, 06/11/2016) Arsip merupakan bagian penting dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, karena pentingnya arsip tersebut, masyarakat harus memahami cara mengelola arsip yang baik. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) merupakan lembaga negera yang melakukan pengelolaan arsip secara nasional memberikan apresiasi kepada para lembaga pemerintah yang melakukan pengelolaan arsip dengan baik pada acara ANRI award tahun 2016, di Hotel Grandika Iskandarsyah, Kebayoran, Jakarta, Kamis (03/11).

Cipanas, 25-26 Oktober 2016 – Unit layanan Pengadaan - Biro Umum mengadakan kegiatan kaji ulang Rencana Umum Pengadaan (RUP). Agenda Kaji ulang dibuka oleh Sekretaris Utama Ir. Falconi Margono tersebut dimulai Pukul 09.00 WIB di Ruang A Cipanas, dan dihadiri oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) satker di BATAN.

Kegiatan Kaji Ulang RUP adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan di dalam tahapan persiapan pemilihan penyedia barang/ jasa sesuai yang diamanatkan  perpres nomor 54 tahun 2010 dan Perka LKPP nomor 14 Tahun 2012.

Bogor Jawa Barat tanggal 10 Oktober 2016 telah dilaksanakan verifikasi arsip statis BATAN oleh ANRI yang dihadiri  Kepala Subbagian PKDI dan arsiparis unit kerja yang menyerahkan arsip statisnya. Sejak tahun 2013 untuk ke enam kalinya BATAN akan menyerahkan arsip statisnya ke ANRI dalam rangka memenuhi Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 pasal 53, menyatakan bahwa kewajiban lembaga Negara Pusat untuk menyerahkan arsip statisnya kepada ANRI, di, sebanyak 42 arsip dari berbagai kegiatan terdiri dari arsip Penelitian. Kerjasama, Laporan BATAN, Dengar Pendapat, Struktur Organisasi BATAN dan juga tidak ketinggalan diserahkan Arsip Foto-foto Peletakan Batu Pertama Pembangunan Reaktor Nuklir Serpong dan Peresmian Reaktor Nuklir Serba Guna, semuanya itu yang nantinya akan diserahkan ke ANRI berjumlah 6 box arsip dengan jumlah arsip statis sebanyak 54 berkas.

Jakarta, 13 September 2016, di ruang Serba Guna Lantai VI Kantor Pusat BATAN telah dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi implementasi Sistem Informasi Manajemen Arsip Inaktif (SIMAI). Aplikasi SIMAI yang di launching pada bulan Desember 2015 merupakan data informasi yang digunakan oleh pengelola arsip dinamis inaktif di BATAN. Agar informasi arsip dapat tersaji dengan cepat dan tepat. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh admin SIMAI dari unit kerja di BATAN ini adalah untuk mengevaluasi perkembangan kearsipan sudah sejauh mana penggunaan aplikasi SIMAI yang dilakukan oleh unit kerja di lingkungan BATAN, Kepala Biro Umum Drs. Dendang Hermansyah dalam pemembukaan acara ini mengatakan bahwa Arsip adalah dokumen yang disimpan tentunya memerlukan pengelolaan yang baik. Arsip yang dikelola dengan baik akan memberikan kemudahan bagi organisasi untuk dapat menemukan arsip dengan cepat ketika dibutuhkan. Namun, pengelolaan arsip tidak mudah, ada beberapa permasalahan yang timbul sehingga menyebabkan pengelolaan arsip menjadi tidak optimal. Arsip dinamis yang terdapat di kantor ini terus bertambah sehingga diperlukan pengelolaan yang baik.