Workshop Sekretaris Pimpinan

Workshop Sekretaris Pimpinan

Perubahan berkomunikasi dan peningkatan profesionalisme Sekretaris Pimpinan dalam menunjang tugas pimpinan

Penyelamatan Arsip BATAN

PENYELAMATAN ARSIP BATAN

BATAN telah menyerahkan arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Capaian Opini WTP

BATAN Capai Opini WTP 6X

Selama 6 tahun sejak 2009 BATAN mendapat penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK atas laporan pengelolaan keuangan yang telah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku

Sertifikasi Sistem Majemen K3

Sertifikasi Sistem Manajemen K3

Biro Umum telah menerima sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Penghargaan Kinerja Terbaik Kategori Anggaran Rendah

Penghargaan Kinerja Terbaik

Dengan keterbatasan anggaran yang ada, BATAN mampu menunjukkan kinerja terbaiknya. Ini dibuktikan dengan menerima penghargaan peringkat 1 Untuk Kinerja Lembaga pada kategori pagu rendah.

(Jakarta, 30/09/2020), “Strategi melakukan pencadangan arsip kedalam bentuk digital adalah upaya batan untuk mengabadikan arsip, walaupun penyimpanan arsip dalam bentuk digital juga memiliki tantangan peretasan namun hal ini dapat membantu kita untuk mengurangi kelebihan kapasitas di gedung penyimpanan arsip,” ujar Anhar Riza Antariksawan, Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), ketika memberikan sambutan pada pembukaan Webinar Kearsipan BATAN yang diselenggarakan oleh Biro Umum BATAN.

(Serpong, 22/09/2020). Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melantik 210 orang pejabat fungsional, dimana 148 orang diantaranya adalah pejabat fungsional dari proses penyetaraan pejabat struktural  Eselon 3 (Administrator) dan Eselon 4 (Pengawas). Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan menyampaikan bahwa pelantikan kali ini merupakan momentum penting bagi BATAN dalam menjalankan program pemerintah untuk melakukan perampingan birokrasi.

“Ini adalah titik baru bagi organisasi BATAN, dimana kita telah menjalankan program pemerintah, yaitu penghilangan jabatan Administrator dan Pengawas, Eselon 3 dan Eselon 4,” kata Anhar dalam sambutan Upacara Pelantikan Jabatan Fungsional, yang dilaksnakan di Auditorium Gd. 71 Kawasan Nuklir Serpong, Tangerang Selatan dan diikuti pula secara daring melalui konferensi video Zoom, Selasa (22/09).

Menurut Anhar, saat ini BATAN memasuki tantangan baru yaitu bagaimana pengurangan jabatan struktural Eselon 3 dan Eselon 4 bisa tetap menjaga kinerja organisasi seperti sebelumnya. “Bahkan diharapkan justru akan menjadi lebih baik, karena rantai birokrasi akan lebih sederhana,” ucapnya. “Dan ini yang sebetulnya diinginkan dari program pemerintah ini,” lanjut Anhar.

(Jakarta, 11/08/). Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melantik 20 pejabat fungsional, baik yang kenaikan jabatan, pengangkatan pertama, maupun penyetaraan jabatan dari struktural ke fungsional. Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan berharap, para pejabat fungsional bisa berkolaborasi dengan berbagai macam jabatan yang diemban, baik berkolaborasi di internal mapun eksternal BATAN.

“Kita harus bekerjasama, berkolaborasi. Semua dari kita dapat berkontribusi apapun jabatan fungsional kita,” ucap Anhar dalam sambutan Upacara Pelantikan Jabatan Fungsional, yang digelar secara luring di Kantor Pusat BATAN maupun daring melalui konferensi video Zoom, Selasa (11/08).

(Serpong, 04/06/2020) Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Anhar Riza Antariksawan kembali melantik empat pegawainya sebagai pejabat fungsional, di tengah pandemi covid-19, di Kawasan Nuklir Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (04/06).  Keempat pejabat fungsional yang dilantik terdiri dari dua orang pejabat fungsional peneliti, satu orang pejabat arsiparis dan satu orang pejabat pranata nuklir.  

(Jakarta, 12/05/2020) Paket perdana bantuan Badan Tenaga Atom Internasional (International Atomic Energy Agency/IAEA) berupa peralatan pendeteksi virus dengan teknik data seketika (real time) RT-PCR (Reverse Transcription–Polymerase Chain Reaction), telah tiba di Indonesia, Senin (11/05). RT-PCR digunakan untuk uji swab pada pasien yang diduga terinfeksi Covid-19 dan dapat memberikan hasil yang presisi untuk pencegahan penyebaran penyakit.

Atase Ilmu Pengetahuan Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) Wina, Dimas Irawan menjelaskan, bantuan peralatan RT-PCR beserta kelengkapannya ini dikirim secara bertahap menjadi enam paket pengiriman. Selama ini, IAEA memberikan bantuan pemanfaatan alat RT-PCR kepada negara anggotanya yang terjangkit wabah virus Ebola, Zika, MERS, dan sekarang digunakan untuk Covid-19.

“Hibah ini sendiri dalam bentuk peralatan RT-PCR yang kita banyak kenal untuk deteksi virus Corona (selain Ebola) yang selama ini digunakan IAEA membantu negara anggota yang terkena wabah Ebola, Zika, MERS dan sekarang Covid-19,” jelas Dimas.